Empal Gentong dan Sate Kambing Muda Mang Darman, Gurihnya Kebangetan!

kuliner di cirebon

sandal | Sightseeing
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia | halal
19 Mar 2019


Empal Gentong dan Sate Kambing Muda Mang Darman, Gurihnya Kebangetan!
empal genong dan sate kambing muda ini memang perpaduan yang paling mantap!!!!

Oke guys saatnya balik lagi buat review kulineran. Jadi hari minggu kemarin aku lagi ke Cirebon, ya iseng aja gantian main kerumah temen yang ada disana, lagian juga cukup deket dari rumah. Nah kalau bicara tentang Cirebon pasi tau dong makanan yang terkenal adalah empal gentongnya. Kebetulan banget temen aku ngajakin makan empal gentong yang katanya enak di Cirebon. Wah kebetulan banget baru sampai siang-siang langsung diajak makan, mantabb.

kuliner di cirebon
Kata temen aku penjual empal gentong ada banyak banget di Cirebon tapi yang jadi favoritnya adalah Empal Gentong Mang Darma. Tentu saja karena rasanya enak kalau udah jadi favorite begini. Selain menjual empal gentong, Mang Darma ini juga menyajikan menu yang nggak kalah enak yaitu sate kambing muda. Hmmm udah ngiler aja haha.

kuliner di cirebon
Lokasi Empal Gentong Mang Darma ini berada di Jl. Inspeksi no. 2 Cirebon. Begitu sampai sana ternyata tempatnya sederhana banget bukan tempat makan mewah gitu, biasanya kan yang udah terkenal tempatnya gede gitu yak nah ini beda. Tempat makannya cukup mudah ditemukan ya guys didepannya udah ada banner gede kok jadi ngak bakal kesasar. Dan tempat parkirnya cukup sulit apalagi kalau kalian bawa mobil, mungkin halaman parkirnya hanya muat 2 mobil saja, ini kekuraangnnya menurut aku padahal terlihat banyak yang makan di dalem.

kuliner di cirebon
Begitu masuk kalian akan melihat gentong yang jadi tempat kuah dan ciri khas dari empal gentong itu sendiri. Selain itu kalian bisa melihat daging sapi yang sedang banyak yang sedang dipotong dan tempat pembakaran sate yang asapnya sedap mengepul. Wahh baru nyium bau satenya aja udah pengen nyomot dah haha.

kuliner di cirebon
Karena kami berempat jadi kami pesan 4 porsi empal gentong dan 20 tusuk sate kambing. Disini kalian bisa pilih mau menikamti empal menggunakan nasi atau lontong, kalau aku lebih suka pakai nasi karena biar kenyaangg.

Setelah menunggu beberapa menit makanan yang kami pesan datang. Wah dari warnanya saja sudah terlihat kaau empal gentong ini kuahnya bakalan gurih banget karena warnanya yang kuning. Untuk satu porsi empal gentong ini isiannya cukup banyak dagingnya alias gak pelitt, diatasnya diberi irisan daun bawang biar makin sedep. Disini kalian bisa mercik sendiri sambelnya jadi bisa disesuaikan lidah. Kalau aku sih tentu saja pakai yang banyak sambelnya.

kuliner di cirebon
Pertama nyobain kuahnya ternyata sesuai dengan penampilannya. Kuahnya gurih dan rempah-rempahnya berasa banget, meskipun terlihat pekat tapi rasa kuah santannya masih light jadi nggak bikin enek sama sekali. Daging empalnya juga terasa empuk saat dikunyah. Masih ada tekstur garingnya meskipun sudah tersiram kuah santan ini. Hmmm beneran temen aku gak salah deh ngajak kami kesini hehehe, ternyata rasanya beneran ajibb!

kuliner di cirebon
Nah untuk sate kambingnya ini juga nggak kalah enak. Warna bumbu kecapnya hitam dan rasanya legit banget. Gila gilaa pecah bangettt bumbu sama nasi aja udah enak! Dagingnya cukup besar dan yang bikin mantab adalah empukk banget dan nggak amis bau kambing. Mungkin ini yang bikin enak karena pakai kambing muda ya guys. Jangan lupa makan pakai irisan cabe rawitnya biar makin meledak dimulut!

Untuk harga masih ramah dikantong kok guys, dan harganya udah tertulis di menu jadi kalian nggak perlu ragu-ragu untuk pesen. Oke guys sekian review aku, aku peribadi sangat rekomendasiin Empal Gentong Mang Darma sebagai pilihan maknan kalian kalau ke Cirebon!

Opening Hours
08:00 - 20:00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.