Enaknya Makan di Ayam Goreng Tojoyo 3, Disini Menunya Nggak Hanya Ayam Lho!

ayam goreng tojoyo 3

mirio | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
01 Feb 2019


Enaknya Makan di Ayam Goreng Tojoyo 3, Disini Menunya Nggak Hanya Ayam Lho!
Lagi cari kuliner do Yogyakarta? nah tempat yang satu ini emang paling pas kalian bisa menikmati kelezatan ayam goreng dan masih banyak menu lainnya!

Bicara tentang makanan Jogja selalu identik dengan gudeg, tapi kuliner yang satu ini beda. Karena aku mau menngunjungi tempat makan yang menjual ayam goreng. Memang terdengar biasa saja karena ayam goreng sendiri termasuk makanan yang mudah untuk di dapatkan di hampir semua wilayah di Indonesia. Tapi yang mau aku review ini adalah tempat makan ayam goreng yang paling suka aku kunjungi dan sudah terkenal.

ayam goreng tojoyo 3
ayam goreng tojoyo 3
Nama tempat makannya adalah Ayam Goreng Tojoyo 3, mungkin beberapa dari kalian sudah nggak asing dan pernah makan di tempat ini. Lokasinya berada di Jl. Urip Sumoharjo No.133 dan sangat mudah untuk mencarinya. Di depan ada tulisannya yang mencolok dan kalian akan melihat banyak pengunjung yang berdatangan.

ayam goreng tojoyo 3
Kalau dilihat dari tempatnya sih cukup nyaman karena luas dan disediakan banyak meja, jadi kalau makan ditempat masih cocok lah. Yang menjadikan retoran ini menarik untuk dikunjungi karena disinin tidak hanya menjual ayam goreng saja, melainkan ada jeroan sapi yang di goreng juga dan ini banyak diminati pelanggan. Jadi untuk keseluruhan menunya kurang lebih ada ayam goreng, bebek goreng, tahu tempe goreng, jeroan sapi seperti paru, limpa, usus. Tidak hanya itu jeroan ayam juga ada, jadi ati-ati kalap deh ya, apalagi yang punya kolestrol jangan makan banyak-banyak ya guys!

ayam goreng tojoyo 3
Ayam disini menggunakan ayam kampung jadi rasanya jauh lebih sedap dan dagingnya enak. Jadi ayam ini sebelum digoreng di ungkep dulu menggunakan bumbu-bumbu yang berwarna kuning. Tidak hanya ayamnya saja, tapi semua menunya juga diungkep di bumbu yang sama hingga meresap ke dalam dan bertekstur empuk. Yang paling aku suka disini adalah usus ayamnya yang unik. Jadi usus ayam yang panjang itu digulung jadi satu hingga bulat menyerupai bola dan nantinya digoreng kering. Tapi nanti gulungan dalamnya masih bertekstur lembut, jadi enakk banget deh.

ayam goreng tojoyo 3
Kemarin aku pesan ayam goreng lengkap dengan jeroan sapinya. Tapi tenang aja ini jeroannya buat dimakan bareng kok, jadi nggak bakal overdosis hahaha. Setelah pesan kita tinggal menunggu makanannya tiba. Yang bikin aku seneng meskipun lagi ramai pengunjung tapi pelayanan disini termasuk cepat, hanya 15 menit saja makanan yang kami pesan semuanya sudah datang. Oiya kalau kesini jangan lupa pesan sayur asemnya juga, karena rasanya seger dan enak banget dimakan apalagi kalau habis makan makanan yang berlemak.

ayam goreng tojoyo 3
Kelihatan sekali ayamnya masih baru digoreng jadi asapnya masih mengepul dan aromanya sedep banget. Disini ada dua jenis sambel ya, pertama sambel merah dan sambel bawang. Kalau aku pesen kedua sambelnya tapi yang paling aku suka adalah sambel bawangnya karena lebih pedas dan cocok banget buat makan beginian. Selain itu kita juga diberikan lalapan di piring terpisah berupa kacang panjang, selada air, kol, tomat, dan kemangi. Saatnya makan!

ayam goreng tojoyo 3
Ayamnya rasanya juara bangett, meskipun ayam jawa tapi tekstur empuknya masih dapet dan nggak alot sama sekali. Sayangnya karena ayam jawa jadi ukurannya jadi lebih kecil makanya dianjurkan untuk tambah juga menu yang lain. Yang kedua aku suka parunya juga empuk dan gurihh, siapa yang nggak suka paru coba? Nah yang jarang aku makan sih limpa goreng, karena limpa kan biasanya dimasak berbumbu seperti gulai di nasi padang gitu, nah ini digoreng! Tapi rasanya enak-enak aja sih menurut aku kurang lebih seperti paru tapi lebih berserat.

ayam goreng tojoyo 3
Nah untuk harga masih tergolong oke kok tergantung menu yang kalian pilih aja. Oke guys kalau aku kasih nilai 8/10 lahh karena worth it banget. Buat kalian yang di Jogja dan nyari ayam goreng enak, bisa nih makan di Ayam Goreng Tojoyo 3!

Opening Hours
11:00 - 22:30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY