Menikmati Sajian Legendaris Sejak Zaman Kemerdekaan di Kupat Tahu Pojok Magelang

kupat tahu pojok magelang

Deblah | Sightseeing
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
21 Jan 2019


Menikmati Sajian Legendaris Sejak Zaman Kemerdekaan di Kupat Tahu Pojok Magelang
Yang selalu dicari kalau ke Magelang, Kupat Tahu Pojok Magelang! Enak dan nggak pernah bisa lupa sama rasanya!

Weekend kemarin lagi main ke Magelang, kerumah saudara lagi. Emang anaknya nggak betahan banget kalau harus dirumah melulu hehehe. Sebenarnya lagi ada acara di sana sih tapi begitu acaranya selesai kami diajak makan kupat tahu khas Semarang itu. Walaupun sekarang sudah mulai menjamur penjual kupat tahu di Semarang, tapi tetap ini yang terkenal dan rasanya nggak bisa dibohongi.

lokasi kupat tahu pojok magelang
Namanya adalah Kupat Tahu Pojok atau biasa disebut dengan Tahu Pojok Magelang. Mungkin sudah banyak yang tidak asing dengan kalimat tersebut. Iya kedai Kupat Tahu Pojok ini sudah sangat terkenal dan merupakan makanan khas Magelang yang legendaris. Buka sejak tahun 1942 dari jaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang pengunjungnya masih sangat ramai, untuk itu rasa makanannya tidak perlu diragukan lagi. Dulu penjualnya menjajakan dagangannya dengan cara menggunakan gerobak dan berkeliling di area Alun-alun Magelang. Lalu akhirnya mempunyai kedai di pojokan, namun sekarang sudah mendapat tempat yang pasti di Jl. Tentara Pelajar No. 14.

lokasi kupat tahu pojok magelang
Yang membuat kedai ini tidak pernah sepi sampai sekarang karena resep yang digunakan sangat dijaga turun temurun, selain itu kualitas bahan pokoknya juga sangat di perhatikan. Bagaimana tidak, untuk menjaga minat pengunjung, pemiliknya menggunakan tahu khusus yang di pesan di pabrik yang mana tahu tersebut tidak dijual di toko lain maupun supermarket, jadi khusus untuk kedai Kupat Tahu Pojok ini saja. Wahhh totalitas sekali ya! Selain tahu, bumbu kacangnya juga diolah secara khusus sehingga menghasilkan citarasa yang khas dan sulit ditemukan di tempat lain.

kupat tahu pojok magelang
Kalau kalian masuk di kedainya kalian akan melihat beberapa pigura yang digantung. Foto di pigura tersebut merupakan tokoh-tokoh yang terkenal mulai dari artis, menteri, hingga mantan Presiden Indonesia. Iya, konon katanya Pak SBY sangat suka makan di kedai ini jadi kalau beliau ke Magelang selalu menyempatkan makan disini. Setelah masuk kalian bisa memilih tempat duduk sesuka kalian. Meskipun sangat terkenal dan banyak peminatnya, namun kedai ini masih sederhana dan tidak mewah. Mirip depot-depot pada umumnya lah, tapi nyaman kok untuk makan disana!

kupat tahu pojok magelang
Kemarin kami ber-lima jadi ya pesan 5 porsi dong. Kalau kalian mau pedas bisa bilang saja kepada penjualnya. Disini tahunya digoreng mengguankan tungku arang, jadi lebih sedap saja rasanya. Setelah tahunya berwarna kuning kecoklatan barulah tahu diangkat karena sudah matang dan dipotong dadu. Tentu saja sebelum disajikan diatas piring, pertama siapkan dulu potongan ketupat diatas piring, selanjutnya berikan irisan tahu, tauge dan kol rebus, dan terakhir disiram dengan kuah kacang cair yang berwarna kecoklatan, eitss jangan lupa tambahkan taburan bawang goreng biar lebih sedap!

kupat tahu pojok magelang
Satu porsi kupat tahu sudah siap disantap di depan mata. Untuk porsinya menurut aku pas, nggak terlalu sedikit dan nggak terlalu banyak. Yang paling aku suka disini adalah tahunya. Benar, rasanya tahunya seperti fresh dan lembut banget di mulut. Ditambah kuah kacangnya yang sangat cocok dipadukan dengan komponen kupat dan tahu yang masih hangat ini. Jangan lupa tambah kerupuk biar makin rame.

Untuk minumannya kalian bisa memilih mau es dawet, wedang ronde, sekoteng, dan minuman lainnya seperti es jeruk atau es teh juga ada. Aku kemarin sih pesen dawet karena lagi pengen yang manis-manis. Nah untuk harga kalian nggak perlu khawatir kok, dijamin murah dan enak satu orang <30.000 saja kok. Gimana penasaran sama enaknya Kupat Tahu Pojok Magelang? Yuk cobainn!

Opening Hours
09:00 - 20:30
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.