Kenyal dan Legitnya Lupis Mbah Satinem, Kudapan Tradisional yang Mulai Dilupakan

lupis mbah satinem

pian | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
08 Jan 2019


Kenyal dan Legitnya Lupis Mbah Satinem, Kudapan Tradisional yang Mulai Dilupakan
kenyal dan legitnya lupis ini menjadi kuliner tradisional yang enak!!! Yuk cobain Lupis Mbah Satinem!!!

Hari selanjutnya di Jogja aku masih mau nyobain kuliner yang belum pernah dicoba. Kali ini diajak nyari sarapan lupis. Sebenernya bukan sarapan sih ya, lebih ke jajan pagi. Tempat yang mau kami datangi adalah Lupis Mbah Satinem. Katanya lupis disana enak dan belinya sampai ngantri-ngantri dan Lupis Mbah Satinem ini sudah buka sejak tahun 1963 loh bahkan katanya Presiden ke- 2 Indonesia yaitu Pak Soeharto dulu sering makan disini, makin membuat saya penasaran , oke mari kita coba.

lupis mbah satinem
Lupis sendiri adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dan dibentuk lonjong menyerupai lontong, namun di beberapa daerah ada juga yang berbentuk segitiga mirip onigiri. Setelah matang lupis dipotong menggunakan seutas benang tujuannya agar rapi. Lalu diatasnya diberi juruh atau gula merah cair dengan parutan kelapa.

Untuk lokasi jualan Lupis Mbah Satinem ini berada di Jl. Bumijo, Jetis. Mbah Satinem ini berjualan di depan ruko dengan meja kecilnya dan kursi kecil untuk duduk di bawah. Dulu Mbah Satinem berjualan dengan cara berkeliling di Jogja, dan mulai berangkat sejak pukul empat pagi hingga sore hari. Setiap harinya ia masak sejak pukul 00:00, dan memasak semua bahan-bahannya. Namun karena sekarang sudah berumur, Mbah Satinem memilih untuk berjualan ditempat saja ditemani dengan anaknya.

lupis mbah satinem
Kalau hari biasa, Mbah Satinem menghabiskan bahan sebanyak 8kg, tapi kalau hari Minggu dan sedang banyak pesanan ia bisa menghabiskan lebih dari 10kg. Waww cukup banyak ya! Nah tenang aja disini nggak hanya jual lupis, melainkan ada jajanan lain seperti ketan bubuk kedelai, cenil, gatot, dan tiwul. Untuk harga yang dipatok juga tidak mahal, seporsi hanya cukup merogoh 5.000 rupiah saja.

lupis mbah satinem
Mbah Satinem ini juga tidak terlalu memaksakan untuk berjualan setiap hari, kalau sedang tidak enak badan bahkan ketika daun pisangnya habis atau tidak menjupai di pasar ia akan libur untuk berjualan. Dan juga ketika bulan Ramadhan ia juga memutuskan untuk libur 1 bulan penuh. Jadi buat kalian yang mau mencicipi ini harus siap-siap aja deh alias untung-untungan. Tapi tenang aja kalau hari biasa Mbah Satinen jarang liburnya kok.

lupis mbah satinem
Tapi kalau kalian mau menikmati jajanan ini kalian harus bangun pagi-pagi sebelum kehabisan. Lupis Mbah Satinem ini sudah buka mulai pukul 06:00 – 08:00. Kemarin aku datang sekitar jam 7 pagi dan yang antri sudah lumayan. Setelah datang kalian akan mendapatkan nomor antrian. Nomor antrian digunakan agar semua yang mau beli urut jadi tidak menggerombol dan membuat bingung.

lupis mbah satinem
Kemarin aku pesan lupis campur dengan cenil, tiwul dan gatot. Bisa diliahat Mbah Satinem menyiapkan makanannya dengan berhati-hati sembari memotongi lupis. Oh ya, disini juga menerima pesanan lo, jadi nanti masing-masing jajanannya di tata diatas tampah berukuran sedang, harganya di bandrol sekitar 150 ribu.

Buat kalian yang mau makan disini langsung juga bisa, nanti disediakan kursi kecil untuk duduk. Setelah menunggu akhirnya lupis sudah samapi di tangan. Disajikan diatas daun pisang pincuk membuat satu porsi lupis ini penuh warna. Dari lupisnya sendiri yang berwarna hijau, cenil yang berwarna merah muda dan gula cair yang berwarna coklat merah serta taburan parutan kelapa membuat satu porsi ini terasa rame dan cantik.

lupis mbah satinem
Pertama aku coba lupisnya dulu. Rasanya pas dan kenyal, apalagi ditambah parutan kelapa jadi menambah tekstur dan rasa yang gurih. Untuk cenilnya juga enak, kenyal dan chewy banget. Perpaduan antara lupis dan cenil memang sangat memanjakan lidah. Apalagi mulai jarang kini dijumpai penjual jajanan tradisional seperti ini.

Jadi guys buat kalian yang penasaran dan ingin nyobain jajanan tradisional ini bisa banget deh datang ke Lupis Mbah Satinem ini. Dijamin doyan dan bikin pengen nambahhhh!

 

Opening Hours
06:00 - 08:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY