Sate Lamongan Jaya Agung, Melegenda Di Jakarta Sejak 1963

sate lamongan jaya agung

kartikaputri | Sightseeing
Jakarta Pusat, Dki Jakarta, Indonesia | halal
15 Jan 2019


Sate Lamongan Jaya Agung, Melegenda Di Jakarta Sejak 1963
Nggak perlu jauh jauh ke Lamongan, Jakarta punya Sate Lamongan yang enak dan terkenal. Sate Lamongan Jaya Agung! Pecinta sate pasti tahu tempatnya!

Lama ngga kulineran, akhirnya gue pun iseng jalan-jalan ke daerah Menteng, Jakarta Pusat buat kulineran bareng sama cowok gue. Dia bilang sih di daerah sini ada penjual sate yang enak banget dan udah legend. Kebetulan juga gue udah lama ngga makan sate jadinya gue langsung excited banget pas dia ngajakin gue kulineran kesana. Anyway, nama tempatnya adalah Sate Lamongan Jaya Agung. Udah pada tahu kan?

lokasi sate lamongan jaya agung

Sayangnya, meskipun sate ini udah eksis sejak jaman bokap nyokap gue, tapi gue baru pertama kali ini nyobain dan gue langsung nyesel kenapa ngga dari dulu aja gue nyobain makan disini. So, buat kalian yang mau kesini, warung sate ini ada di Jalan KH Wahid Hasyim no 56 C, Menteng, Jakarta Pusat. Memang sih lokasinya ada di pinggir jalan, tapi pembelinya ngga pernah sepi lho! Ngga susah kok buat cari warung ini, soalnya lokasinya ada dipinggir jalan dan ada tulisan yang lumayan gede. Warung ini buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai jam 24.00.

lokasi sate lamongan jaya agung

sate lamongan jaya agung

Sate Lamongan Jaya Agung atau sering juga disebut sebagai Sate Sabang ini udah berdiri sejak tahun 1963. Pemiliknya adalah orang Lamongan asli, jadi selain memperkenalkan sate Lamongan beliau juga memperkenalkan soto Lamongan di Jakarta. Jadi, pada tahun 1963 beliau membuka kedainya dan menjajakan berbagai olahan kambing seperti sate kambing dan rawon khas Jawa Timur.

Gue pun langsung pesen sate kambing karena menurut cowok gue sate kambing disini adalah yang terbaik. Tapi kalo kalian ngga doyan kambing, kalian bisa pesen sate ayam aja. Harga per porsinya pun cukup terjangkau, untuk seporsi Sate Kambingnya seharga Rp 57.000 dan sate ayamnya seharga Rp 27.000 per porsinya. Jangan lupa buat ditambah nasi atau lontong ya guys, biar makin kenyang.

sate lamongan jaya agung
Ohya, warung sate ini menyajikan sate dengan daging pilihan lho guys. Salah satunya pada pemilihan daging kambing yang dibuat sate ini, ternyata ngga semua daging diambil lho. Ada bagian tertentu dari kambing ini yang diambil sehingga teksturnya lembut dan ngga bau kambing. Ditambah lagi bumbu satenya yang punya cita rasa khas karena merupakan perpaduan dari kacang dan kecap yang bikin ketagihan.

menu sate lamongan jaya agung

Rasanya ngga usah ditanya lagi, udah pasti enak banget. Udah dagingnya empuk, ngga alot, bumbunya pun meresap ke dalam dagingnya. Apalagi bumbunya yang kental dan lezat ini, bikin pengen nambah nasi terus. Hahaha.. 

Sate ayamnya kata cowok gue juga ngga kalah enak. Daging ayamnya juga lembut dan potongannya gede. Bumbunya banyak, menurut gue sih penjual ini ngga pelit bumbu satenya.

sate lamongan jaya agung

Ada ciri khas yang dibawa dari Lamongan kesini adalah memadukan soto Lamongan dengan sate. Kalo biasanya sate dipadukan dengan rawon ataupun nasi goreng, nah kalo disini sama soto Lamongan yang itu guys. Bayangin deh gimana rasanya.

Overall, gue suka makan disini. Meskipun tempatnya sederhana, tapi jangan nilai dari luarnya guys. Rasa satenya enak banget. Ngga heran kalo banyak banget yang beli bahkan sampe rela ngantri. Menurut gue, ini adalah sate paling enak yang pernah gue cobain di Jakarta. Next time, pastinya gue bakal balik lagi buat nyobain menu lainnya yang ngga sempet gue cobain kemaren karena udah kekenyangan, seperti sate hati kambing. Kalo kalian suka jeroan, wajib banget cobain sate yang satu ini!

Video by OK Food NET.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY