Ketan Intip, kuliner khas kota kecil di kaki Gunung Lawu

ketan intip magetan

vanihutagalung | Sightseeing
Magetan, Jawa Timur, Indonesia | halal
31 Dec 2018


Ketan Intip, kuliner khas kota kecil di kaki Gunung Lawu
Namanya ketan intip. Makanan tradisonal khas Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Hayoo tau Kabupaten Magetan ngga??? Jadi, Kabupaten Magetan adalah salah satu Kabupaten yang terletak di kaki Gunung Lawu lho guys, letaknya berbatasan dengan Kabupaten Karanganya

Awal mula sejarah makanan tradisonal ini adalah ketika pada tahun 2009 ada seorang warga Desa Taji Kecamatan Karas Kabupaten Magetan bernama Sukirno yang memutuskan untuk merantau ke Batam.  Setelah sekian lama menetap disana, beliau memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Desa Taji. Setelah kembali ke kampung halaman, beliau melihat bahwa mayoritas pekerjaan penduduk setempat adalah buruh tani yang tidak tetap pekerjaannya. Sehingga beliau berpikir keras untuk menciptakan suatu inovasi yang mampu menghasilkan pendapatan untuk bertahan hidup di desa. Dengan keuletan dan kekreatifan beliau, akhirnya beliau memutuskan untuk membuat suatu makanan yang belum ada di desa tersebut bahkan di Kabupaten Magetan sendiri yang beliau namai “Ketan Intip”.

ketan intip magetan

Ketan intip bakar sendiri memilki rasa yang unik, perpaduan antara rasa manis yang berasal dari gula bubuk yang ditaburkan, rasa pahit yang berasal dari ketan yang dibakar, dan rasa asin dari kelapa dan bubuk kedelai. Cara penyajiannya pun cukup unik lho, guys. Bentuknya persegi panjang, dan ditumpuk seperti burger. Pada lapisan bawah terdapat ketan yang sudah dibakar yang dilapisi daun pisang, lalu ditaburkan bubuk kedelai, kelapa parut , dan gula bubuk lalu ditumpuk lagi dengan ketan yang sudah di bakar dan selanjutnya  di iris menjadi delapan bagian kecil.

ketan intip magetan

Teksturnya lembut dan rasanya sangat enak. Harganya pun sangat terjangkau guys, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000,- untuk merasakan sensasi nikmatnya ketan intip ini.

ketan intip magetan

ketan intip magetan

Selain menjual ketan intip bakar, beliau juga menjual makanan tradisional lain yang nggak kalah nikmatnya yaitu, Tahu Petis, guys. Tetapi, ketan intip bakar ini memiliki kekurangan guys yaitu adalah tidak tahan lama, sehingga hanya bisa langsung di makan habis saat itu juga. Besar keinginan aku untuk membelinya sebagai oleh-oleh tetapi nggak bisa karena nggak tahan lama sedangkan kelebihannya adalah rombongnya yang bersih, pelayanan yang cepat dan ramah sehingga membuat pembeli terutama aku pribadi merasa tidak kapok dan akan kembali untuk membeli lagi .

ketan intip magetan

At least, aku memberi rating 4.8/5 untuk makanan tradisional “KETAN INTIP” ini. Makanan tradisonal yang wajib dicoba dan dibeli kalau sedang berkunjung ke Kabupaten Magetan.

* Tips and Trik:

-       -Karena makanan ini sangat laris, saya menyarankan jika hendak membeli datang lebih awal ketika rombong baru buka.   karena kalau kemalaman pasti sudah habis.

-       -Kalau sudah membeli, langsung dihabiskan karena makanan ini tidak tahan lama.

 

Opening Hours
Rombong ketan intip Pak Kirno ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB sampai habis, jika sedang ramai rombong ketan intip bakar ini akan tutup pada pukul 20.00 WIB. Jika sedang musim lebaran, seringkali aku beli agak sedikit malam sekitar jam 18.30 dan
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY