Kuliner Bantul: Mangut Lele Mbah Marto, Mantab!

kuliner di yogyakarta

pian | Sightseeing
Bantul, Yogyakarta, Indonesia | halal
20 Mar 2019


Kuliner Bantul: Mangut Lele Mbah Marto, Mantab!
gurihnya lele mbah marto

Ada yang kurang kalau main ke wisata alam keren tapi nggak nyobain kuliner yang keren juga. Setelah ngetrip ala ala di Grojogan Tuwondo, aku masih lanjut mau cari kuliner unik nih. Paling tidak mau nyobain yang selain Gudeg, tapi juga masih kekinian dan terkenal di Bantul atau Yogyakarta. 

Ngomongin soal kuliner, temenku nyaranin buat nyobain manggut lele. Awalnya bingung olahan lele diapain sih, kok sebutnya manggut aneh banget. Trus temenku nyeletuk 'hala sekarang bilang aneh pasti nanti kalo udah nyobain mau nambah lagi'. Makin pensaran dan langsung otw ke Manggut Lele ini keesokan harinya. Sengaja berangkat siang pas laper banget karena kalau dateng pagi takutnya belum buka si Manggut Lele yang akan kami kunjungi.

kuliner di yogyakarta

Sebutannya terkenal dengan nama Manggut Lele Mbah Marto. Cukup nggak asing juga sama namanya, tapi masih pensaran sama kata 'manggut' wkwk. kalau alamatnya sendiri ada di daerah Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Manggut Lele Mbah Marto buka dari pukul 10 pagi sampe pukul 4 sore tiap harinya. Meskipun hanya buka beberapa jam saja, makanan di Manggut Lele Mbah Marto ini sudah ludes terjual. 

Manggut Lele Mbah Marto udah buka sejak tahun 1960 an, waduh sejak aku belum lahir ya malahan. Tapi hebatnya, kuliner Manggut Lele Mbah Marto ini masih bisa bertaha hingga saat ini. Pelanggan Manggut Lele Mbah Marto ini cukup banyak, terlihat dari banyaknya orang yang akrab dengan penjual. Nggak salah deh mampir kesini, bisa nyobain kuliner legendaris khas Bantul. Dulunya, Mbah Marto hanyalah penjual keliling dan beberapa kali sempet berjualan dan pindah pindah tempat gitu, tapi kini Manggut Lelle Mbah Marto menetap di rumahnya dan justru malah memiliki banyak pelanggan dan diminati hingga sekarang. 

kuliner di yogyakarta

kuliner di yogyakarta

Ternyata, Manggut Lele ada banyak lho, dijual di banyak tempat maksudnya. kalau di Jogja, Semarang, atau Solo, kalian akan dengan mudah menemui kuliner Manggut Lele. Meskipun begitu, Manggut Lele Mbah Marto tetep jadi andalan pecinta manggut lele. Pembeli Manggut Lele Mbah Marto ini rela ngantri untuk mendapatkan satu porsi Manggut Lele Mbah Marto, nggak jarang juga mereka pada bungkus beberapa porsi gitu. 

Pembeli yang dateng keisni sekaligus bisa melihat pembuatan olahan makanan khas Manggut Lele Mbah Marto lho. Karena apa? Manggut Lele Mbah Marto ini berjualan di rumah. Manggut lele dimasak dalam kuali besar dan tentu menggunakan bumbu racikan Mbah Marto yang sangat mantap. Pemasakannya juga masih sangat tradisional, yakni dengan menggunakan kayu bakar. Maka jangan heran kalau Manggut Lele Mbah Marto memiliki rasa sedep yang nggak biasa. Sedepnya aroma kompor dan kayu bakar kan beda ya, cobain deh!

kuliner di yogyakarta

Selain manggur lele, pembeli juga bisa menikmati menu lain yang ada di Manggut Lele Mbah Marto ini. Ada lele asap, gudeg, kresek, opor ayam, dan garang asem. Banyak juga guys menunya, bisa tinggal pilih lah kalian. Rasa makanan yang sedep dan suasananya yang enak bikin aku nyaman makan di Manggut Lele Mbah Marto. Dan bener apa yang dibilang temenku di awal, aku nambah makannya haha.

Channel youtube: Evan Media

Satu porsi makanan beserta nasi disini dibandrol dengan harga Rp 20.000,- per porsi. Cukup terjangkau ya, dengan harga segitu kalian udah bisa nyobain kuliner legendaris Yogyakarta sekaligus dengan rasa yang enak dan porsi yang banyak. Cobain guys kalau ke Bantul!

Opening Hours
pukul 10 pagi sampe pukul 4 sore
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY