Menikmati Sajian Autentik Jawa - Belanda di RM Kusuma Sari Surakarta

RM kusuma sari

aruby | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | halal
07 Feb 2019


Menikmati Sajian Autentik Jawa - Belanda di RM Kusuma Sari Surakarta
mencicipi kuliner di salah satu rumah makan legendaris di kota Solo ini. Nama rumah makannya adalah Kusuma Sari. RM Kusuma Sari ini sudah buka sejak tahun 1970

Halo guys kali ini aku mau buat review tentang kuliner legendaris kota Solo atau Surakarta. Sebenarnya bukan acara liburan atau apa melainkan ada urusan sehari di kota ini. Karena hanya sehari disini aku diajak temen untuk mencicipi kuliner di salah satu rumah makan legendaris di kota Solo ini. Nama rumah makannya adalah Kusuma Sari.

RM kusuma sari
Kata temen aku sih RM Kusuma Sari ini sudah buka sejak tahun 1970, jadi sejak temen aku kecil udah sering diajak makan disini dan katanya sampai sekarang rasanya tidak berubah, tetap nikmat. Menu yang ditawarkan dari RM Kusuma Sari ini pun merupakan makanan Jawa – Belanda yang di padukan. Karena rasanya yang otentik membuat RM Kusuma Sari ini tak pernah sepi pengunjung walaupun sudah buka puluhan tahun. Di RM Kusuma Sari ini pun sudah diurus sampai ke generasi ke tiga, dengan pengembangannya RM Kusuma Sari kini pun sudah membuka tenant di salah satu mall. Jadi kalau pelanggan mau makan nggak perlu jauh-jauh keluar mall cukup di sana saja sudah nyaman, dan yang jelas rasnya tetap sama ya.

RM kusuma sari
Pemilik RM Kusuma Sari ini pun sangat mempertahankan cita rasa dan cara mengolah masakan. Jadi meskipun bahan baku sedang melambung tinggi mereka tidak akan mengurangi porsi atau menurunkan kualitas. Lebih baik mereka menaikan sedikit harga yang terpenting cita rasa dan kualitas tetap sama. Hal itu dilakukan agar pelanggan tidak kapok untuk datang kemari.

RM kusuma sari
Lokasi dari RM Kusuma Sari ini sendiri berada di Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.111, Surakarta. Kalau dilihat tempatnya dari depan sih memang masih kental bangunan lama tapi semi modern gitu. Begitu kalian masuk kedalam kalian akan melihat tempat dan suasana yang klasik dan sederhana tapi banyak pengunjung juga yang sedang menikmati menu sajiannya. Kami berlima mencari tempat duduk yang nyaman dan saatnya memesan menu!

RM kusuma sari
Kalau aku lihat dari menunya sih ada berbagai macam pilihan seperti sup, steak, aneka snack, dan salad. Tidak hanya itu disini juga ada pilihan dessert yang cukup banyak, tapi yang paling menarik disini adalah ice creamnya, kalo kata temen aku rasa ice cream disini beda alias khas banget. Jadi bikin kepo kannn.

RM kusuma sari
Karena menunya banyak banget dan semua kelihatan enak, aku jadi bingung nih mau pilih makanan yang mana. Tapi kalau kata temenku sih disini yang paling enak sih selat solo dan steak lidahnya. Oke jadinya aku pesen satu selat solo. Selain itu aku juga pesen kroketnya, abis aku lihat di sekelilingku banyak banget yang makan nih kroket jadi penasaran deh sama rasanya. Kalau temen aku yang lain ada yang nyobain bestik galantin, sup matahari, risoles, stup macaroni, dan masih ada lagi aku sampai lupa karena cukup banyak yang dipesen hehehe.

RM kusuma sari
Setelah beberapa menit semua makanan yang kami pesan datang. Pertama aku langsung pengen nyoba si kroketnya ini. Bentuknya bulat dan padat. Diluarnya terlihat garing banget menggorengnya jadi pas digigit nanti bakalan krenyes diluar dan moist di dalam. Dan ternyata kroket disini beneran beda bukan yang kentang doang gitu jadi nggak bikin eneg, aku sukaa.

RM kusuma sari
Untuk selat solonya tentu saja disajika dengan irisan wortel, kentang, telur rebus, buncis, dan selada air, tidak lupa disiram dengan kuah berwarna coklat yang rasanya manis.  Pertama aku cobain dagingnya empuk dan porsinya cukup banget lah kalau buat cewek gini, rasa bumbunya juga nikmat, manis dan segarrr. Aku juga nyobain beberapa menu milik temenku dan memang benar rata-rata menu disini enak banget. Nggak heran deh kalau RM Kusuma Sari ini selalu ramai dan legendaris. So buat kalian yang mau nyobain makanan otentik Jawa – Belanda bisa banget nih nyobain makan di RM Kusuma Sari ini karena selain enak, tempat nyaman, dan harga bersahabat!

Opening Hours
10:00 - 21:30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY