Legitnya Pisang Plenet Khas Semarang, Jajanan Enak yang Hampir Punah

pisang plenet khas semarang

nur | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | vegetarian
27 Dec 2018


Legitnya Pisang Plenet Khas Semarang, Jajanan Enak yang Hampir Punah
Enak nya Pisang Plenet Khas Semarang!!!

Kemarin lagi main-main ke Semarang nih karena gabut banget, mau liburan jauh tapi nggak keburu dapet tiket akhirnya main deket aja. Di Semarang juga hanya berkunjung ke saudara dan yang nggak boleh ketinggalan adalah wisata kuliner! Emang dasar anaknya doyan banget makan apalagi makanan khas kota-kota gitu. Yang mau aku review kali ini adalah makanan khas Semarang yang hampir punah, namanya adalah Pisang Plenet.

pisang plenet khas semarang
Pisang plenet bisa dibilang jajanan, jadi bukan makanan berat ya. Kenapa diberi nama pisang plenet karena pisangnya berbentuk pipih atau di penyet, nah orang Semarang nyebutnya “plenet”. Pisang plenet ini sendiri memang makanan khas Semarang yang sudah ada sejak dulu, namun sekarang mulai sedikit yang berjualan. Kata saudara aku sih yang paling terkenal atau yang gampang dijumpai ada 3 penjual pisang plenet. Yang pertama Pisang Plenet Pak Turdi, Pisang Plenet Pak Tuko, dan Pisang Plenet Pak Yuli. Nah yang aku cobain kemarin adalah Pisang Plenet Pak Yuli.

pisang plenet khas semarang
Untuk lokasi dari Pisang Plenet Pak Yuli ini berada di Jl. Gajahmada, biasanya orang-orang juga menyebut Pisang Plenet Pak Yuli ini dengan Pisang Plenet Gajahmada. Cukup mudah dicari lokasinya asalkan jeli ya, karena tempat berjualannya hanya dengan semacam gerobak kecil dan lampu penerangannya nggak begitu terang, ya mirip penjual keliling gitu lah. Di tendanya ada tulisan cukup mencolok “PISANG PLENET PAK YULI”.

pisang plenet khas semarang
Pisang Plenet Pak Yuli ini buka mulai pukul 17.00 – 00.00. Jadi cocok banget buat dijadiin tujuan kalau pengen nyemil malam. Bahan baku dari pisang plenet ini adalah pisang kepok, ituloh pisang yang biasa dibuat pisang goreng. Kenapa menggunakan pisang kepok karena rasanya enak dan memilik tekstur yang pas. Tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Pisang kepok yang digunakan tentu saja yang berwarna kuning atau yang sudah masak, sehingga rasanya manis dan tidak sepat.

pisang plenet khas semarang
Kemarin aku pesan 2 porsi, untuk rasanya kita bisa pilih sesuai selera. Ada yang selai nanas, coklat, kacang, kacang + coklat, keju, coklat + keju, dan yang terakhir adalah campur. Untuk harganya cukup murah berkisar 5.000 – 6.500 saja. Kemarin aku pesan yang rasa nanas campur dengan coklat keju, dan yang satunya lagi rasa coklat keju saja. Untuk coklatnya bukan coklat selai ya tapi pakai meses coklat.

pisang plenet khas semarang
Yang seru disni adalah kalian bisa lihat proses pembuatan pisang plenet ini. Pertama tentu saja pisang kepok di kupas, oh iya ukuran pisangnya menggunakan yang sedang jadi tidak terlalu besar. Setelah dikupas pisang dibakar diatas tungku yang menggunakan arang, jadi pisang terasa lebih kas ada gosong-gosongnya gitu. Pisang dibakar sampai matang berwarna coklat kekuningan dan ada sedikit warna hitam bekas bakaran. Nah kalau sudah begini tandanya pisang sudah matang, yang selanjutnya pisang di plenet diatas plastik menggunakan alat yang terbuat dari kayu. Setelah pisang sudah pipih barulah di dalamnya diisi rasa yang sudah kita pesan tadi. Dia kasih topingnya nggak pelit loh, cukup banyak dan pasti rasanya enak.

pisang plenet khas semarang
Setelah pisang plenet siap barulah disajikan diatas cawan beralaskan daun pisang. Aromanya sedap dan tampilannya cantik. Diatasnya diberi tambahan susu kental manis putih dan gula pasir halus. Pertama aku coba segigit yang rasa nanas hmmmm rasanya enakkk banget. Ada rasa legit dari pisang, gurih, dan rasa khas bakarannya. Sekilas rasanya mirip pisang bakar yang pernah aku beli di temmpat lain. Bedanya disini berbentuk pipih dan lebih lembek. Yapppp, aku suka!

pisang plenet khas semarang
Coklat kejunya juga enakk, parutan keju diatasnya juga nggak pelit jadi berasa banget. Kalau di banding sama yang nanas aku lebih suka yang coklat keju karena menurut aku lebih nampoll. Pulangnya aku nambah lagi 2 porsi buat nyemil dirumah karena emang enak. Nggak sia-sia deh nunggu pisang plenet ini, sudah enak murah pula.

Jadi kalau kalian penasaran bisa nih cobain pisang plenet kalau pas main ke Semarang. Rasanya enak dan dijamin nggak akan kecewaa! Selamat mencoba guyssss!

Opening Hours
17:00 - 00:00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.