Sarapan di Madiun? Cobain Aja Nasi Pecel Godong Jati Bu Wik!

kuliner di madiun

sendi | Sightseeing
Madiun, Jawa Timur, Indonesia | halal
04 Jan 2019


Sarapan di Madiun? Cobain Aja Nasi Pecel Godong Jati Bu Wik!
Sarapan di Madiun emang paling pas kalo makan Nasi Pecel Godong Jati Bu Wik!

Liburan tahun baruan kemaren saya menghabiskan waktu buat pergi ke rumah nenek yang ada di Madiun. Kebetulan sekali saya sudah lama ngga pernah kesana dan mumpung liburan, akhirnya saya pun memutuskan untuk untuk ke Madiun saja dan kalo main ke Madiun, rasanya emang belum afdol kalo ngga makan pecel ya. Bisa dibilang, nasi pecel adalah salah satu makanan favorit saya karena selain harganya murah, makanan ini juga menyehatkan soalnya terdiri dari beragam sayuran segar yang kaya akan vitamin. Dan menurut beberapa saudara saya yang tinggal disini, pecel paling enak di Madiun adalah Nasi Pecel Godong Jati Bu Wik, tanpa pikir panjang berangkatlah saya kesana ditemani oleh saudara saya itu.

Beberapa waktu yang lalu saya mencicipi lezatnya Nasi Pecel Bledeg di Nganjuk, nah kali ini saya mau coba bandingkan kira-kira lebih enak mana sama nasi pecel Bu Wik ini. By the way, Nasi Pecel Godong Jati Bu Wik ini berlokasi di Jalan Duku, Kota Madiun atau kalo kalian bingung, Bu Wik ini biasanya mangkal di sebelah timur Lapangan Gulun. Beliau berjualan di trotoar jalan dengan bermodalkan meja kursi dan biasanya pecel diracik didalam mobil Espass hijau. Sangat sederhana. Rata-rata pembelinya pun warga sekitar Madiun yang sedang jogging atau berjalan-jalan disekitar lapangan.

kuliner di madiun

Kuliner ini diberi nama Nasi Pecel Godong Jati karena penyajiannya menggunakan alas daun jati yang modelnya dipincuk. Sama halnya dengan nasi pecel lainnya, nasi pecel ini terdiri dari nasi, sayuran seperti timun krai, lamtoro, daun kemangi, daun singkong dan kecambah yang kemudian disiram dengan bumbu pecel yang kental. Jangan lupa dikasih peyek dan tempe goreng tepung biar makin mantap. Oiya, pilihan lauk lainnya juga enak-enak lho guys, ada perkedel, telur, sate jeroan hingga ote-ote. 

kuliner di madiun

Untuk rasanya sendiri sih bisa dibilang beda ya sama Pecel Bledeg yang kemaren saya coba di Nganjuk. Bumbu pecel ini lebih kental dan rasanya lebih manis. Cocok banget kalo dimakan sama nasi dan campuran sayurannya. Apalagi kalo dimakan pas sarapan. Mantap banget lah pokoknya. Peyeknya juga terasa krispi banget dan ngga terlalu banyak kacangnya. Saya cobain pake lauk ote-ote kemaren dan enak banget rasanya. Ukurannya juga lumayan gede.

Sensasi unik yang saya rasakan saat menikmati seporsi nasi pecel ini adalah memegang pincukannya. Pincukannya yang berupa godong jati atau daun pohon jati ini terasa unik dan nyaman, lebih empuk yang kemudian berpadu dengan hangatnya nasi. Aromanya juga khas banget. Jarang banget sih saya menemukan kuliner yang disajikan menggunakan daun jati seperti ini, kebanyakan sih daun pisang soalnya.

nasi pecel godong jati bu wik

Kalo untuk harganya, kalian ngga usah khawatir bakal menguras kantong, soalnya murah banget. Seporsi nasi pecel dengan peyek dan tempe goreng ini harganya cuma 5 ribu saja. Kalo kalian mau nambah lauk, maka ada harga yang harus dibayarkan lagi dan harganya beragam tergantung dari lauk apa yang kalian pilih. Menurut saya sih, harga segini terlalu murah untuk seporsi kuliner khas dengan harga yang lezat ini. Pantes aja kalo penggemarnya banyak.

nasi pecel godong jati bu wik

So guys, saya sangat merekomendasikan kuliner ini untuk kalian cicipi saat berkunjung ke Kota Madiun. Selain karena harganya yang murah meriah dan rasanya yang lezat, kalian juga bisa merasakan sensasi makan dengan menggunakan alas daun jati.

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY