Makan Enak Khas Betawi di Warung Ibu Yoyo, Bentuk Empalnya Unik!

warung ibu yoyo

olive | Sightseeing
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia | halal
26 Mar 2019


Makan Enak Khas Betawi di Warung Ibu Yoyo, Bentuk Empalnya Unik!
makanan khas Betawi ini wajib banget dicoba saat berada di Jakarta.

Kemarin lagi ada urusan di Ibu Kota, nah kalau bukan dalam rangka liburan gini paling enak nyobain kulinernya yang unik kan ya. Jadi kemarin aku dan salah satu temen aku lagi ada urusan di daerah Kuningan. Nah kebetulan banget kata Dian ada salah satu kuliner enak di daerah Kuningan ini meskipun tempatnya sederhana dan makanannya juga khas betawi banget. Namanya adalah Nasi Ulam dan Nasi Uduk Ibu Yoyo.
Tempatnya berada di Jl. Karet Pedurenan, Gang Dodol, Kuningan. Yak tempatnya memang di dalem gang. Tapi jangan salah dulu meskipun di dalem gang peminatnya banyak banget lo. Karena warung makan Ibu Yoyo ini sudah buka sejak tahun 1952 dan sekarang yang mengelolanya sudah sampai generasi ke 3. Bisa dibilang kalau warung Ibu Yoyo ini merupakan tempat makan ledendaris.

warung ibu yoyo
warung ibu yoyo
Menu yang disajikan disini antara lain ada nasi uduk, dan nasi ulam. Untuk lauknya ada berbagai macam seperti ayam goreng, empal, tahu tempe goreng, rendang, perkedel kentang, semur daging, semur tahu, dan aneka semur lain. Ada juga yang jeroan kambing seperti paru, babat, dan iso. Nah ada yang spesial nih di warung Ibu Yoyo ini ada menu yang namanya gorengan kambing tapi menu ini hanya disajikan dua hari dalam seminggu dan hari itu random jadi semacam untung-untungan gitu. Kebetulan banget kemarin kebagian jadi langsung deh si Dian pesen satu porsi.

warung ibu yoyo
Untuk makanannya aku pesen nasi uduk dengan lauk semur jengkol, empal, dan semur tahu. Kalau Dian pesen yang nasi ulam dengan lauk ayam dan empal. Dan fyi guys semua masakan disini masih dimasak menggunakan tungku dari kayu. Jadi bener-bener masih tradisional dan cita rasanya terjaga meskipun sudah turun temurun.

warung ibu yoyo
Setelah pesan barulah semua menu udah siap disantap diatas meja. Pertama yang bikin aku bingung adalah kok ada semacam gulai. Dannn ternyata itu yanh namanya gorengan kambing. Sumpah aku kira gorengan kambing tuh semcam daging kambing goreng atau jeroan gitu lah, tapi yang datang justru sepiring penuh daging dan kuah mirip gulai. Oke meskipun namanya nggak nyambung kita sikat saja!

warung ibu yoyo
Pertama nyobain nasi uduknya dulu, rasa nasinya bener-bener gurih dan teksturnya pulen. Apalagi disajikan waktu masih panas jadi cocok banget dimakan barengan sama lauknya. Empalnya juga empuk banget, lembut, dan nggak alot, rasanya juga gurih mantab deh. Kalau semur tahunya aku juga suka kuahnya karena rasa manis khas semur dan gurihnya balance. Wah beneran deh si Dian pinter nyari tempat makan hehehe!

Selain itu aku juga nyobain nasi ulam punya Dian. Bedanya kalau nasi ulam nasinya rasanya juga beda dan diatasnya diberi taburan serundeng kelapa yang bikin nasi tambah gurih.

warung ibu yoyo
Terkahir nih aku nyobain si gorengan kambing yang aku kira tadi adalah gule haha. Rasanya sekilas memang mirip gule tapi ada bedanya, aku nggak bisa jelasin dehh pokokya rasa kuahnya gurih dan dagingnya banyak nggak pelit. Diatasnya diberi irisan semcam acar gitu, jadi pas makan seperti ada tekstur sayurannya deh.

warung ibu yoyo
Untuk harga makanan disini masih terjangkau kok guys, jadi jangan ragu makan disini karena pilihan lauknya banyak, enak, dan harganya murah. Dan buat informasi lagi nih, jangan kesini pas hari Minggu karena libur. Kalau mau kesini warung Nasi Ibu Yono ini sudah buka mulai pukul 07:00 – 21:00 jadi selamat mencoba!

Opening Hours
07:00 - 21:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY