Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Nasi Ayam Terenak di Bali?

kuliner di bali

saqr | Sightseeing
Gianyar, Bali, Indonesia | halal
09 Jan 2019


Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku, Nasi Ayam Terenak di Bali?
Nasi Ayam Kedewatan Bu mangku ini memiliki menu nasi ayam yang sangat lezat dan pastinya wajib di caba saat berada di Bali

Liburan sudah habiss saatnya bikin review yang banyakk. Jadi liburan kemarin aku sekeluarga lagi main-main ke Bali, nggak lama sih tapi setidaknya puas lahh. Hari itu begitu sampai bandara kami udah kelaperan banget kan, sebelum menuju ke hotel untuk check in kami memutuskan untuk makan siang dulu. Karena kebetulan banget hotel yang mau aku tinggalin ada di daerah Ubud, pas banget nemuin makanan rekomended ini dari google. Oke thanks google! Hahaa.

kuliner di bali
Nama restauran yang mau aku kunjungi adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Sesuai dengan namanya, resto ini lokasinya berada di Jl. Raya Kedewatan No. 18, Ubud. Cukup mudah untuk mencarinya karena resto ini sudah sangat terkenal dan katanya sih resto terenak untuk makan nasi ayam di Bali. Nasi ayam yang dimaksud disini adalah nasi campur ayam ya, bukan nasi lalapan ayam hehe.

kuliner di bali
Tempat makannya bisa dibilang luas dan nyaman sih menurut aku. Dengan suasana khas bali yang kental menambah suasana semakin enak untuk makan disini. Disini ada dua jenis meja, jadi kalian bisa pilih mau duduk di kursi atau mau lesehan. Kalau aku sih lebih suka yang di lesehan karena tempatnya di gazebo gitu, cocok banget buat makan bareng keluarga. Kemarin aku datang pas jam makan siang jadi tempatnya rame banyak orang yang makan.

kuliner di bali
Menu yang dijual disini ya Cuma nasi campur ayam saja, tapi meskipun begitu tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Jadi setelah datang kalian bisa langsung mencari tempat duduk dan memesan makanan. Disini kalian bisa piliha mau nasinya dicampur dengan lauk sekaligus ataupun lauknya di pisah. Kalau aku sih lebih suka di campur, tapi beda dengan mamaku yang lebih suka di pisah. Untuk minuman disini ya seperti resto lain lah, ada juga tersedia aneka jus buah segar.

nasi ayam kedewatan bu mangku
Karena yang makan cukup banyak jadi kami harus sabar menunggu beberapa menit. Sekitar 20 menit makanan yang kami pesan sudah siap diatas meja. Satu porsi nasi campur ayam ini berisi ayam masak bumbu bali, setengah butir telur rebus bumbu bali, ayam suwir, sedikit kacang tanah goreng, ati ampela, lawar (bisa dibilang mirip urap-urap, isinya ada kacang panjang, tauge, dan sambal kelapa parut), sate lilit khas bali, sambal pedas, dan terakhir nasi disisram dengan kuah berbumbu biar makin sedap. Oke kalian kalau lihat gambarnya aja udah pasti ngiler.

nasi ayam kedewatan bu mangku
Setelah udah siap di depan mata malah akunya nih yang bingung mau makan yang mana dulu. Oke aku memutuskan untuk nyobain ayamnya dulu. Ayamnya menggunakan ayam kampung jadi teksturnya lebih alot, tapi alot enak ya dan sedeppp banget bumbunya meresap sampai kedalam daging. Selanjutnya paling enak makan dicampur sama semua komponennya. Lawarnya ini juga enak banget, sayurnya masih kerasa fresh dan krenyess. Semua bumbu masakannya pas dan meresap sempurna. Yang bikin nagih nihh sambelnya! Sambelnya pedesss juara! Enakk banget, pas dicampur dengan semua lauknya. Kacangnya juga memberi tesktur saat di dalam mulut. Fix sih ini nasi campur ayam terenak yang pernah aku cobainn!

nasi ayam kedewatan bu mangku
Setelah makan yang enak gini paling pas kalau minum yang seger-seger. Kemarin aku pesen kelapa muda dan jus jeruk biar tenggorokan jadi legaa. Untuk harga makanan disini masih bisa dibilang terjangkau kok, per orang < 50.000 saja. Menyenangkan bukan? Udah makanannya enak, tempatnya bagus dan harganya juga ramah di kantong! Dan yang penting ini halal ya guyss, jadi buat kalian yang muslim bisa banget makan disini tanpa perlu khawatir.

Opening Hours
08:00 - 19:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY