Ketagihan Soto Madura H Ngatijo, Kuliner Jawa Timur yang Lezat

soto madura h ngatijo

stella | Sightseeing
Jakarta Pusat, Dki Jakarta, Indonesia | halal
09 Jan 2019


Ketagihan Soto Madura H Ngatijo, Kuliner Jawa Timur yang Lezat
Soto madura yang satu ini memang sangat lezat dan bumbu soto maduranya yang khas memmbuat saya ketagihan untuk memakannya! Nah inilah kelezatan Soto Madura H Ngatijo!

Siapa sih yang suka Soto? Kuliner khas Jawa Timur ini memang udah melegenda sejak jaman dulu kala. Bisa dibilang, soto Madura ini adalah salah satu makanan favorit gue meskipun gue bukan orang Jawa Timur, tapi makanan ini berasa cocok aja gitu di lidah gue. Nah, salah satu warung soto favorit gue adalah Soto Madura H Ngatidjo yang berlokasi di Jalan Biak no 58A, Gambir, Jakarta Pusat.

soto madura h ngatijo

Sebenernya pertama kali makan disini udah dulu banget pas jaman gue masih sekolah dan soto ini adalah favorit bokap gue dimana sejak kecil gue sering diajakin buat makan disini. Katanya sih, warung soto ini awalnya cuma gerobak kaki lima yang sering digusur, lalu pemiliknya pun membuka warung ini di sebuah ruko hanya dengan lima orang pegawai tapi sekarang udah punya puluhan pegawai.

Karena udah lumayan lama ngga makan disana, akhirnya kemarin gue mutusin buat makan kesana. Gue berangkat agak pagian biar ngga terlalu ngantri pas disana soalnya kalo pas jam makan siang warung ini suka dipadati pengunjung. 

Anyway, warung soto ini sebenernya sederhana, tapi rasanya yang lezat dan khas inilah yang bikin orang-orang suka banget sama soto ini, sampe rela ngantri. Cita rasa dari soto ini memang khas Jawa Timur banget guys, mungkin ini yang jadi daya tarik tersendiri di tengah kota Jakarta soalnya biasanya di Jakarta banyak banget penjual soto Betawi. Ngga heran, meskipun sekarang udah dikelola oleh anak-anak dari H Ngatidjo, soto ini masih ramai dikunjungi penggemarnya. Dan memang rasanya ngga pernah berubah.

Sesampainya disana, gue langsung pesen satu porsi soto pake nasi. Pas banget, cuaca Jakarta lagi mendung dan gerimis romantis, jadi cocok kalo makan semangkok soto hangat ini. Tampilan dari soto ini selayaknya soto khas Jawa Timur pada umumnya yang kuahnya berwarna kuning-kuning ijo karena ditambah dengan dedaunan. Isiannya beberapa potong daging sapi dan telur ayam yang dipotong menjadi empat. Dalemnya sih minimalis banget menurut gue, tapi ini yang bikin enak.

soto madura h ngatijo

Pada sendokan pertama, langsung berasa banget gurihnya dari kuah soto ini. Meskipun kuahnya agak sedikit berminyak, tapi rasanya tetap lezat dan agak manis. Cocok banget buat kalian yang suka makanan manis. Apalagi potongan dagingnya yang lumayan banyak. Tekstur dari daging sapi ini pun cukup empuk ya, ngga keras gitu pas dikunyah. Biasanya sih, gue makan soto ini dipakein kecap yang banyak biar rasanya makin nikmat. Dan sambal juga pastinya.

soto madura h ngatijo

Harga seporsi soto daging ini sekitar 25 ribu rupiah, padahal dulu pas jaman gue masih sekolah harganya sekitar 16 ribu rupiah aja lho guys, hehehe.. Tapi ngga masalah sih soalnya dari dulu sampe sekarang rasa dari soto ini juga ngga berubah, tetep enak. Padahal udah lumayan lama banget gue ngga makan disini.

soto madura h ngatijo

Ohya, buat isiannya kalo misalnya kalian ngga suka daging sapi, kalian juga bisa kok pilih yang daging ayam. Atau kalo kalian doyan sama jeroan seperti babat, limpa ataupun usus, kalian juga bisa minta nambah sama penjualnya. 

soto madura h ngatijo

Nah, buat kalian yang lagi di Jakarta, ngga ada salahnya sih buat nyobain enaknya rasa soto Madura ini. Biar ngga melulu makan soto Betawi. Atau kalo kalian orang Jawa Timur dan lagi ada di Jakarta dan kangen makanan khas Jawa Timur, bisa langsung ke kawasan Roxy ini dan temukan langsung Soto Mdura H Ngatidjo yang lezatnya udah melegenda ini.

Video by Fetra Ardian

Opening Hours
07.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY