Es Dawet Durian Pak Ahmad: Minuman Unik dan Legendaris di Kota Lama Semarang

es dawet durian pak ahmad

jimmy | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
21 Jan 2019


Es Dawet Durian Pak Ahmad: Minuman Unik dan Legendaris di Kota Lama Semarang
Panas panas emang paling enak cari yang seger. Es Dawet Surian Pak Ahmad misalnya! Rasa segar yang ditawarkan es yang satu ini dijamin bikin ketagihan!

Setelah kemaren nyobain lezatnya sate dan gule kambing 29 di depan Gereja Blenduk, aku pun melanjutkan perjalanan mencari sesuatu yang seger-seger. Kalian tau sendiri lah, sebagai ibukota Jawa Tengah, kota Semarang memang terkenal sebagai kota besar yang udaranya lumayan panas. Karena udah lumayan kenyang, akhirnya aku mutusin buat cari Es Dawet. Kalian pasti udah pada tahu donk ya kalo minuman yang satu ini mang menjadi khas di Jawa Tengah. Nah, mumpung lagi ada di kawasan Kota Tua Semarang, aku mau cariin salah satu penjual es dawet favorit aku, yaitu Es Dawet Pak Ahmad.

Es Dawet Pak Ahmad ini memang legendaris banget guys, meskipun begitu beliau biasanya berjualan hanya dengan menggunakan gerobak dorong berwarna hijau dan ada ciri khas gentongnya yang menggantung. Biasanya beliau mangkal di Jalan Karangsaru atau pas di depan pabrik rokok pompa mulai jam 10 pagi sampe jam 3 sore atau kadang sampe habis. Meskipun gerobaknya sederhana, tapi pembelinya banyak banget guys, sampe mereka rela antri.

Video by gondhez broz

Konon es dawet ini dimiliki oleh kakek dari Pak Ahmad, yaitu Mbah Busron yang biasanya mangkal di kawasan Kampung Kali. Meskipun hanya menggunakan gerobak kecil, tapi es dawet ini udah punya sekitar 6 cabang di kota Semarang. Jadi gerobak ini udah jadi ciri khasnya gitu guys katanya.

es dawet durian pak ahmad

Lalu, apa sih bedanya es dawet ini dengan es dawet lainnya? Yang aku suka dari es dawet ini adalah adanya durian didalamnya. Isi dari es dawet ini adalah dawet yang terbuat dari tepung maizena yang direbus hingga berbentuk seperti mie dan kenyal seperti agar-agar. Terus juga ada satu biji durian yang di berselimutkan daging durian tebal ditaruh di mangkok bakso, kemudian diberi es serut hingga menutupi dawet. Terakhir, diberi santan dan gula merah cair yang disiram diatasnya. Gula merahnya pun terbuat dari kelapa yang khusus didatangkan dari Kebumen, jadi rasa manisnya alami.

es dawet durian pak ahmad

Tampilan dawet ini unik lho guys, warnanya bening tanpa menggunakan bahan pewarna. Kalo biasanya dawet dipotong pendek-pendek, nah ini dawetnya panjang-panjang mirip mie gitu. Durian yang digunakan pun katanya didatangkan langsung dari Jepara yang memang terkenal akan rasa manisnya dan warnanya yang kuning keemasan.

es dawet durian pak ahmad

Ngga perlu berlama-lama lagi, aku pun langsung mencicipinya. Sluuurrppp.... Rasanya seger banget! Rasa santannya dominan dan rasa manisnya juga lembut banget, ngga terlalu mencolok. Pas banget kalo dikombinasikan dengan santan dan es serutnya tadi. Cocok banget nih buat kalian yang ngga doyan minuman yang terlalu manis.

es dawet durian pak ahmad

Dan aku pun langsung mencicipi duriannya yang bikin ngiler daritadi. Aku pun kaget, rasa durian ini manis banget dan memberikan sensasi yang berbada saat dicampur dengan kuah dawet tadi. Bener-bener perpaduan yang perfect. Apalagi daging dari durian tadi tebel dan lembut banget. Untung banget kesininya pas musim durian, jadinya bisa makan durian yang enak banget ini. Soalnya kalo pas lagi ngga musim, kalian ngga bisa menikmati es dawet yang dicampur dengan durian. Jadi cuma dawet biasa aja deh. Harganya pun ngga mahal kok guys, kisaran 6 ribu sampe 10 ribuan per porsinya.

Secara keseluruhan, es ini wajib banget kalian coba saat kalian berkunjung ke Semarang. Cocok banget deh buat melepas dahaga kalian ditengah panasnya kota Semarang.

es dawet durian pak ahmad


SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY