Nasi Ayam Karang Kojo: Kuliner Kaki Lima yang Legendaris di Semarang

nasi ayam karang kojo

jimmy | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
26 Mar 2019


Nasi Ayam Karang Kojo: Kuliner Kaki Lima yang Legendaris di Semarang
nasi ayam karang kojo, menjadi kuliner legendaris yang wajib di coba saat berada di Semarang!

Jalan-jalan ke Semarang emang belum lengkap kalo belum nyobain kuliner Nasi Ayamnya. Sebelumnya, aku udah pernah review salah satu nasi ayam terenak di Semarang, yaitu Nasi Ayam Bu Widodo. Kemaren, aku diajak sama temenku buat nyobain nasi ayam lagi nih guys yang rasanya ngga kalah enak sama Nasi Ayam Bu Widodo, yaitu Nasi Ayam Karang Kojo.

Jadi ceritanya, Minggu lalu aku olahraga bareng salah seorang di temen di kawasan Simpang Lima Semarang. Capek olahraga, akhirnya kita mutusin buat cari sarapan dan temenku ini ngajakin ke Kedai Nasi Ayam Karang Kojo. Lokasi kedai ini ada di Jalan KH Ahmad Dahlan di kawasan Simpang Lima Semarang. Kedainya sih sederhana atau bisa dibilang sebuah warung tenda kaki lima gitu, tapi pembelinya lumayan banyak, apalagi kemaren aku kesananya pas hari Minggu.

nasi ayam karang kojo

Akhirnya kami pun pesen dua porsi nasi ayam. Buat kalian yang belum tahu nasi ayam itu seperti apa, aku bakal ceritain sedikit nih guys. Jadi nasi ayam itu salah satu kuliner khas Semarang yang cukup legendaris. Komposisi nasi ayam ini terdiri dari nasi putih, suwiran daging ayam kampung, sayur labu siam, krecek, telur rebus dan tahu yang diguyur kuah opor. Sebagai pelengkapnya, pembeli biasanya bisa menambahkan lauk tambahan seperti aneka sate atau baceman. Kalo aku sih suka random pesen laukknya, tergantung saat itu lagi pengen apa. Tapi kalo mau tanpa lauk aja juga udah enak kok guys.

nasi ayam karang kojo

Seporsi nasi ayam ini harganya beragam, tergantung dari lauk yang kalian pilih. Jadi semakin enak lauknya, maka akan semakin mahal pula harganya. Tapi kalo kalian mau pesen nasi ayamnya aja harganya berkisar 10 ribuan. Harga yang cukup terjangkau sih menurut aku buat ukuran kuliner legendaris ini, apalagi rasanya yang bener-bener bikin ketagihan.

Meskipun tampilan nasi ayam ini sederhana sekali, tapi jangan salah guys, rasanya bener-bener menggugah selera. Yang bikin makin berasa nendang adalah nasi ayam ini disajikan dengan menggunakan daun pisang sehingga menghadirkan aroma yang khas. 

nasi ayam karang kojo

Cita rasa nasi ayam ini gurih dan kuahnya opornya cukup pekat guys. Selain kuah opornya yang pekat, nasi putihnya juga terasa gurih dan pulen karena nasi ini dimasak dengan menggunakan campuran santan. Kebayang dong gimana gurihnya nasi ini. Porsi nasinya juga ngga terlalu banyak ataupun terlalu dikit, pas banget lah buat mengganjal perut dipagi hari begini.

Ayam suwirnya juga khusus dibuat menggunakan ayam kampung, rasanya juga khas yang merupakan perpaduan dari rasa manis dan gurih. Tekstur daging ayamnya juga empuk dan lembut, bener-bener nagih. Aku kemaren juga nambahin tahu bacemnya yang rasanya juga mantap. Bumbu bacemnya bener-bener merasuk kedalam tahunya, ukuran tahunya juga lumayan tebel.

kuliner di semarang

Itu semua jadi semakin maknyus dengan tambahan sayur labu siamnya yang bener-bener lezat. Sayur labu siam ini ngga bikin eneg soalnya teksturnya masih krenyes gitu buah labu siamnya. Pokoknya rasany gurih banget dan maknyus. Kalian yang suka pedes pun bisa minta tambah cabe rawit rebus yang bisa digerus pake sendok.

kuliner di semarang

Gimana? Penasaran kan pengen cobain lezatnya Nasi Ayam Karang Kojo ini? Buruan yuk ke Semarang. Pastiin kalian kalo main ke Simpang Lima mampir ke Nasi Ayam Karang Kojo ini. Kedai ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampe jam 10 malam.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY