Sajian Garang Asem H. Masduki yang Berkuah Hitam ini Pasti Bikin Kamu Penasaran!

garang asem h. masduki

kenzie | Sightseeing
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia | halal
17 Jan 2019


Sajian Garang Asem H. Masduki yang Berkuah Hitam ini Pasti Bikin Kamu Penasaran!
Nggak pernah terlewat kalau ke Pekalongan, Garang Asem H Masduki selalu jadi yang pertama kuingat!

Jarang banget nulis review nih gue, saatnya untuk mereview kuliner lagi! Jadi kemarin gue lagi ada acara sama temen di Pekalongan, nah singkat cerita gue besoknya diajak mencoba salah satu makanan yang cukup terkenal di Pekalongan. Sebenernya gue nggak terlalu excited sih sama makanannya, soalnya mau diajak makan garang asem. Tapi katanya garang asem disini beda dari yang lain, okelah mendengar itu gue langsung penasaran dan berangkat!

lokasi garang asem h. masduki
Hanya butuh 10 menit saja dari rumah temen, kami sudah sampai di tempat makannya. Namanya adalah Garang Asem H. Masduki. Lokasinya berada di dekat alun-alun kota Pekalongan jadi cukup mudah untuk mencarinya. Dari namanya sudah jelas bahwa disini menjual garang asem. Buat kalian yang belum tau garang asem, itu lo makanan yang biasa dibuat dari daging ayam ataupun daging sapi, yang rasanya tentu saja dominan asem segar.

garang asem h. masduki
Setelah sampai kami ber empat langsung masuk dan mencari tempat duduk. Dilihat dari tempatnya cukup luas dan menyediakan banyak meja, jadi mampu menampung banyak pengunjung lah ya. Tempatnya luas dan nyaman banget. Disini nggak hanya jual garang asem saja kok guys, jadi ada beberpa menu lain seperti nasi rendang, nasi otak, nasi tengiri, nasi cumi, dan masih ada lagi. Kalau dilihat dari harganya masih oke karena hanya berkisar mulai 6.000 hingga 25.000 saja.

garang asem h. masduki
Kemarin gue coba pesan garang asem daging sapi, dan temanku pesan menu yang berbeda-beda. Setelah menunggu beberapa menit makanan yang kami pesan sudah siap diatas meja. Pertama gue kaget sih sama penampilan si garang asem ini. Kalau biasa kita lihat garang asem dimasak dengan dibungkus menggunakan daun pisang dan kuahnya hanya sedikit dan berwarna kuning pucat serta ditambah irisan blimbing wuluh, lah yang ini beda! Garang asemnya warna item masa, mirip banget kayak rawon. Sampai gue tanyain ke temen gue nggak salah nih menu yang ditaruh? Dan temen gue jawab, ya itu yang membuat garang asem disini itu beda, kuahnya! Ternyata kuah garang asem disini memang dimasak menggunakan kluwek yang biasa buat masak rawon itu, makanya kuahnya berwarna hitam.

garang asem h. masduki
Karena penasaran sama rasanya langsung gue cobain si garang asem sapi ini. Pertama nyobain kuahnya dan emang mirip kuah rawon, bedanya diacenderung light daripada rawon dan lebih asem. Tapi untuk menu garang asem menurut gue asemnya kurang, karena gue juga sama sekali nggak nemu potongan blimbing luwihnya di dalem. Isian dagingnya sendiri cukup banyak dan ada satu telur rebus yang berwarna coklat. Kalau dimakan bareng nasi pas banget sih dan dagingnya juga empuk nggak alot. Oiya disini nasinya menggunakan nasi megono, itu lo nasi yang dicampur dengan nangka yang sudah dimasak.

menu garang asem h. masduki
Gue sempet nyobain garang asem ayamnya, dan untuk garang asem ayam ini kuahnya berbeda dari yang tadi, ini baru mirip garang asem pada umumnya. Ayamnya menggunakan ayam kampung jadi terasa lebih sedap. Meskipun menggunakan ayam kampung, ayamnya nggak alot sama sekali. Kalau dibanding yang garang asem sapi tadi sih jujur gue lebih suka sama yang ayam. Dan akhirnya gue memutuskan pesen satu lagi garang asem ayamnya.

sajian garang asem h. masduki
Menu yang lainnya juga nggak kalah menarik, gue lihatin nasi rendang si Aldo juga terlihat menggoda bumbunya. Tapi gue nggak nyobain karena udah terlalu asik sama menu yang gue pesen sendiri hehe. Nah segitu dulu review dari gue guys, kalau ke Pekalongan jangan lupa mampir ke Garang Asem H. Masduki!

Opening Hours
07:00 - 22:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY