Mencicipi Kuliner Khas Bukit Tinggi, Nasi Kapau Sabana Bana. Lemak Bana!

kuliner di bukittinggi

Oliver | Sightseeing
Jakarta Pusat, Dki Jakarta, Indonesia | halal
25 Mar 2019


Mencicipi Kuliner Khas Bukit Tinggi, Nasi Kapau Sabana Bana. Lemak Bana!
Kulineran di Bukittinggi!

Sabtu lalu kebetulan aku harus lembur di kantor karena ada beberapa project yang memang harus selesai bulan ini. Saat jam makan siang, salah seorang teman ngajakin buat keluar kantor buat cari makan. Karena bingung mau makan apa, tiba-tiba temenku ini nyeletuk buat makan nasi kapau. Hah? Apaan tuh nasi kapau? Aku sendiri belum pernah nyobain, malah baru pertama kali ini denger soal nasi kapau, tapi kata temenku ini rasanya enak banget. 

kuliner di bukittinggi

Jalan ke daerah Kramat Raya, akhirnya kita ketemu sama sebuah warung nasi kapau di bawah flyover ada jejeran warung dan disitulah kami berhenti di Nasi Kapau Sabana Bana Asli Bukit Tinggi. Alamat lengkapnya ada di Jalan Kramat Jaya no 15, Senen, Jakarta Pusat. Pokoknya lokaisnya deket sama halte busway Senen. Meskipun warungnya sederhana, tapi pembelinya lumayan rame lho guys, jelas aja soalnya warung ini konon udah ada sejak tahun 1970. 

kuliner di bukittinggi

Dan disini lah aku paham kalo ternyata nasi kapau hampir mirip dengan nasi padang. Hampir mirip? Brati ada bedanya dong? Iya jelas adalah. Bedanya adalah, nasi kapau dijual oleh orang asli Kapau, yang merupakan nama nagari (desa) yang berada di Kabupaten Agam. Biasanya warga lokal menyebut warung makan ini sebagai Rumah makan nagari Kapau. Perbedaan lainnya adalah dari sisi menunya, kalo nasi Padang menunya dipajang di etalase, sementara Nasi Kapau menunya dipajang di atas meja yang letaknya lebih rendah dari penjualnya. Jadi kalo biasanya ke rumah makan Padang pengunjung bisa lihat menunya dari luar, tapi kalo nasi Kapau kita harus masuk dulu ke warungnya.

kuliner di bukittinggi

Kalo untuk rasa, bisa dibilang Nasi Padang dan Nasi Kapau punya rasa yang hampir mirip, mungkin karena bumbu rempahnya sama kali ya. Tapi ada salah satu menu yang bisa dibilang punya rasa berbeda, yaitu Gulai Kapau. Karena penasaran, aku pun pesen Gulai Kapau ini guys.

Gulai Kapau ini berbahan dasar kol, nangka dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning dan ada citarasa asamnya. Otentik banget. Gulai Kapau ini disantap bersamaan dengan satu lauk yang bisa kita pilih sesuai dengan selera. Aku pun memilih rendang ayam guys. Agak aneh ya? Soalnya biasanya aku pesen rendang di rumah makan Padang itu rendang selalu daging sapi, nah ini pake daging ayam. 

kuliner di bukittinggi

Jadi guys, rendang itu ternyata bukan nama makanan melainkan cara memasak dimana setiap daerah di Sumatera Barat masing-masing punya rendang yang khas. Nah, khasnya di daerah Kapau adalah Rendang ayam ini. Rasanya juga ngga kalah lezat kok sama rendang daging pada umumnya, rempahnya bener-bener berasa dan tekstur daging ayamnya lembut. 

Sementara temenku tadi pesen menu yang berbeda, yaitu gulai Tambunsu. Menu ini adalah hidangan yang berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telur dan tahu didalamnya. Rasanya udah pasti enak banget dan penuh kolesterol pastinya. Hahaha..

kuliner di bukittinggi

Overall, aku suka banget sama nasi Kapau di warung Nasi Kapau Sabana Bana ini. Rasanya otentik dan penjualnya ngga pelit bumbu. Bumbunya juga terasa pedas gurih yang masih bisa ditolerir oleh lidah orang Jakarta. Terlebih lagi nih guys, harga nasi Kapau ini cukup terjangkau, cocok dinikmati saat tanggal tua, dengan harga yang under 50 ribu. 

kuliner di bukittinggi

Nah, buat kalian yang cari kuliner affordable tapi tetep enak, jangan lupa mampir ke Warung Nasi Kapau Sabana Bana, warung ini buka setiap hari mulai pagi sampe dini hari. Buruan cobainn!

Video by Boengkoes Network

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY