mummyz
mummyz | Sightseeing
Solo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
6.65 K2

Sate Buntel Kambing Bu Hj Bejo, Kuliner Legendaris Solo Favorit Jokowi

sate buntel kambing bu hj bejo

Suka Sate Buntel? Wajib banget cobain Sate Buntel yang satu ini saat berkunjung ke Solo!
Post Content

Kota Solo memang terkenal sebagai Kota Batik yang menawan dan sebagai kota dimana aku tumbuh besar, pastinya ada banyak tempat-tempat favorit dan kuliner-kuliner favorit yang sampai saat ini masih sering aku kunjungi. Bulan lalu, aku sempet jalan-jalan ke Jogja dan makan di Angkringan Pak Jabrik, favorit aku. Bulan ini, aku banyak menghabiskan waktu di Solo dan Batang aja dan Minggu lalu aku sempet makan di warung sate favorit aku, yaitu Sate Buntel Hj Bejo yang juga menjadi favorit Presiden Jokowi.

Warung Sate Buntel Bu Bejo ini berlokasi di Loji Wetan, Pasar Kliwon, Solo. Warung ini sudah berdiri lebih dari 40 tahun lalu dan masih eksis hingga saat ini. Awalnya, warung ini didirikan oleh Pak H. Bejo yang pernah mengikuti kerabatnya berjualan sate kambing, kemudian beliau memberanikan diri untuk berjualan sendiri dengan resep dari Bu Bejo dengan cara berkeliling. Kemudian, usaha sate ini perlahan berkembnag sehingga beliau memutuskan untuk berjualan di salah satu emperan toko. Setelah Pak H. Bejo meninggal, usaha diteruskan oleh Bu Bejo dengan membuka warung di Lojiwetan dan dibantu oleh beberapa anaknya.

sate buntel kambing bu hj bejo

Bisa dibilang warung ini cukup sederhana, melihat lokasinya ada di dekat Pasar Kliwon, namun pembeli banyak yang rela mengantri untuk mencicipi sajian lezatnya. Menu andalan di warung ini adalah sate buntelnya. Tapi selain itu, ada beberapa menu lain yang tak kalah menggugah selera seperti gulai, tengkleng, tongseng dan sate kambing. Pokoknya semua menunya berbahasan dasar kambing. 

sate buntel kambing bu hj bejo

Sebagai menu andalan di warung ini, tentunya Sate Buntel juga menjadi menu favorit semua orang termasuk Presiden Jokowi. Aku pun langsung memesan sate yang lezat ini. Sate Buntel adalah sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak daging. Daging kambing ini kemudian di bakar dengan diberikan kecap manis. 

sate buntel kambing bu hj bejo

Tak perlu menunggu berapa lama lagi, akhirnya seporsi sate buntel ini tersaji didepan mata. Tak lupa juga sate ini disajikan dengan sambal kecap dan cabe rawit utuh buat kalian yang suka pedes. Tak sabar ingin segera memakannya, aku pun langsung mencoba sate ini. Tekstur daging kambingnya empuk banget apalagi dipadukan dengan bumbu yang gurih dan memanjakan lidah. Bau kambingnya pun ngga tercium. Pantes aja sate ini menjadi favorit semua orang termasuk Presiden Jokowi. Citarasanya pun sangat otentik dan katanya sih ngga berubah sejak 40 tahun lalu, ini sih kata orang tuaku yang dulunya sering banget makan disini.

sate buntel kambing bu hj bejo

Rasanya kalo makan sate buntel belom lengkap kalo ngge pesen gulai kambing sebagai menu pelengkapnya. Aku pun kemaren pesen gulai kambing yang juga ngga kalah enak ini. Meskipun makanannya enak semua, tapi harga yang dipatok cukup terjangkau lho guys. Untuk seporsi gulai kambing ini, harganya berkisar 20 ribuan dan sate buntelnya harganya berkisar 40 ribuan.

sate buntel kambing bu hj bejo

Overall, sate buntel ini wajib banget kalian singgahi saat kalian sedang bertamasya ke kota Solo. Apalagi kalo kalian doyan banget sama menu olahan kambing, dijamin bakal ketagihan buat makan disini. So guys, kalo kalian pengen nyobain sate buntel favorit presiden ini kalian bisa langsung datang ke Warung Sate Bu Bejo di Pasar Kliwon, warung ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampe habis. Saran aku sih, jangan siang-siang dateng kesininya kalo ngga mau kehabisan. hehehe..

Video by Tribunnews.com

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data