Makan dengan Suasana Pedesaan di Resto Kampung Jawa Jogja

resto kampung jawa

Deblah | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
11 Jan 2019


Makan dengan Suasana Pedesaan di Resto Kampung Jawa Jogja
Makan ala pedesaan di Yogyakarta, Resto Kampung Jawa siap memanjakan kalian. Tempatnya yang unik dan makanannya yang enak bikin resto ini wajib didatengin!

Udah habis liburan nihhh kalian pada kemana aja temen-temen? Kalau aku sih masih main deket-deket aja, itupun cuma ke rumah tante hehehe (kasian bgt yah). Tapi nggak masalah sih kalau buat aku, yang penting keluar rumah udah senenggg. Nah waktu hari pertama datang di Jogja aku langsung bilang ke tante kalau pengen nyobain makan di Kampung Jawa. Itu loh tempat makan yang lagi hits banget di Instagram. Kenapa aku pengen banget kesana karena di Instagram-nya pun fotonya cantik-cantik, dan tempatnya itu antimainstream banget.

lokasi resto kampung jawa
Kami menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari rumah, jadi kami berangkat sekitar jam 4 sore. Jadi disana biar bisa menikmati pas masih cerah dan malam hari. Untuk lokasniya, Kampung Jawa ini berada di Jl. Watugede, Ngaglik, Sleman. Sangat mudah untuk mencarinya tinggal berbekal maps dan sampailah di lokasi. Karena tante aku udah pernah kesini jadi nggak perlu deh pakai google maps. Oh iya jadi Kampung Jawa ini lokasinya bersebrangan dengan Kepiting Cak Gundul, iya tempat makan seafood yang terkenal itu.

resto kampung jawa
Kalau dilihat tempatnya cukup gede sih dari luar si Kampung Jawa ini, di depannya ada tulisan “Kampung Jawa” yang cukup gede dengan font yang jawa banget. Dari bangunannya masih kental banget jawanya, seperti rumah joglo dan dindingnya masih terbuat dari batu bata yang tidak di cat, jadi sederhana banget kesannya tapi tetap megah. Setelah masuk kalian bisa memilih tempat duduk mau indoor atau outdoor. Kalau aku sih milih yang outdoor ya karena tujuan aku emang mau foto gemes hahaha.

resto kampung jawa menu
Tapi memang di Kampung Jawa ini lebih banyak menyediakan tempat indoor, karena biar berasa banget “kampungnya”. Outdoornya disini kalian bisa menjumpai seperti taman dengan rerumputan yang hijau dan diatasnya disediakan kursi-kursi cantik warna-warni yang terbuat dari ban. Wahh kreatif banget ya memang. Diatas ban bekasnya diberi semcam bantalan empuk untuk duduk. Memang sekilas kalau dilihat mirip cafe-cafe yang banyak dijumpai di Bali. Kemarin aku datang nggak begitu ramai mungkin karena bukan waktunya jam makan ya, nggak tau deh kalau nanti malem.

resto kampung jawa
Setelah dapat tempat duduk kami ber 4 bergiliran untuk mengambil makan, karena disini prosesnya pras manan jadi kalian bisa ambil sendiri makanan yang mau kalian coba. Bisa dilihat diatas meja sudah tersedia berbagai macam lauk yang menggugah selera. Karena namanya Kampung Jawa, jadi makanan disini pun bukan seperti makanan resto ya, melainkan persis deh kayak makanan rumahan. Ini aku sebutin beberapa lauknya, ada pepes ikan, terong balado, sate usus, tempe dan tahu bacem, mangut lele (lele goreng yang disiram bumbu rempah kuning), dan masih banyak lagi karena nggak mungkin aku sebutin. Untuk pilihan nasinya sendiri ada tiga macam, mulai dari nasi merah, nasi putih, dan nasi jagung. Oh iya, disini piringanya masih menggunakan piring enamel, itu lo piring yang terbuat dari seng dengan motif corak bunga.

resto kampung jawa
Karena udah lama nggak makan nasi jagung, jadi kemarin aku ambil sedikit nasi jagung di campur dengan nasi merah. Aku pilih lauknya menggunakan terong balado, tahu bacem, sayur sop, dan kerupuk. Nggak lupa tambah sate telur puyuh dan sate usus. Setelah ambil langsung duduk deh di meja yang tadi. Kalau saudara aku pesennya juga beda-beda sesuai selera masing-masing. Selain memilih masakan yang sudah disajikan matang, kalian juga bisa pesan bakmi goreng/godog langsung kepada pelayannya karena akan dimasakkan terlebih dahulu.

resto kampung jawa
Pertama aku cobain terong baladonya, potongan terongnya cukup besar dan bumbunya cukup pedes kalau menurut aku. Sayur sopnya juga enak, mirip buatan mama hahaa. Memang keseluruhan rasa makanan disini seperti masakan rumahan, tapi yang bikin beda suasananya itu loh, ademm banget. Apalagi ditambah iringan musik keroncong yang jawa banget itu. Untuk esnya aku nyobain es kolang-kaling dengan sirup warna hijau rasa lemon. Rasanya segerr.

resto kampung jawa

resto kampung jawa
Ternayata benar semakin malam semakin ramai apalagi pas jam makan malam begini. Tamannya dihiasi lampu berwarna kuning yang membuat dilihatnya semakin cantik. Nah gimana sudah penasaran? Kalau ke Jogja jangan lupa deh cobain makan di Kampung Jawa ini suasananya nyaman bangett!

 

Opening Hours
08:00 - 23:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY