Cicipi Sajian Legendaris Tanjung Pinang di Kedai Pagi Sore

kedai pagi sore

luna | Sightseeing
Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia | halal
05 Mar 2019


Cicipi Sajian Legendaris Tanjung Pinang di Kedai Pagi Sore
kuliner legendaris ini wajib di coba!

Throwing back ke liburanku beberapa waktu lalu pas pergi ke Kepulauan Riau. Selain ke Batam, aku juga sempet pergi ke Tanjung Pinang dimana disana aku pergi ke beberapa tempat yang ngga kalah keren. Selain jalan-jalan ke tempat yang keren, aku juga ngga lupa buat cicipi kuliner khasnya donk. Kebetulan aku diajakin sama salah satu temenku yang tinggal disana buat ketemuan sambil ngopi gitu di salah satu kedai kopi yang cukup rekomended yaitu Kedai Prata Pagi Sore.

kedai pagi sore

Kedai ini berada di Jalan Merdeka no 85 atau tepatnya di kota tua Tanjung Pinang. Sepanjang jalanan ini terdapat banyak ruko berarsitektur campuran modern dan China, mirip banget sama ruko-ruko yang ada di sekitar Singapura dan Johor yang dibangun disekitar tahun 50 sampe 70an. Diberi nama Kedai Pagi Sore mungkin karen jam buka dari kedai ini adalah mulai dari jam 6 pagi sampe jam 5 sore.

kedai pagi sore

Ternyata bener aja, kedai kopi ini udah ada sejak tahun 1951 dan didirikan oleh H. Taruthi Kammo yang merupakan seorang keturunan India. Awalnya kedai ini bernama Kedai Kammo dan kemudian berubah menjadi Kedai Kopi Pagi Sore pada tahun 1972. Pada tahun 1990, kedai ini menempati ruko dua lantai ini dan dikelola oleh generasi kedua. Bisa dibilang kedai roti prata ini adalah yang tertua di Tanjung Pinang.

kedai pagi sore

Menu makanan yang dijual adalah roti prata dengan beragam kuah, ada kuah ayam, kuah daging dan kuah udang. Selain roti prata, kedai ini juga menyajikan martabak yang ngga kalah lezat. Untuk minumannya sendiri ada kopi, teh tarik dan masih banyak lagi lainnya. Emang sih ngga ada menu makanan berat kayak nasi gitu, tapi makan roti aja udah bikin kenyang kok guys, apalagi emang kita niatnya cuma pengen ketemu sambil nongkrong gitu.

Aku pun pesen roti prata kuah ayam dan teh tarik, sementara temenku pesen prata dengan kuah daging dan kopi. Ohya guys, istimewanya dari kedai ini adalah proses pengolahan roti rprata ini masih dengan cara yang tradisional yaitu dibakar dengan arang. Metode yang dari dulu hingga saat ini masih digunakan. Proses ini tentunya bisa bikin rasa dari roti prata ini jadi tambah lezat dan nikmat.

kedai pagi sore

Roti prata ini terasa lembut banget teksturnya apalagi ditambah kuahnya yang super lezat. Kuahnya sih lebih mirip kari menurutku, tapi ayamnya bener-bener berasa dan teksturnya lebih kental. Rasa kuahnya bener-bener otentik, gurih dan pedes juga. Lembutnya roti prata dan gurihnya kuah ayam ini emang jadi perpaduan yang pas banget lho guys.

kedai pagi sore

Untuk teh tariknya, kemarin rasanya sih enak juga. Agak beda sama teh tarik yang biasa aku beli di Mall kota Medan, ini rasanya lebih kental dan otentik sih. Rasa manisnya pas banget dan rasa tehnya juga berasa banget. Cocok lah buat teman roti prata yang lezat ini.

Porsi dari roti prata ini cukup mengenyangkan lho guys. Padahal aku seharian belum makan dan cuma makan ini aja udah cukup kenyang seharian. 

Harga seporsi roti prata ini bisa dibilang cukup terjangkau sih kalo menurut aku, kisaran 30 ribuan per porsinya dan tiap varian kuah juga beda harganya, tapi ngga beda jauh kok guys. Paling selisih 5 ribuan aja dan yang paling mahal itu roti prata pake kuah udang. Aku sih penasaran sama rasanya kayak gimana, mungkin next time kalo main ke Tanjung Pinang lagi aku pasti bakal mampir ke kedai ini lagi. Yuk cobain guys!

kedai pagi sore

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY