Rumah Makan Lembur Kuring: Restoran Khas Sunda Yang Legendaris Nan Romantis

rumah makan lembur kuring

sandal | Sightseeing
Cianjur, Jawa Barat, Indonesia | halal
21 Feb 2019


Rumah Makan Lembur Kuring: Restoran Khas Sunda Yang Legendaris Nan Romantis
mencicipi makanan khas sunda di Rumah makan lembur kuring...

Akhirnya setelah sekian lama aku nulis review tentang kuliner lagi nih. Terakhir emang aku kulineran di Bogor dan Cirebon dengan mengunjungi Death by Chocolate dan Nasi Jamblang Bu Nur. Kali ini aku mau kulineran di kota aku sendiri yaitu Cianjur. Kebetulan Minggu lalu keluarga aku ngajakin makan bareng dan kami pun memutuskan untuk makan di Restoran Lembur Kuring. 

Restoran Sunda ini berlokasi di kecamatan Ciranjang, tepatnya di sebelah kiri jalan setelah lewat Pasar Ciranjang, Cianjur. Kalo kalian dari arah Bandung, restoran ini ada di sisi kanan jalan beberapa kilometer sebelum Pasar Ciranjang.

rumah makan lembur kuring

Karena kita datengnya pas weekend, jadinya restoran ini dipadati pengunjung guys. Tapi kalian ngga usah khawatir ngga kebagian tempat ya, soalnya restoran ini emang luas banget. Restoran Lembur Kuring ini udah ada sejak tahun 70an dan punya pemandangan keren yang bisa dinikmati sambil menyantap hidangan. 

Seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, restoran ini menyajikan menu khas Sunda seperti Ikan Gurame, Ikan mas hingga ayam kampung yang disajikan dengan cara dibakar, digoreng hingga dipepes. Untuk sayurannya, seperti biasa ada lalapan khas Sunda, tumis kangkung dan capcay. Minumannya juga beragam guys, selain teh dan kopi, ada juga jus buah hingga kelapa muda. 

Video by Soeara Rakjat

Setelah mendapatkan tempat duduk di sebuah saung, akhirnya kami memesan menu makanan. Menu yang kami pesan adalah cumi saus mangga, pepes ikan patin dan udang saus madu plus tumis kangkung dan lalapan. Karena nungguin menu yang kami pesen lumayan lama, aku pun memutuskan untuk berkeliling restoran ini. 

rumah makan lembur kuring

Konsep dari restoran ini adalah restoran keluarga jadi buat pengunjung yang datang membawa anak-anak, disini udah disediakan playground yang bisa digunakan untuk bermain. Sayangnya lokasi playground ini agak jauh di belakang, jadi mungkin agak menyulitkan orang tua untuk mengawasi mereka. Tapi menurut aku sih, playgroundnya cukup bagus kok.

So, balik lagi ke saung karena makanan pesenan kami udah dateng. Anyway, aku daritadi udah penasaran banget sama pepes ikan patinnya. Ternyata pepes ini disajikan dengan menggunakan bambu, agak ngga paham sih kenapa pake bambu, mungin biar aromanya makin berasa kali ya. Pas pertama kali coba, ikan patinnya terasa masih fresh banget. Dagingnya lembut, empuk dan ngga berminyak. Enak banget dah pokoknya!

rumah makan lembur kuring

Ohya, untuk nasinya aku pesen nasi liwet. Pasti tau donk kalian nasi liwet khas Sunda itu gimana rasanya, enak banget! Rasanya gurih apalagi pas aku makan pake pepes patin yang tadi, whh gile sih rasanya. Enak banget!

rumah makan lembur kuring

Menu lain yang aku suka sih cumi saus mangga. Porsinya sih ngga terlalu banyak, tapi cuminya enak banget. Cumi ini dibaluri tepung krispi yang rasanya kriuk-kriuk, mangganya juga berasa krenyes-krenyes gitu deh, fresh banget pokoknya. Soalnya cumi kalo ngga fresh itu pasti bakal kecium bau amis, tapi ini ngga.

rumah makan lembur kuring

Overall, restoran ini wajib banget buat kalian kunjungi saat main ke daerah Cianjur atau kalo kalian pas kebetulan lewat sini, soalnya restoran ini lokasinya ada di jalur utama Bandung - Jakarta, wajib banget mampir pokoknya. Restoran ini biasanya menjadi tempat persinggahan orang-orang yang hendak mudik ke kawasan Jawa Barat.

Selain karena tempatnya yang sejuk dan asri, makanannya juga enak-enak rasanya, apalagi harganya yang cukup affordable, yaitu kisaran Rp 5.000 - Rp 50.000 per porsinya.

Jangan lupa mampir ya guys!

Opening Hours
09.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY