Menikmati Sajian Khas Banyuwangi di Kedai Dahlia Surabaya

kuliner di banyuwangi

tedy | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
22 Mar 2019


Menikmati Sajian Khas Banyuwangi di Kedai Dahlia Surabaya
makanan khas banyuwangi...

Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan yang kaya akan kuliner lezat. Selama tinggal disini, banyak banget kuliner yang udah aku cobain, mulai dari rujak cingur, lontong kupang sampe tahu campur semuanya enak dan aku suka. Tapi ternyata Surabaya juga punya banyak sekali kuliner dari berbagai daerah. Rabu siang lalu, salah satu teman kantor ngajakin buat makan disebuah depot yang menyajikan kuliner khas Banyuwangi, yaitu Kedai Dahlia.

Sebenernya, aku belum pernah sama sekali makan makanan khas Banyuwangi, selain bagiak, camilan dari sagu yang biasa temanku bawakan setelah dia pulang kampung ke Banyuwangi. Nah, kebetulan dia lagi homesick dan pengen makan makanan khas Banyuwangi, lalu berangkatlah kami ke Kedai Dahlia yang lokasinya ngga jauh terlalu jauh juga dari kantor, tepatnya di Jalan Ngagel Jaya Barat no 5, Surabaya. 

Depot Dahlia ini cukup sederhana dan menyajikan kuliner khas Banyuwangi dan menu yang paling sering dipesen ada Rujak Soto. Hah? Masa enak rujak dicampur soto? Karena penasaran, akupun langsung nyobain soalnya kata temenku ini rekomended banget. Akhirnya kami pesen dua porsi rujak soto dan bothok alur, yang aku juga ngga pernah makan.

Nggg lama kemudian, akhirnya tersaji juga di depan meja. Jujur aja aku agak takjub sama tampilan rujak soto ini. Soalnya nih guys, di Surabaya kan ada Rujak cingur yang terkenal enak itu tapi disajikannya tanpa kuah, nah ini ada rujak yang disajikan pake kuah soto yang ada potongan babatnya juga. Kelihatannya kayak soto sih, tapi warna kuahnya beda sama soto pada umumnya. Ah, sudahlah mending cobain aja langsung...

kuliner di banyuwangi

Awalnya, aku berpikir kalo rasa dari makanan ini bakal nabrak dan aneh, tapi ternyata ngga lho. Rasa sotonya yang segar dipadukan dengan bumbu rujak yang legit justru membuat rasa dari makanan ini semakin lezat dan otentik. Rasanya seger campur gurih bercampur pedas. Sama sekali ngga aneh. Apalagi ada daging dan babatnya yang ternyata teksturnya empuk dan ngga alot, jadi meskipun mereka yang udah tua juga masih tetep bisa menikmati rujak soto ini. Ohya, harga seporsi rujak soto ini sekitar Rp 26.000, standart lah mirip sama harga rujak cingur di Surabaya.

kuliner khas banyuwangi

Kemudian untuk bothok alurnya, biasanya dinikmati bersamaan dengan nasi hangat. Bedanya bothok ini dengan bothok lainnya adalah bothok ini menggunakan daun alur. Sebenernya ini juga pertama kalinya aku cobain daun alur yang ternyata kata temenku adalah daun jenis rerumputan yang banyak ditemui di pesisir pantai. Jelas aja sih soalnya daerah Banyuwangi emang terkenal dengan kawasan pesisirnya yang kaya. Harga seporsi bothok alur ini Rp 7000 aja, tapi bungkusnya gede banget dan isinya padat. Daun alur ini dipadukan dengan bumbu kelapa yang gurih menjadikannya makin mantap.

kuliner khas banyuwangi

Sebenernya, selain dua menu khas Banyuwangi itu tadi ada juga beberapa menu lain di depot ini, seperti bakmoy, timlo, pepes dan aneka kue basah yang enak-enak. Sayangnya karena kita terlalu kenyang jadinya ngga bisa cobain semua, mungkin next time kita pasti bakal makan siang disini dan nyobain menu-menu lainnya. 

Depot Dahlia ini memang cocok banget menjadi tujuan utama untuk sarapan atau makan siang karena selain menunya yang beragam, rasanya lezat tapi harganya juga bersahabat. Jadi, kalo kalian di Surabaya dan pengen cobain rujak soto khas Banyuwangi, mampir aja ke Depot Dahlia, depot ini buka setiap hari Selasa - Minggu mulai jam 7 pagi sampe jam 5 sore.

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.