Nasi Campur Bali Peneleh, Cita Rasa Bali Kini Ada Di Surabaya

nasi campur bali peneleh

stefan | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | non_halal
28 Dec 2018


Nasi Campur Bali Peneleh, Cita Rasa Bali Kini Ada Di Surabaya
Di surabaya tapi kangen dengan nasi campur bali? Nah mampir aja ke Nasi Campur Bali Peneleh!

Berawal dari kerinduan untuk menikmati masakan khas Bali, akhirnya gue mulai searching soal makanan Bali yang ada di Surabaya. Maklum lah, udah lama ngga liburan ke Bali akhirnya pengen banget nasi Bali yang khas banget itu. Setelah searching,ternyata di Surabaya ada beberapa rumah makan yang menyajikan makanan khas Bali seperti babi guling, nasi Bali hingga rujak kuah pindang dan salah satu tempat dimana kalian bisa menikmati nasi Bali, yaitu Depot Jepun Bali. Depot Jepun Bali ini berlokasi di Jalan Makam Peneleh no 30, Surabaya. Lokasinya deket banget sama Makam Peneleh dan langsung aja gue cabut kesana sendirian.

Video by AndreLagiApa?

Rumah makan ini ngga terlalu besar tapi cukup rame karena memang penggemar dari nasi Balinya banyak banget, wajar aja sih soalnya emang enak katanya. Ngga percaya? Yuk lah kita cobain sendiri. Meskipun tempatnya ngga terlalu besar, tapi parkirannya lumayan cukup guys buat motor, tapi kalo kalian berencana kesininya naik mobil, kalian bisa parkir di pinggir jalan. 

nasi campur bali peneleh

Rumah makan ini didominasi wara biru yang segar dan ada beberapa meja kursi kayu yang bisa digunakan untuk pengunjung. Meja kursi ini mungkin hanya cukup untuk memuat sekitar 20-30 orang. Gue pun langsung cari tempat duduk yang kosong terus pesen ke pelayannya yang lagi nganterin pesenan orang lain. Menu yang tersedia antara lain adalah Nasi Campur Babi, Nasi Ayam Betutu, Nasi Ayam Plecing dan Nasi Sudang Lepet. Karena kangen nasi Bali, gue pun pesen nasi campur babinya. Harga seporsi menu disini cukup terjangkau sih guys, mulai dari Rp 25.000an aja.

nasi campur bali peneleh

nasi campur bali peneleh

Ngga perlu nunggu lama lagi, akhirnya nasi campur pesenan gue udah dateng guys. Well, bisa dibilang porsi nasi ini ngga terlalu banyak ya buat ukuran cowok, apalagi emang porsi makan gue kayak kuli. Tapi, meskipun porsi nasinya yang sedikit tapi porsi lauknya banyak banget. Gue pun sempet mengamati bentar beberapa meja lainnya, rata-rata mereka nambah nasi soalnya emang porsinya sedikit. Tapi gue mutusin buat ngga ikutan nambah, biar ngga gendut. Hahaha..

nasi campur bali peneleh

Seperti nasi Bali pada umumnya, nasi ini pun juga pedes rasanya guys. Tapi kalian yang ngga suka pedes ngga udah khawatir soalnya sambalnya terpisah. Ohya, sambal ini sambal khas Bali guys, namanya sambal matah. Nasi Balinya terdiri dari nasi, sayuran, suwiran daging babi dan sate babi juga pastinya. Ditambah lagi ada kuah kaldu babi dan daging babi rebus yang disajikan di mangkok terpisah.

kuliner di surabaya

kuliner di surabaya

Biar makin mantap, gue campur nasi, suwiran daging babi, sayuran, sambal matah dan kuah dari kaldunya. Rasanya? Jangan ditanya lagi guys, enak banget maskipun berasa banget pedesnya. Bisa dibilang kuliner ini kaya akan rasa dan tekstur. Daging babi suwirnya digoreng renyah, lemaknya juga banyak banget, ini sih buat yang suka lemak, tapi kalo kalian ngga suka bisa kalian pinggirin. Apalagi kuah kaldunya, seger banget rasanya. Ditambah sama rasa sambal matahnya yang super pedes tapi bikin ketagihan. Rasanya bener-bener mirip sama nasi Bali yang ada di Bali sana. Tekstur daging babinya juga lembut banget guys, pas banget masaknya jadi ngga terlalu mentah ataupun terlalu matang. 

kuliner di surabaya

Dan bener ajaa, saat nasi gue udah beneran abis, tapi daging babi gue masih banyak dong. Akhirnya gue mutusin buat order satu porsi nasi lagi, soalnya sayang banget kuahnya juga masih banyak. So guys, buat kalian yang lagi ada di Surabaya dan kangen sama makanan Bali, jangan lupa buat mampir ke Depot Jepun Bali. Rumah makan ini buka setiap hari mulai jam 07.30 - 15.00.

kuliner di surabaya

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.