Segarnya Rujak Es Krim Pak Nardi, Pelopor Rujak Es Krim Pertama di Jogja

rujak es krim pak nardi

lizbeth | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | vegetarian
22 Jan 2019


Segarnya Rujak Es Krim Pak Nardi, Pelopor Rujak Es Krim Pertama di Jogja
Ngerujak atau ngeeskrim? Rujak Es Krim Pak Nardi siap memanjakan lidah kalian. Cobain yuk kalau lewat!

Siang-siang begini paling enak memang minum yang seger-seger kan, mumpung lagi nggak hujan hehe. Hari ini aku mau review dan kasih tau kalian jajanan yang sering aku beli kalau lagi panas dan pengen yang seger-seger. Namanya adalah rujak es krim! Yak, di Jogja sendiri ada beberapa penjual rujak es krim di daerah Pakualaman, tapi yang terkenal tetap saja Rujak Es Krim Pak Nardi. Bahkan Rujak Es Krim Pak Nardi ini merupakan pelopor rujak es krim pertama yang ada di Jogja.

lokasi rujak es krim pak nardi
Berjualan sejak tahun 1978 membuat rujak es krim ini dicintai oleh penikmatnya. Dulu Pak Nardi berjualan dengan berkeliling menggunakan gerobak di sekitar Pakualaman. Dan yang dijual bukan rujak es krim, melainkan es puternya saja. Karena kurang banyak peminatnya, maka Pak Nardi berinovasi untuk menambahkan rujak serut yang dicampur es krim. Tak disangka dengan menu baru tersebut makin banyak peminatnya, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Karena mulai banyak peminat, akhirnya Pak Nardi memilih untuk berjualan menetap di tempat sekarang, yaitu di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman.

rujak es krim pak nardi
Kalau kalian ingin mencicipi rujak ini kalian bisa dengan mudah menemukannya, tinggal berbekal google maps lalu tinggal cari gerobak tenda yang bertuliskan “Rujak Es Cream Pak Nardi”. Kalau siang hari pasti ramai banget dan kalian harus siap antri ya. Tapi tenang aja Pak Nardi cepat kok menyiapkan pesanannya. Disana akan terlihat kerumunan yang sedang mengantri. Di pinggirnya tersedia beberapa kursi plastik yang nantinya dibuat duduk sambil menyantab rujak es krim ini.

menu rujak es krim pak nardi
Rujak disini berisi buah-buahan seperti bengkoang, timun, nanas, mangga, dan pepaya yang semuanya di serut dan dijadikan satu di dalam wadah panci yang diberi kuah pedas manis racikan Pak Nardi. Oiya buat kalian yang membawa anak kecil tenang aja, kalian bisa pesan es krimnya aja kok. Es krim disini diolah sendiri dengan resep khusus sejak puluhan tahun yang lalu sehingga rasanya tetap enak dan tidak berubah. Bahan es krimnya antara lain tepung hankuwe, tepung maizena, dan gula. Kalau lihat es krimnya di dalam wadah besi itu bawaannya pengen bawa semua ke rumah dahh.

rujak es krim pak nardi
Kemarin aku pesan satu porsi rujak es krimnya. Mangkuknya berukuran standar dan cukup banyak menurutku. Rasa es krimnya itu loh yang bikin aku suka. Lembut bangett, rasanya gurih dan manisnya pas banget. Untuk rujaknya juga seger banget, manis dan sedikit pedas asam. Apalagi kalau makan bagian mangga mudanya itu diacampur es krim. Hmmm asem, manis, dinginnn enak banget dimakan pas siang hari. Kalau musim kemarau per hari Pak Nardi bisa menghabiskan hingga 150 mangkuk. Tapi kalau musim hujan begini, pendapatannya sedikit menurun. Nah kalau hari libur? Jangan ditanya lagi lah, Rujak Es Krim Pak Nardi ini akan ramai sekalii peminatnya.

rujak es krim pak nardi
Setelah habis rasanya kok masih kurang ya? Haha emang maruk dah. Tapi akhirnya aku bungkus satu lagu rujak es krim untuk dibawa pulang. Walaupun sensasinya nggak senikmat makan langsung di tempat tapi aku tetep aja doyan hehehe. Kalau untuk harga nggak usah khawatir, harganya sangat bersahabat di kantong. Hanya dibanderol 7.000 saja per mangkuknya. Murah dan enakk banget.

Nah buat kalian yang lagi di Jogja dan mau nyobain rujak es krim enak ini, bisa langsung kemari yaa. Dijamin lezatt dan memuaskan dahaga!

Opening Hours
08:00 - 15:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY