Nasi Goreng Babat Pak Karmin, Kuliner Legend Semarang dengan Babat yang Berlimpah!

nasi goreng babat pak karmin

Deblah | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
20 Dec 2018


Nasi Goreng Babat Pak Karmin, Kuliner Legend Semarang dengan Babat yang Berlimpah!
Nasi Goreng Babat pak Karmin ini menjadii kuliner Legend di Semarang, apa lagi dengan Nasi Babat yang Lezat!!!

Hari Minggu kemarin barusan jalan-jalan ke Semarang nih. Selain menuju ke tempat wisata, ada yang nggak bolehh ketinggalan, kulineran contohnya. Yap, Semarang memang terkenal dengan lumpianya, tapi kali ini aku nggak mau makan itu ya karen sudah biasa dan sering. Yang mau aku review kulinernya kali ini adalah nasi goreng! Sekilas memang tidak menarik dan biasa saja, karena nasi goreng termasuk makanan yang gampang banget dicari dimana saja. Eitss tunggu dulu, tapi aku bukan mau review nasi goreng yang biasa saja, melainkan nasi goreng yang melegenda!

nasi goreng babat pak karmin
Nama warung nasi goreng ini adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Seusai dengan namanya warung ini menjual menu nasi goreng dengan daging babat, tapi tidak hanya itu disini juga ada menu seperti nasi babat gonso, nasi ayam gongso, dan nasi telur gongso. Warung Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini sudah buka sejak tahun 1970-an kebyang kan sudah lama buka hampir 50 tahun. Nama warung ini sendiri diambil dari nama pemiliknya, yaitu Karmin. Namun sekarang Pak Karmin tidak memasak pesanannya sendirian, melainkan anaknya juga ikut membantu. Tapi nggak perlu khawatir kalau rasanya berbeda, anaknya pun sudah lihai dalam memasak.

nasi goreng babat pak karmin
Untuk lokasi dari Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini berada di Jl. Pemuda, dekat jembatan Mberok Semarang, dan ada lagi cabangnya yang berada di Jl. MH. Thamrin. Kalau kemarin aku nyobain yang di Jl. Pemuda. Karena aslinya Pak Karmin ini berjualan disini. Kalau kalian datang kalian bakalan melihat warung yang masih sederhana, yang di depannya disediakan tenda terpal dengan meja dan kursi di bawahnya untuk pelanggan yang mau makan di tempat.

nasi goreng babat pak karmin

nasi goreng babat pak karmin
Rahasia kenapa warung Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini tidak pernah sepi pengunjung adalah rasa makanannya yang khas. Cara mengolah daging babatnya pun tidak asal-asalan. Pertama Pak Karmin mencuci babat hingga bersih dengan air yang mengalir, karena babat sangatlah berlemak jadi harus dicuci berkali-kali hingga bersih. Selesai dicuci barulah babat dipisahkan, mana babat yang masih mengandung daging dan mana babat yang kasar. Karena pengolahan jenis babatnya berbeda. Untuk babat yang mengandung daging hanya direbus selama kurang lebih 3 jam, sedangkan babat kasar direbus hingga 8 jam. Proses ini yang membuat babat akan menghasilkan tekstur yang pas untuk dicampur dengan nasi goreng. Oh iya kalau kalian mau pete bisa bilang kok, disini juga disediain pete, pasti mantab bangett kan.

nasi goreng babat pak karmin
Kemarin aku pesan nasi goreng babat dan nasi babat gongso untuk kawanku. Setelah pesan kalian bisa lihat proses memasaknya. Pertama panaskan wajan lalu masukan sedikit minyak dan babat, babat ditumis sebentar dengan ditekan-tekan, selajutnya dimasukan bumbu nasi goreng racikan Pak Karmin dan irisan bawang merah dan bawang putih, kalau mau pedas tinggal bilang aja. Kemarin aku pesen nasi goreng babatnya pedas dan bisa dilihat dia memasukan bumbu merah bercampur cabai cukup banyak. Setelah harum barulah nasi putih dimaskan dan dimasak sampai matang. Rahasia memasak nasi goreng babat ini adalah memasak dengan di tekan-tekan. Karena daging babat menyimpan banyak minyak, jadi kalau ditekan minyak tersebut bisa keluar dan tidak menggumpal di daging babat.

nasi goreng babat pak karmin
Kalau daging gongsonya dimasak dengan bumbu yang kental manis dan dimasak sampai sedikit berair (nyemek). Setelah semua menu matang saatnya untuk mencicipi makanan ini. Satu porsi nasi goreng babat ini disajikan dengan satu telor dadar yang kayaknya enak banget solanya kering gitu. Pertama aku coba nasinya terasa banget rempahnya, Cuma kurangnya kan aku pesen pedes tapi menurut aku pedesnya kurang, kalau yang suka pedes kayaknya pesennya bilang pedes banget pak gitu haha. Nah babatnya ini juara, empukkk, legit dan nggak amis. Enakkk bangett aku sukaa!

nasi goreng babat pak karmin


nasi goreng babat pak karmin
Aku juga nyoobain sedikit babat gongsonya, rasanya juga enak, bumbunya pas apalagi dimakan pakai nasi putih hangat dan sedikit telur dadar. Wah gila sihh ini makanannya enak bener. Sampai aku akhirnya pesen satu babat gongso untuk dibawa pulang karena enak hehehe.

Untuk harga kurang lebih nasi goreng ababt dan es teh dibandrol 30 ribu. Cukup worth it karena porsinya lumayan banyak dan babatnya juga nggak pelit. Jadi buat kalian yang mau nyobain kuliner di Semarang bisa nihh jadiin Nasi Goreng Babat Pak Karmin ini sebagai tujuan kuliner kalian. Selamat mencobaaaa!

Ada videonya nih guyss buka deh!

Opening Hours
08:00 - 22:30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY