rudibelawan | Traveler
Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia | halal
26 Jun 2018


Mie Razali: Mie Lembut berendam kuah Kental. Enak Kali Lah!
Yang suka sama makanan MIE, merapat yukkkkk!

Bagi penggemar mie, mencicipi mie aceh merupakan kewajiban. Selama berada di Banda Aceh, tidak ada sebutan mie aceh, namun langsung merujuk pada suatu lokasi atau nama pemiliknya. Nah, yang kemarin aku abis kunjungi adalah Mie Razali yang selalu menjadi tujuan wisatawan saat berkunjung ke Aceh. Mie Razali berlokasi di kawasan kuliner malam Peunayong, yaitu di Jalan Panglima Polem no 83-85. Banyak orang yang mengatakan jika belum sah rasanya jika berkunjung ke Banda Aceh jika belum mencicipi Mie Razali ini.

Warung mie ini didirikan oleh pemiliknya yang bernama Razali dan telah beroperasi sejak tahun 1967. Usaha yang kini menjadi turun temurun ini telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota Aceh Besar dan Aceh Tengah. Mie Razali semakin populer setelah Presiden Jokowi datang dan mencicipi kelezatan olahan mie ini. Tak heran, warung Mie Razali ini tak pernah sepi pengunjung.

Untuk menunya, ada tiga jenis mie yang ditawarkan, yaitu mie rebus, mie goreng dan mie goreng basah. Mie tersebut diberi isian dimana pengunjung bisa memilih sendiri sesuai selera mereka. Mie Razali menyediakan aneka isian variatif seperti ayam, daging sapi, udang, jamur, cumi-cumi dan kepiting. Sebagai pendamping mie, biasnaya ditambahkan emping. Kayak mie aceh pada umumnya, bahan mie yang digunakan oleh Mie Razali ini menggunakan mie lidi berbentuk silinder yang menyerupai spaghetti. 

mie razali

mie razali

mie razali

Kemarin aku memesan Mie Goreng Basah Kepiting yang dibanderol dengan harga Rp 35.000 saja. Murah banget kan ya? Mie ini disajikan dalam piring cekung dimana kuahnya kemerahan mengkilpa sedikit kecokelatan dan menggenang hingga ke bibir piring. Kepitingnya ngga terlalu besar dan dipotong menjadi dua bagian. Saat pertama kali tiba di meja, aku bisa mencium aroma segar cabai dan rempah yang menguap di udara.

mie razali

Dari baunya aja udah menggugah selera, apalagi rasanya. Ngga perlu nunggu lama-lama lagi, langsung saja aku santap mie ini dan rasanya luar biasa lezat. Mienya terasa lembut di mulut dan kuahnya pedas menggigit. Kuahnya sih terasa kayak kaldu yang pekat banget, dicampur dengan bawang, merica, cengkeh dan kari. Kuah inilah yang membuat Mie Razali menjadi pelopor mie aceh hingga saat ini. Oh ya, untuk kepitingnya, gurih dan lembut banget. Biasanya aku ngga doyan kepiting, tapi setelah coba mie kepiting ini rasanya nendang banget.

Buat kalian yang suka sama porsi besar, mie ini cocok banget. Tapi kalo kalian ngga suka porsi besar, kalian bisa pesan dengan porsi setengah atau membaginya dengan teman makan kalian. Sebagai pelengkapnya, jangan lupa untuk pesan minuman dingin dan jus buah yang enak dan juga ngga bikin kantongmu bolong.

Overall, mie ini wajib banget dicoba saat kalian traveling ke Serambi Mekah ini. Jangan sampai kalian meninggalkan Banda Aceh sebelum mencicipi kuliner khas Aceh ini.

Video by Muhammad Nazar

Kalau soal tempat kalian nggak perlu khawatir guys, tempatnya luas dan tentunya nyaman buat menikmati seporsi mie lezat dari Kedai Mie Razali ini. Tempatnya berada di pinggir jalan. Penyajiannya yang cepat dan plattingnya yang keren bikin saya pengen balik ke kedai mie aceh yang satu ini. Terebih lagi dengan porsinya yang banyak dan harganya yang terjangkau, ajibb deh!

Pasti kalian pada penasaran kan? Jangan lupa mampir ya kalau lagi ke Aceh!

Opening Hours
Buka setiap hari mulai pukul 11.000 - 23.00 Jumat buka pukul 14.00 - 23.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY