Mie Kopyok Mbah Wadji : Mie Kopyok Legendaris Jogja, Penjualnya Sudah Berumur 82 Tahun!

mie kopyok mbah wadji

lizbeth | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
30 Jan 2019


Mie Kopyok Mbah Wadji : Mie Kopyok Legendaris Jogja, Penjualnya Sudah Berumur 82 Tahun!
Mie Kopyok Legendaris Jogja, Penjualnya Sudah Berumur 82 Tahun loh!!!

Masih seputar kuliner legendaris di Jogjakarta, karena minggu lalu aku udah bikin review tentang es puter yang legendaris di Jogja yaitu Rujak Es Krim Pak Nardi, sekarang ganti makanannya dong! Yang belum baca review aku bisa klik link berikut ya!

Kuliner yang mau aku review ini cukup unik dan legendaris banget, bahkan penjualnya pun masih pemilik atau pendirinya. Namanya adalah Mie Kopyok Mbah Wadji. Yap, sesuai dengan namanya mie kopyok ini dari merupakan racikan makanan yang disajikan dari tangan Mbah Wadji. Kalau kalian tahu, Mbah Wadji ini sudah berusia 82 tahun lo tapi masih sanggup melayani pelanggannya hingga saat ini, salut deh!

mie kopyok mbah wadji
Sebenarnya mie kopyok sendiri bukan kuliner asli khas Jogja ya, melainkan dari Semarang. Kalau di Semarang pasti mudah untuk mencari si mie kopyok ini, tapi kalau di Jogja cukup jarang dan yang terkenal ya Mie Kopyok Mbah Wadji ini. Lokasi berjualan mie kopyok ini cukup mudah dicari karena dekat dengan pusat kota Jogja. Kalau biasanya orang kesini yang jadi patokannya adalah Radio Retjo Bintang, nah di deretan situ lah Mbah Wadji menjajakan dagangannya. Tempatnya jauh dari kata mewah tapi yang antri nggak pernah sepi lo, apalagi watu jam makan siang begitu wahh bisa sampai keluar-keluar. Tapi cukup mudah untuk mencarinya, di depannya ada tulisan banner besar jadi nggak usah bingung deh.

mie kopyok mbah wadji
Selain mie kopyok disini juga ada kupat tahu lho, rasanya nggak kalah enak. Dan yang paling unik disini minumnnya tersedia setup jambu. Kalau biasa setup yang aku minum adalah setup pisang kalau yang ini dari jambu biji, oke markicob!

Kalau menu andalan aku disini tentu saja mie kopyoknya. Nah kalau kalian suka pedes bisa request ke Mbah Wadji mau cabe berapa makan nanti akan di haluskan cabe rawitnya dicobek dan nantinya dicampur dengan kuah mie kopyok. Kalau aku sih biasa pakai tiga cabe karena cabenya cabe rawit maka sedikit saja udah kerasa pedes. Mbah Wadji begitu telaten menjualinya, pelan-pelan namun pasti. Nah alasan antriannya panjang ya ini, karena sudah sepuh jadi ngejualinnya nggak bisa cepet ya kalian harus sabar hehe.

mie kopyok mbah wadji
Mie kopyok disini menggunakan jenis mie kuning dan mie bihun putih, tapi kalau di Semarang biasanya mie kopyok pakai mie kunging aja. Selain mie ada juga irisan sayur kol, tahu, kecambah, dan ketupat. Yang bikin asik nih diatasnya diberi irisan daging sapi yang cukup banyak. Setelah itu barulah mie disiram dengan kuah kaldu yang kental berwarna kuning, dan terakhir jangan lupa diberi taburan bawang goreng biar makin sedap.

mie kopyok mbah wadji
Akhirnnya setelah mengantri jadi juga makanan aku. Yang paling aku suka disini adalah kuahnya yang nampol banget. Kerasa kaldunya dan gurihnya pas. Tapi yang lebih aku sukai lagi adalah, potongan dagingnya nggak pelit jadi enak banget gitu. Tekstur mienya dimasa dengan tingkat kematang yang pas jadi nggak kaku dan nggak lembek.

mie kopyok mbah wadji
Setelah kenyang maka jangan lupa minum setup jambunya. Setup jambu ini berbahan dasar jambu biji yang direbus dengan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Rasanya unik dan seger banget, dan susah banget memang mencari penjual setup jambu. Setup jambu ini bisa disajikan dingin mengunakan es dan bisa juga disajikan hangat, jadi sesuka hati kalian.

Nah yang terakhir urusan harga nggak usah khawatir deh. Harganya murah meriahh!! Semangkuk mie kopyok di hargai 9.000 saja per porsi, murah banget kan? Selain murah dan enak maka nggak heran deh banyak yang suka makan di warungnya Mbah Wadji ini. Nah buat kalian yang di Jogja bisa nih nyobain Mie Kopyo Mbah Wadji, sedeppp!

 

Opening Hours
11:00 - 16:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY