Rujak Cingur Genteng Durasim, Kuliner Legendaris Surabaya Sejak Zaman Penjajahan

rujak cingur genteng durasim

franky | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
20 Feb 2019


Rujak Cingur Genteng Durasim, Kuliner Legendaris Surabaya Sejak Zaman Penjajahan
rujak cingur genteng durasim, ini memiliki bumbu yang mantap dan menjadi kuliner legendaris di Kota Surabaya!!!

Surabaya, dikenal sebagai kota Pahlawan yang penuh kenangan. Kota ini dikenal karena memiliki sejarah yang sangat menarik untuk diulik. Tak hanya itu, wisata di Surabaya juga ngga kalah seru buat dikunjungi. Kebetulan, Minggu lalu salah satu sahabat gue dateng dari Sydney dan stay beberapa hari di Surabaya sebelum lanjut perjalanan ke Bali. Selama disini, gue pun ngajakin dia jalan-jalan ke beberapa tempat seru dan incip-incip kuliner khas Surabaya seperti Soto Otot Jimerto dan Sego Meduro. Namun, sebelum dia balik gue ajakin dia buat nyobain kuliner legendarisnya Surabaya yaitu Rujak Cingur Genteng Durasim.

Video by TRANS7 OFFICIAL

Warung rujak cingur ini berada di Jalan Genteng Durasim no 29, deket banget sama pusat oleh-oleh khas Surabaya, yaitu Pasar Genteng. Jadi sekalian beli oleh-oleh deh. Istimewanya, warung rujak ini udah legendaris banget lho guys soalnya udah berdiri sejak tahun 1943. Sekarang warung ini dikelola oleh generasi ketiganya dan rasanya masih sama banget. Gue udah lama sih langganan makan rujak disini, tapi baru kali ini aja gue share ulasannya. Warung rujaknya sih sederhana ya guys dan agak blusukan buat carinya, tapi jangan salah, pelanggannya banyak banget lho, mulai dari masyarakat biasa hingga pejabat setempat sering banget makan disini.

rujak cingur genteng durasim
rujak cingur genteng durasim

Oiya, sedikit cerita nih guys. Cobek yang digunakan untuk membuat bumbu rujak ini udah berusia lebih dari 70 tahun lho. Jadi sejak berdirinya warung ini hingga saat ini cobeknya ngga pernah diganti. Meskipun usianya udah tua dan mulai tambah cekung, cobek yang terbuat dari batu ini masih digunakan. Katanya sih, cobek ini dibuat oleh seorang pengrajin asal Magelang dan dibawa dengan menggunakan sepeda othel dari Magelang ke Surabaya. Bisa dibayangkan ngga guys gimana jauhnya? Naik bus aja butuh waktu berjam-jam, apalagi kalo naik sepeda. Dan gilanya lagi nih, pengrajin tersebut katanya ngga mau dibayar lho. Beliau cuma mau diajak keliling Surabaya dengan menggunakan pada zaman itu.

Gue pun langsung pesen 2 porsi rujak cingur buat gue dan temen bule gue itu. Dia sih anaknya doyan pedes, kayak gue. Jadi kita pesen yang pedes. Harga seporsi rujak cingur disini kisaran Rp 25.000 - Rp 35.000 per porsinya, harga yang cukup terjangkau menurut gue mengingat porsinya yang cukup bikin kenyang dan rasanya yang super mantap. 

Tak lama pun rujak pesenan gue langsung dateng. Sama seperti rujak cingur kebanyakan, rujak ini terdiri dari potongan buah seperti timun, kerahi, mangga, kedondong, bengkoang, nanas lalu ditambah dengan lontong tahu, tempe, bendoyo, cingur. Sayurannya ada kecambah, kangkung dan kacang panjang. Sebagai pelengkap, bahan-bahan tadi disiram dengan bumbu kacang yang dicampur dengan petis. Petis yang digunakan adalah petis khas Surabaya yang terbuat dari olehan udang ebi, udang ini biasanya juga menjadi bahan dasar terasi, ngga heran kalo cita rasa rujak ini menjadi gurih, pedes tapi juga ada asam dan manisnya. Mirip nano-nano donk? Ngga lah! Penasaran kan? Cobain aja langsung kesini!

rujak cingur genteng durasim
rujak cingur genteng durasim

Selain rujak cingur, warung ini juga menyediakan menu lain lho guys, seperti lontong mie, sop buntut, nasi rawon, gado-gado, nasi campur dan sayur asem. Bisa jadi pilihan kalian kalo kalian ngga doyan rujak cingur. 

rujak cingur genteng durasim

So guys, buat kalian yang berencana buat main ke Surabaya, jangan lupa buat mampir kesini dan cicipi kuliner legendaris yang satu ini. Dijamin ketagihan, soalnya ngga bakal kalian temui di daerah lain.

Opening Hours
Senin - Sabtu 10.30 - 17.30 Minggu 11.00 - 17.30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY