Soto Otot Jimerto : Soto dengan Daging Berlimpah, Harga Murah!

soto otot jimerto

franky | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
19 Dec 2018


Soto Otot Jimerto : Soto dengan Daging Berlimpah, Harga Murah!
soto otot jimerto ini memiliki porsi yang besar dan potongan daging yang banyak!!!

Pagi hari memang paling enak sarapan yang berkuah dan bikin seger biar bikin semangat. Kemarin pagi karena lumayan senggang nggak di buru-buru kerjaan gue nyari sarapan yang sering banget gue kunjungi, tapi jadi jarang karena sibuk. Yak, gue mau kuliner soto! Emang kayaknya biasa aja sih soto pasti udah banyak yang ngerti rasanya gimana. Tapi yang ini beda, soto yang mau gue review ini isinya berisi daging urat, dan jeroan lainnya. Memang sekilas mirip dengan soto madura, tapi yang beda adalah kuahnya, disini kuahnya lebih seger gitu.

Soto ini namanya adalah Soto Otot Jimerto. Sesuai dengan namanya, lokasi berjualan soto ini berada di Jalan Jimerto No. 2, Ketabang. Cukup mudah untuk mencarinya, kalau ada warung tenda dengan gerobak ada tulisan “Soto Ayam Jimerto” dan banyak kerumunan nah itu tempatnya. Tapi kalau kalian masih bingung tenang aja juga bisa di cari pake gogle maps tulis aja “Soto Otot Jimerto” ikuti arahnya, maka sampailah kalian disana!

soto otot jimerto
Buka sejak tahun 1981, Soto Otot Jimerto kini sudah diurus oleh generasi ke 3 yang bernama Pak Tahar. Dulunya soto otot ini di jajakan dengan cara berkeliling menggunakan gerobak, tapi sekarang sudah menetap disini, jadi nggak perlu bingung lagi kalau mau makan soto enak ini.

soto otot jimerto
Dalam setiap harinya Pak Tahar menghabiskan 20kg campuran daging sapi dan jeroan. Pilihan jeroannya bermacam-macam mulai dari otot sapi yang jadi menu andalan, tulang muda, daging kissi, hingga babat sapi. Untuk kuahnya tentu saja kuning, cenderung keruh, dan sangat berkaldu. Dan kuah disini dipanaskan menggunakan arang, tujuannya agar menjjaga citarasa. Katanya sih kalau dipanaskan menggunakan kompor gas rasanya akan berubah. Mungkin ini yang jadi rahasia kenapa Soto Otot Jimerto ini ngga pernah sepi pengunjung. Meskipun tempatnya hanya sederhana dengan tenda dan beberapa kursi tapi pemminatnya sangat banyak. Terlihat orang yang rela ngantri padahal masih pagi. Bahkan ada yang duduk di pinggir jalan sambil bawa mangkok. Wah memang mantab Soto Otot Jimerto ini.

soto otot jimerto
Kemarin gue pesen tiga menu, yaitu 2 soto campur dan 1 soto daging kisi. Kalian bisa mengintip banyaknya daging yang ada, bener-bener bikin laper. Satu porsi soto disajikan diatas mangkuk, diatasnya diberi taburan seledri dan bawang goreng biar makin mantab, dan yang paling penting kuahnya masih panas, jadi enak banget pas dimakan.

Penjualnya juga nggak pelit ngasih dagingnya, jadi bisa puas banget. Pertama makan babatnya empukk banget dan bumbunya meresap. Yang urat sapinya juga enak, kenyal dan nggak alot, bikin nafsu makan tambah naikkk. Yang aku seneng juga kuahnya nggak eneg sama sekali, meskipun soto daging tapi kuahnya tetep seger dan berasa gurih kuah kaldu.

soto otot jimerto
Disini juga disediakan kecap, sambal, dan jeruk nipis seperti penjual soto pada umumnya. Kalau aku paling suka ditambahi dengan sambal, perasan jeruk nipis, dan sedikit kecap agar tidak merusak rasa. Kalau udah pas begini rasanya enakkk banget dimakan pakai nasi putih.

Kalau masalah harga kalian nggak perlu ragu harganya sangat bersahabat meskipun yang dijual soto daging. Satu porsi soto yang lengkap dengan nasi putih dan teh manis kurang lebih 20.000 aja. Karena kemarin pesen minumnya beda-beda jadi nggak tau deh harga pasnya berapa.

soto otot jimerto
Buat kalian arek-arek Suroboyo yang mau nyari sarapan enak bisa jadiin Soto Otot Jimerto sebagai tujuan. Eitss tapi usahakan datang pas baru buka atau dibawah jam 12 lah, soalnya disini rame bangett dan sering yang banyak kehabisan. Dan tipsnya sabar antri ya guyss! Selamat mencoba Soto Otot Jimerto, dijamin balik lagiii.

Opening Hours
06:00 - habis.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY