Bihun Bebek Asie Kumango, Kuliner Legendaris Dengan Citarasa Otentik

bihun bebek asie kumangi

marthagaul | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | halal
26 Feb 2019


Bihun Bebek Asie Kumango, Kuliner Legendaris Dengan Citarasa Otentik
bihun bebek asie kumangi ini menjadi kuliner legendaris yang wajib di coba!

Kulineran di Medan lagi yuk! Kebetulan Sabtu lalu gue lagi free dan pengen banget kulineran di sekitar Medan. Emang sih, gue udah pernah share beberapa kuliner Medan yang rasanya menggugah selera seperti Mie Gomak, Nasi Kentut dan Mie Tiong Sim. Nah, kira-kira enaknya kulineran kemana lagi ya? Setelah menimbang-nimbang, akhirnya gue putusin buat bernostalgia di Bihun Bebek Asie Kumango.

Kalian pasti udah tau donk ya kalo gue ini doyan banget sama mie, termasuk Bihun. Nah, Bihun Bebek Asie Kumango ini adalah salah satu langganan gue sejak kecil dimana keluarga gue sering banget ngajakin gue makan disini. Dan sampe gue segede sekarang, warung makan ini ngga banyak berubah (kecuali harganya). Bihun Bebek Asie Kumango ini berada di Jalan Kumango no 15 Medan, tepatnya di belakang kantor Harian Analisa.

bihun bebek asie kumangi

Bihun Bebek Asie Kumango ini udah berdiri sejak tahun 1930, jadi warung ini udah eksis sekitar lebih dari 80 tahunan. Jadi sebelum Indonesia merdeka, bihun ini udah dijual lho guys. Bangunannya pun sederhana, didominasi warna putih dan dindingnya dihiasi pernak-pernik seperti keramik. Didalamnya terdapat meja-meja bundar yang membuat warung ini terlihat klasik. Bener-bener ngga banyak berubah sejak dulu.

bihun bebek asie kumangi

By the way, menu utama yang disajikan adalah adalah Bihun Bebek dan menu inilah yang menjadi favorit gue sejak kecil dulu. Seporsi bihun bebek ini dulu harganya sekitar 30 ribuan, tapi sekarang harganya udah berubah menjadi 60 ribuan. Mahal banget?! Ngga kok guys, kalian pasti bakal ngerasa ini mahal sebelum kalian cobain langsung bihun bebek ini.

Ngga perlu waktu lama, akhirnya bihun bebek pesenan gue pun tersaji. Satu porsi bihun disajikan bersamaan dengan irisan daging bebek yang melimpah, sawi, daun bawang dan bawang putih goreng. Kalian juga boleh nambah lauk, misalnya hati atau ampela. Trus juga ada kuah kaldu yang ngga terlalu kental tapi juga ngga encer. Kuah kaldu ini berasal dari sari pati bebek yang udah diolah secara cermat, jadi baunya ngga amis.

bihun bebek asie kumangi

Bihun ini punya tekstur yang mirip sama tanghun soalnya sama-sama terbuat dari tepung beras dan kanji. Rasanya enak banget dan lembut di mulut. Dan bagian favorit gue adalah daging bebeknya yang empuk tapi ngga lembek juga. Apalagi dipadukan dengan sawi, daun bawang dan bawang putih gorengnya, makin nikmat lah pokoknya!

bihun bebek asie kumangi

Porsi bihun bebek ini lumayan besar sih menurut gue, kalo gue yang makan bisa jadi buat dua orang. Makanya gue kalo makan disini ngga pernah sendirian, soalnya ngga bakal abis. 

Selain bihun bebeknya, disini juga ada kopi Medan yang bisa kalian pesen. Kopi yang disajikan bener-bener khas Medan lho guys, jadi rasanya enak banget. Selain itu juga ada roti srikaya yang bisa banget buat kalian jadikan camilan saat makan disini. Biasanya warga Medan makan disini pas makan pagi, tapi menurut gue sih makan disini bisa pas kapan aja, soalnya bihunnya terlalu enak. 

bihun bebek asie kumangi

So guys, kalo kalian berencana liburan ke Medan dan bingung pengen kulineran apa, jangan lupa buat mampir ke Bihun Bebek Asie ya. Dijamin rasanya enak banget. Ngga percaya? Dateng aja langsung dan cobain sendiri gimana rasanya. Oiya, buat kalian yang pengen mampir ke warung bihun ini, kalian bisa datang di hari Senin - Sabtu mulai jam 06.30 sampe jam 11 malam.

Video by Kuliner Medan

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY