Warung Bu Slamet, Nikmati Sensasi Makan Nasi Tahu Beralaskan Daun Jati

warung bu slamet

yura | Sightseeing
Rembang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
31 Jan 2019


Warung Bu Slamet, Nikmati Sensasi Makan Nasi Tahu Beralaskan Daun Jati
Seperti apa sate srepeh ini. Sate ini memang unik dan aku ngga pernah lihat sate seperti ini di daerah mana pun. Sate ini berbahan utama daging ayam kampung. sate srepeh ini menggunakan bumbu santan!!

Mumpung ada di Rembang, rasanya belom afdol kalo belom cobain kuliner khasnya. Setelah jalan-jalan menikmati arsitektur bangunan tua di Lasem, aku lanjut untuk berwisata kuliner di kawasan Rembang. Awalnya memang ini sebelum kita check out dari Rumah Merah, kami berencana untuk mencari sarapan (padahal udah sarapan :D) dan mulai searching soal kuliner khas Rembang. Rembang ini memang terkenal dengan Sate Srepehnya, tapi sayangnya semakin kesini kuliner ikonik ini semakin langka dan susah ditemui di Kabupaten Rembang. Salah satu warung makan yang masih menyajikan kuliner ini adalah Warung Bu Slamet. Warung ini dikenal tak hanya menyajikan Sate Srepeh aja tapi juga makanan utamanya, yaitu nasi tahu.

warung bu slamet

Warung Bu Slamet ini berada di Jalan Dr Wahidin no 9, Rembang. Ngga susah kok guys nemuin warung ini, kalo dari arah barat dan masuk ke kota Rembang, setelah melewati jembatan yang dekat dengan pelabuhan, belok ke kanan dan melewati Jalan KS Tubun. Di persimpangan antara Jalan KS Tubun dan Jalan Dr Wahidin ada sebuah warung kecil yang dikelilingi bangunan pecinan. Warung ini sangat sederhana guys, tapi pengunjungnya lumayan rame.

warung bu slamet

Sesuai namanya, warung Bu Slamet ini hanya menyajikan Nasi Tahu dan Sate Srepeh. Aku dan temenku langsung memesan dua porsi nasi tahu dan dua porsi sate srepeh. Ini pengalaman pertama aku buat menikmati makanan ini guys. Awalnya juga aku kepo, seperti apa sate srepeh ini. Sate ini memang unik dan aku ngga pernah lihat sate seperti ini di daerah mana pun. Sate ini berbahan utama daging ayam kampung. Kalo biasanya aku makan sate Madura yang bumbunya menggunakan bumbu kacang, bumbu dari sate srepeh ini menggunakan bumbu santan lho guys. Bumbunya campuran antara santan, gula merah, cabe merah, bawang putih, daun jeruk dan lengkuas. Warna dari bumbunya juga beda, agak orange gitu sih.

warung bu slamet

Saat pertama kali nyobain, aku langsung penasaran sama rasa bumbunya yang kental ini dan ternyata enak banget. ada perpaduan rasa manis dari gula merah bercampur gurihnya santan. Aroma rempahnya juga sangat berasa dihidung yang kayaknya seger banget. harga seporsi Sate Srepeh ini sekitar 15 ribuan dan karena udah langka, maka sate Bu Slamet ini laris manis dan sering habis dalam waktu 4 jam aja. Wow!

warung bu slamet

Menikmati sate srepeh memang belum lengkap kalo ngga dimakan barengan dengan nasi tahu. Nasi tahu ini terdiri dari nasi, tahu dan sayur-sayuran seperti labu, kacang dan kecambah. Sementara bumbunya menggunakan bumbu kacang dan rasanya manis pedas. Penyajian dari nasi tahu ini juga cukup unik guys, soalnya diatas piringnya dikasih daun jati jadi aroma makanannya makin unik dan lezat. Sederhana sih rasanya, tapi bener-bener menggugah selera, udah lama juga aku ngga makan pake alas daun begini. Harga seporsi nasi tahu ini juga cukup terjangkau, yaitu sekitar 5 ribuan.

warung bu slamet

Overall, aku bener-bener menikmati kuliner khas Rembang ini karena memang bener-bener unik dan hanya ada di Rembang. Kalo kalian lagi jalan-jalan ke Rembang, jangan lupa buat cobain lezatnya Nasi Tahu dan Sate Srepehnya Bu Slamet ini. Dijamin bakal ketagihan!

Kalo kalian mau kesini, warung ini buka setiap hari mulai jam 06.00 - 10.00 dan cocok banget buat sarapan. Kalo kalian ngga mau kehabisan sate srepehnya, aku saranin buat dateng pagi-pagi ya guys kesininya.

Video by Santri Bina Talenta

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY