pritagizela
pritagizela | Freedom Seeker
Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia | halal
6.38 K4

Rujak Cingur Madura, Kuliner Legendaris yang Bikin Ketagihan

rujak cingur madura

rujak cingur madura emang paling Mantap!
Post Content

Puas menjelajah Kampung Wisata Toron Samalem, jam udah menunjukkan waktu makan siang nih. Mumpung lagi ada di Pamekasan, rasanya belum afdol kalo belum nyobain kuliner khasnya. Sebenernya, kota kecil yang kaya akan budaya ini punya banyak banget kuliner lokal yang khas dan tidak bisa ditemukan ditempat lain, karena waktuku kemaren mepet banget, aku pun sempetin buat nyobain salah satu kuliner yang legendaris yaitu Rujak Cingur.

Di Pamekasan sendiri ada banyak sekali penjual rujak cingur, bahkan di pinggir-pinggir jalan juga bisa kalian temui banyak penjual rujak cingur. Tapi nih yang paling rekomended menurut aku adalah Rujak Sinar Baru yang beralamatkan di Jalan Stadion no 2, Pamekasan. Jalanannya sih searah sama jalanan menuju ke Wisata Toron Samalem. Kalo kalian bingung, kalian bisa cari Dealer Honda Sinar Baru, nah disampingnya ada sebuah gang dan tinggal masuk aja kesitu.

rujak cingur madura

rujak cingur madura

Warungnya sih sederhana banget ngga terlalu besar, kayak ada disamping rumah pemiliknya. Diluarnya ada tempat dudukan dari bambu untuk pengunjung menikmati rujaknya dan didalamnya juga ada lagi meja dan kursi kayu lalu disampingnya ada tempat dimana penjualnya mengolah rujak. Aku pun langsung memesan seporsi rujak cingur tanpa kacang. Kalian juga bisa lho request level pedesnya.

rujak cingur madura

Mungkin kalian akan berpikiran kalo Rujak Cingur Madura ini bakal sama dengan rujak cingur yang banyak di jual di Surabaya atau Sidoarjo, tapi ternyata ngga lho. Bumbu dari rujak ini dibuat dengan menggunakan petis khas Madura yaitu petis ikan yang teksturnya lebih lembut dibandingkan petis udang khas Surabaya. Bumbu rujaknya pun bisa kalian pilih sendiri mau pake kacang atau ngga, kalo aku sih prefer tanpa kacang jadi rasa petisnya lebih berasa. 

Selain bumbunya yang bisa kalian tentuin sendiri, kalian juga bisa memilih isiannya sendiri. Kemarin aku pesen yang isiannya campur, jadinya seporsi rujak ini terdiri dari potongan lontong, tahu, tempe, cingur, aneka buah seperti bengkoang, nanas dan kedondong, tergantung dari musim kalo buah ini biasanya. Lalu juga ada bermacam-macam sayuran seperti potongan kacang panjang, cambah, timun dan rumput laut. Tak lupa diberi remahan keripik tette atau keripik singkong diatasnya.

rujak cingur madura

Rasa dari rujak ini cenderung asin, tapi juga ada rasa manis dan pedasnya. Potongan sayurnya juga seger banget, terasa saat dikunyah masih berasa agak keras. Selain itu potongan cingurnya juga banyak dan rasanya cocok banget kalo dikombinasikan dengan bumbu petisnya yang gurih ini. Ohya, favorit aku sih potongan rumput lautnya dan remahan keripiknya. Soalnya jarang banget aku ketemu sama rujak yang pake rumput laut sebagai bahannya, rasanya enak banget apalagi kalo dimakan barengan sama keripiknya, jadi kriuk-kriuk gitu deh.

rujak cingur madura

Seporsi rujak ini aku lupa harganya berapa, soalnya kemaren aku beli seporsi plus aqua gelas 4 biji jadinya Rp 14.000. Mungkin harganya sekitar 10 ribuan guys, tapi menurut aku sih worth it banget buat dicobain. Soalnya porsinya lumayan gede dan bikin kenyang. Jujur aja aku sampe ngga bisa habisin kemaren, meskipun akhirnya juga tetep habis.. Hahaha..

rujak cingur madura

Selain rujak Madura, disini juga ada rujak Jawa dengan petis udang yang warnanya hitam. Selain itu, disini juga ada beragam oleh-oleh khas Madura, seperti petis, rengginang lorjuk dan aneka keripik ikan.

rujak cingur madura
So guys, kalo kalian lagi ada di Madura, khususnya di Pamekasan, jangan lupa buat nyobain Rujak Cingurnya ya. Kalian bisa langsung dateng ke Rujak Sinar Baru!

Opening Hours
Pagi - sore
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data