Kedai Nasi Kapau Pak Ciman: Sajian Nasi Kapau Paling Lemak Bana di Tangerang

kedai nasi kapau pak ciman

Farah | Sightseeing
Tangerang, Banten, Indonesia | halal
28 Mar 2019


Kedai Nasi Kapau Pak Ciman: Sajian Nasi Kapau Paling Lemak Bana di Tangerang
Hati-hati kalap!!

Maen ke Tangerang, rasanya ngga enak kalo ngga sekalin cobain kulinernya. Sebenernya agak bingung juga mau kulineran apa soalnya Tangerang punya banyak banget destinasi wisata kuliner yang bisa dijelajahi. Akhirnya, dengan saran beberapa orang teman, gue nyobain Nasi Kapau Pak Ciman. Gue pun penasaran gimana rasanya Nasi Kapau ini soalnya gue sendiri belum pernah cobain, meskipun udah sering denger namanya. 

Well, akhirnya gue pun berangkat ke Kedai Pak Ciman bareng salah satu temen gue. Kedai Pak Ciman ini berada di Bintaro Avenue, Jalan MH THamrin Blok A02-1 SCBD, Sektor 7, Bintaro, Tangerang Selatan. Kebetulan juga kita ngga harus jalan jauh-jauh soalnya pas banget abis meeting di daerah SCBD juga.

kedai nasi kapau pak ciman

Temen gue ini sih katanya udah sering banget makan disini dan dia bilang kalo menu disini sama sekali ngga pelit bumbu. Setahu gue sih, Nasi Kapau ini mirip-mirip gitu sama Nasi Padang. Mereka sama-sama berasal dari Sumatera Barat, bedanya Nasi Kapau ini dibuat oleh orang asli Kapau. Kapau adalah sebuah desa di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Singkatnya, kalo nasi Padang di buat oleh orang asli Padang tapi kalo Nasi Kapau di buat oleh orang asli Kapau. Tapi sama-sama dari Sumatera Barat, so bisa dipastiin kalo bumbunya mungkin ngga jauh beda ya.

kedai nasi kapau pak ciman

Lauk-lauk untuk nasi Kapau ini disusun beritngkat dalam wadah-wadah besar. Posisinya pun lebih rendah dari penjualnya. Ini juga sih yang membedakan dengan Nasi Padang yang notabene lauknya disusun lebih tinggi dari penjualnya. Cukup unik sih menurut gue.

Selain itu, ada juga beberapa menu lauk Nasi Kapau yang ngga ditemukan di menu Nasi Padang. Misalnya aja kayak Gulai Tambusu yang aku pesen kemaren. Selain Gulai Tambusu, kami juga pesen Gulain Tunjang dan Daging sapi cincang.

Penyajian Nasi Kapau ini sama seperti Nasi Padang juga sih, yaitu ada nasi putih yang diberi sayur nangka. Buat kalian yang doyan pedes kayak gue, kalian juga bisa pesen pake sambel pete yang lezat. Sambel pete ini merupakan gerusan cabe merah yang kasar kemudian diaduk dengan pete muda yang renyah.

kedai nasi kapau pak ciman

Setelah semuanya tersaji didepan mata, kami pun langsung menyantapnya. Gue langsung nyobain gulai tambusu yang ukurannya lumayan besar. Ohya, tambusu ini adalah usus sapi yang didalamnya diisi campuran tahu dan telur. Kuah gulainya berwarna orange kekuningan dan sedikit berminyak. Tumbusunya bertekstur empuk dan kenyal, sementara tekstur isiannya malah lebih lembut. Rasa ususnya ngga terlalu dominan, malahan gue berasa makan tahu yang gurih dengan campuran telur. 

kedai nasi kapau pak ciman

Lalu ada Gulai Tunjang yang ngga kalah lezat. Tekstur Tunjangnya lembut dan kenyal, ditambah dengan kuah gulai berwarna kuning agak orange dengan sedikit berminyak. Not bad lah!

Dan buat dgaing cincangnya ini juga ngga kalah lezat guys. Daging sapi cincang ini dimasak dengan kuah kental berwarna cokelat dengan sebaran minyak. Lemaknya tenryata ngga banyak guys, banyak isian dagingnya. Rasa kuahnya bener-bener berasa rempahnya, ada rasa kayu manis hingga cengkeh yang berpadu menjadi satu. Wah mantap banget lah pokoknya.

kedai nasi kapau pak ciman

Istimewanya makan nasi Kapau ini di Kedai Pak Ciman ini adalah kita bisa pesen telur dadar yang akan langsung dimasak saat itu juga. Telur dadar disini pun beda banget sama telur bakar yang kita bikin dirumah biasanya, telur dadar ini diberi campuran telur bebek yang ditambah dengan cabe merah giling, garam, irisan daun bawang dan sedikit tepung terigu yang bikin rasanya makin lezat. Telur ini sih yang paling enak menurut gue!

kedai nasi kapau pak ciman

Overall, gue suka makan Nasi Kapau di Keda Pak Ciman ini. Varian lauknya banyak dan harganya ngga mahal-mahal banget, kisaran 15 ribu sampe 20 ribuan lah. Kedai ini recommended banget buat kalian yang bingung mau makan siang apa di daerah SCBD, rasanya lezat meskipun sedikit nambah kolesterol. hehehe..

Youtube Kemal Food Channel

 

Opening Hours
09.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY