Makan Siang Ala Bangsawan Jogja di Sekar Kedhaton Restaurant

kuliner di jogja

lizbeth | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
18 Dec 2018


Makan Siang Ala Bangsawan Jogja di Sekar Kedhaton Restaurant
makan siang di Jogja dengan nuansa Bangsawan yang lekat pada bangunan Sekar Kedhaton Restaurant!!!

Setelah Minggu lalu aku mengulas tentang perjalanan kuliner aku di Solo dan mencicipi Sate Kambing Pak Manto dan Sate Mbak Tug, kali ini aku kembali mengulas tentang kuliner di Jogja. Pasti kalian udah pada tahu kalo Jogja emang surganya kuliner khas yang lezat tapi harganya juga murah. Nah, kali ini aku bakal mengulas tentang salah satu restoran yang lumayan terkenal di Jogja, yaitu Restoran Sekar Kedhaton. 

Sekar Kedhaton Restaurant

Ceritanya berawal dari keinginan ibuku buat makan-makan bareng keluarga buat rayain ulang tahun pernikahannya sama bapak. Kemudian, aku bantuin buat searching restoran mana yang cocok buat makan bareng keluarga dan ketemulah dengan restoran ini. Sebenernya, restoran ini udah lumayan lama, tapi memang keluarga kami baru kali ini makan disini.

Sekar Kedhaton Restaurant

Restoran yang beralamatkan di Jalan Tegal Gendu no 28, Kotagede ini mengusung konsep yang unik. Pengunjung yang dateng bakal menemukan kemewahan, kenyamanan dan keagungan budaya Jawa. Mulai dari hidangan, pelayanan, bangunan hingga dekorasinya punya unsur Jawa yang kental banget. Sesuai banget sama slogannya, yaitu “A Luxurious Touch of The Royal Javanese Majesty”, semua pengunjung yang dateng bakal dapet sajian kelas satu. 

Sekar Kedhaton Restaurant

Restoran ini menempati bangunan tua yang udah berdiri sejak tahun 1800an dan milik seorang pengusaha terkaya di Kotagede yang sukses. Bangunan ini memiliki perpaduan arsitektur Jawa, Tiongkok, Portugis dan juga Belanda. Ngga heran, kalian kalo dateng kesini bakal ngerasain atmosfer mewah khas bangsawan Jogja. Pelayanannya pun juga cukup unik, yaitu Rijsttafel Service yang merupakan layanan bersantap versi Belanda namun dengan menu makanan khas Indonesia. Menu makanannya pun beragam seperti Buntil pepaya, Udang Bakar Sate sapi. Selain itu, kalian juga bisa menikmati menu Ala Carte dengan menu Jawa, Asia dan Barat.

kuliner di jogja
Oiya, restoran ini punya dua lantai. Lantai pertama bangunan berfungsi sebagai restoran. Sementara di lantai dua ada lounge yang bisa digunakan untuk bersantai atau hangout bareng temen-temen atau keluarga. Di Lounge ini tersedia beraneka wine atau minuman lain yang bisa bikin suasana makin seru. Sementara disebelah lounge, ada penginapan eksklusif dengan tiga kamar yang bernuansa etnik Jawa dan kelihatannya nyaman banget. Kalian yang mau berlibur ke Jogja, bisa banget nih nginep disini.

kuliner di jogja

Aku kemarin pesen beberapa menu, seperti sop iga asam pedas, ikan asam pedas, ayam bakar dan tom yam gong. Bisa dibilang sih, porsi dari makanan disini lumayan gede dan emang cocok banget buat keluarga. Kalo ngomongin soal harga, banyak yang bilang makan disini agak sedikit pricey, tapi menurut aku sih masih worth to try karena memang makanannya enak dan tempatnya nyaman, apalagi pelayanannya ramah banget.

kuliner di jogja

Ngga cuma itu guys, kalo kalian tahu, Kotagede Jogja dikenal sebagai pengrajin perak. Nah, setelah selesai makan, kalian bisa mampir ke showroom Ansor Silver yang ada di Komplek Sekar Kedhaton. Disini, kalian ngga cuma bisa membeli kerajinan perak khas Kotagede, tapi kalian juga bisa lihat langsung proses pembuatan perak yang dilakukan oleh pengrajin perak. Seru banget kan? Sekalian wisata kuliner sambil belanja perak buat oleh-oleh keluarga di rumah.

Overall, kalo kalian berencana main ke Jogja dan pengen banget ngerasain gimana sih rasanya makan ala ala Bangsawan Keraton Jogja dengan suasana Jawa yang kental, jangan lupa buat mampir ke Restoran Sekar Kedhaton ya guys. Restoran ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampe jam 9 malam.

Video by eRayn3 TV

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY