Soto Kudus Djempol, Rasanya Emang Jempolan!

soto kudus djempol

nur | Sightseeing
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | halal
06 Mar 2019


Soto Kudus Djempol, Rasanya Emang Jempolan!
soto kudus djempol ini memiliki kuah yang muantep!!

Kota Kudus memang dikenal sebagai salah satu kota penghasil soto terenak di Indonesia. Soto Kudus memang menjadi salah satu kuliner paling lezat yang pernah aku cobain, selain soto Lamongan. Untungnya, aku ngga perlu jauh-jauh ke Kudus buat cobain kulineran lezat ini. Di Jogja, ada salah satu langganan aku makan soto Kudus, yaitu Warung Soto Kudus Djempol. 

Kalian yang tinggal di Jogja atau sering main ke Jogja pasti udah tau donk ya sama warung soto yang satu ini. Warung ini berlokasi di Jalan Jogja - Solo KM 10, Jogja, lokasinya searah sama Rumah Makan Ayam Gantung favorit aku itu. Gampang banget kalo mau kesini, kalian bisa naik kendaraan dari pusat kota Jogja ataupun naik taksi. Lokasinya emang ngga di pusat kota, bisa dibilang pinggiran kota sih dan kebanyakan pembelinya adalah orang-orang yang dalam perjalanan mau ke Solo atau Jogja.

soto kudus djempol

Rumah makan ini cukup luas, bersih dan nyaman. Didalamnya banyak dihiasi ornamen rumah tradisional. Tempat duduknya juga lumayan banyak mungkin bisa nampung lebih dari 50 orang. Menu yang disajikan udah pasti soto Kudus dan aku pun langsung memesan satu porsi soto kudus spesial campur. Sebagai pendamping dari soto ini juga udah disediakan sepiring besar lauk yang berisi sate telur puyuh, sate kerang, sate udang, tahu bacem dan tempe bacem.

soto kudus djempol

Soto kudus akhirnya hadir juga didepan meja. Soto ini disajikan dalam mangkok mungil, emang khasnya begitu, aku sendiri ngga tau kenapa. Kuah soto ini lumayan bening dan warnanya kuning. Didalamnya ada nasi, beberapa potong daging dan tauge. Biasanya sih, aku kalo makan soto kudus bakalan lebih dari semangkok, tapi kali ini aku mencoba menahan hawa nafsu buat makan seporsi aja.

soto kudus djempol

Rasa kuah soto ini gurih dan sedikit manis. Rasanya beda banget sama kuah soto kebanyakan yang baru terasa segar kalo dah dikasih jeruk nipis. Ngga lupa aku juga nambahin kuah soto ini pake kecap yang dikirim langsung dari Kudus. Biar makin lezat rasanya. Ohya, aku juga nambahin pake sate kerang sebagai lauk pendampingnya. Sate kerang di rumah makan ini gede-gede lho guys. Rasanya juga gurih. Selain nambahin pake sate kerang, kemaren aku juga nyobain pake tahu bacem. Perpaduan rasa manis dari tahu bacem ini dan gurihnya kuah soto bener-bener bikin lidah bergoyang.

soto kudus djempol

Katanya sih pembuatan soto ini pake resep rahasia yang ngga mau di share sama pemiliknya. Pantesan aja rasa dari kuah soto ini enak banget dan beda sama soto kudus lainnya yang udah pernah aku makan.

Ngga berasa, setelah suapan demi suapan akhirnya semangkok soto ini abis juga. Rasanya masih kurang sih sebenernya, tapi aku tahan buat ngga pesen lagi. Biar ngga makin gendut. Hahaha..

Harga seporsi mungil Soto Kudus Djempol ini sekitar 10 ribuan plus sate kerang satu tusuk sekitar 2 ribuan dan tahu bacemnya juga 2 ribuan. Murah banget kan? Makanya kalo kalian ke Jogja, jangan lupa buat mampir makan di Soto Kudus Djempol. Meskipun lokasinya ada dipinggiran kota, tapi worth it buat dicoba. 

Soto Kudus Djempol ini buka setiap hari mulai pagi sampe habis. Biasanya siang gitu udah habis sih guys, apalagi kalo pas hari libur. Jangan harap kebagian deh guys. Jadi, aku saranin buat kalian yang mau nyobain soto djempol ini, mending datengnya agak pagian biar ngga kehabisan. Selamat mencoba!

soto kudus djempol


SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY