Jenang Bu Gesti, Kuliner Enak di Pasar Lempuyangan!

jenang bu gesti

yura | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
20 Dec 2018


Jenang Bu Gesti, Kuliner Enak di Pasar Lempuyangan!
jenang bu gesti ini menjadi kuliner terkenal di Pasar Lempuyangan loh!

Kalau ke Yogyakarta, saya nggak mau ketinggalan buat nyobain kuliner maupun wisatanya. Berhubung pagi ini lagi ada didaerah Lempuyangan, langsung aja deh cari sarapan. Pagi pagi di kota orang tuh rasanya pengen jalan cari makaan aja dah wkwk.

Dari stasiun Lempuyangan, kami harus berjalan sekitar 10 menit untuk sampai di Pasar Lempuyangan. Yak, tujuan kuliner kali ini emang pengen mengitari Pasar Lempuyangan, yah kali aja nemu makanan yang bisa mengganjal perut di pagi hari.

Masih setengah jalan, temen yang asli Yogyakarta ada yang bilang kalau di Lempuyangan ada makanan enak dan terkenal, apalagi saat pagi hari. Namanya adalah Jenang Bu Gesti Lempuyangan. Mmm jadi makin penasaran deh pengen nyari, mumpung lagi di Pasar Lempuyangan, dan untungnya bukaaa.

jenang bu gesti

jenang bu gesti

Yap, di sisi selatan Pasar Lempuyangan, aku nemuin penjual jenang yang rame banget. Langsung feeling sih kalau yang rame itu adalah penjual jenang yang aku cari. Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini dulunya adalah usaha milik budhe dan ibunya, namun kini Bu Gesti lah yang meneruskan usahanya.

Jenang Bu Gesti Lempuyangan buka mulai pukul 8 pagi sampe pukul 10 an gitu. Yang bikin aku pensaran lagi dan pengen nyobain adalah, banyak yang bilang kalau Jenang Bu Gesti Lempuyangan adalah jenang langganan Sri Sultan Hamengkubuwono X alias gubernur Jogja, Pak presiden Soeharto, dan juga ibu Megawati lho. Sayang banget kan kalau saya ada di Lempuyangan tapi tak mencobanya.

jenang bu gesti

Nggak hanya satu jenis, ada cukup banyak menu jenang yang ditawarkan oleh Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini. Ada jenang cendil, yakni jenang yang terbuat dari beras ketan dan gula jawa. Ada jenang yang paling jadi favoritku nih disini. Yakni jenang sum sum. Yazz, jenang sum sum adalah jenang yang terbuat dari tepung beras juga. Ada jenang sum sum yang berwarna putih, ada juga yang berwarna kecoklatan. Kalau bubur sum sum mah saya suka sama semua variannya.

Ada juga jenang mutiara yang jadi favorit semua kalangan. Terbuat dari tepung kanji dan berbentuk lingkaran merah, jenang mutiara rasanya cukup familiar dimana-mana.

jenang bu gesti

jenang bu gesti

Kalian bisa bebas memesan atau rewuest mau isian jenang apa saja. Nah setelah kalian memilih jenang yang dipesan, langsung saja kuah santan dan gula mengguyur isian jenang yang ada. Bungkus daun pisang yang sangat hijau juga menjadi ciri khas dari Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini. Mm, nggak salah lagi deh, mampir ke Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini memang jadi hal yang sangat asyik di weekend pagi ini.

Untuk satu porsi komplit Jenang Bu Gesti Lempuyangan, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5000,- saja per porsi. Meskipun terkenal dengan rasanya yang enak, Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini tidak mematok harga yang mahal.  

Oh iya, karena pagi itu cukup ngantri untuk mendapatkan satu porsi bubur atau jenang ala Jenang Bu Gesti Lempuyangan, jadi pengunjung kudu cukup sabar ya. Ramainya Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini sih udah mencerminkan gimana legendarisnya dan gimana enaknya Jenang Bu Gesti Lempuyangan.

Setelah sarapan lezatnya Jenang Bu Gesti Lempuyangan, saatnya melanjutkan untuk keliling Yogyakarta. Btw, kalau kalian ada di daerah pasar Lempuyangan maupun Stasiun Lempuyangan, jangan lupa mampir ke Jenang Bu Gesti Lempuyangan ini ya, lumayan bisa sedikit mengisi perut di pagi hari.

Opening Hours
8 - 10 pagi
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.