Mau Makan Gudeg Enak di Surabaya? Gudeg Bu Har Solusinya!

gudeg bu har surabaya

chiwing | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
18 Dec 2018


Mau Makan Gudeg Enak di Surabaya? Gudeg Bu Har Solusinya!
Gudeg Bu Har memang enak!!! bikin ketagihan...

Kayaknya udah cukup lama nih aku nggak bikin review kuliner disini. Oke guys kali ini aku mau bikin review tentang gudeg yang ada di Surabaya. Kalau bicara tentang gudeg memang aslinya makanan khas daerah Jogja sana ya, tapi kalau mau makan gudeg di Surabaya aja gimana? Nih baca review aku sampai habis.

gudeg bu har surabaya
Aku pribadi salah satu penggemar gudeg, mau gudeg manis atau gudeg yang gurih. Nah yang sekarang mau aku review adalah Gudeg Bu Har yang lokasinya berada di Jl. Ps. Besar Wetan No. 1A, tempatnya cukup gampang di cari karena nggak masuk ke dalam gang-gang gitu. Atau kalau kalian bingung bisa pakai google maps tulis aja “Depot Gudeg Bu Har”.

gudeg bu har surabaya
Gudeg Bu Har ini salah satu tempat makan gudeg yang sering aku kunjungi. Jenis gudeg disini bukan gudeg yang manis legit kayak di Jogja gitu, melainkan gudeg gurih yang warnanya nggak se-pekat gudeg Jogja. Tujuannya untuk menyesuaikan lidah orang Surabaya, karena kebanyakan nggak suka gudeg manis katanya bikin eneg. Lah kalau aku mau gudeg manis atau gurih tetep aja doyann.

Tempatnya termasuk nyaman untuk makan di tempat. Disediakan cukup banyak meja dan kursi. Disini menu andalannya tentu saja gudeg. Tapi disini tidak hanya menjual gudeg, melainkan ada menu lain seperti nasi pecel dan opor ayam. Dan yang paling unik lagi disini menyediakan menu nasi gudeg pecel. Wah gimana tuh? Ya nasi gudeh dicampur dengan pecel diatasnya juga bumbu kacang. Memang sedikit aneh tapi banyak juga penggemarnya lo.

gudeg bu har surabaya
Kemarin aku pesan gudeg lengkap dengan lauk ayam paha. Disini kalian bisa pilih mau ayam bagian dada atau paha. Karena kesini bareng temen, dia malah penasaran nyobain nasi gudeg pecelnya. Nggak perlu lama makanan yang kami pesan sudah siap disantap.

Oh iya disini kalian bisa pilih mau gudeg yang pedas atau yang biasa. Kalau aku sih pesen yang pedas karena lebih nampol aja dan warnanya lebih menggoda haha. Satu porsi gudeg disini disajikan diatas nasi putih hangat, krecek, tahu, setengah potong telur khas gudeg (yang warnanya coklat), sayur nangka, dan tentu saja potongan ayam. Yang aku suka disini porsinya pas banget nggak banyak dan nggak sedikit, jadi enak gitu di perutnya nggak bikin begah.

kuliner surabaya
Dan bumbu gudegnya bisa kalian lihat sangat banyak dan terlihat kental, diatasnya diberi cabe rawit utuh biar makin pedass. Buat kalian yang suka pedes wajib banget nyoabin gudeg pedes ini, karena pedesnya nggak nangnggung!

Seluruh komponen masaknnya aku rasa pass, dan enak. Kreceknya kenyal mantab, dan ayamnya nggak alot dan sedep banget karena menggunakan ayam kampung jadi rasanya enaaak banget. Yang paling penting nih si sayur nangkanya karena buka gudeg kalau tidak ada sayur nangkanya (yaiyalaahh!). sayur nangkanya dimasak pas teskturnya tidak terlalu lembek, dan bumbunya bener-bener pas. Gurih dan tidak terlalu manis. Cukup jauh beda dengan gudeg Jogja yang warnanya coklat kemerahan dan legitt banget.

kuliner surabaya
Kalau aku lihat gudeg pecel punya temen aku sedikit unik memang. Dan aku coba incip sedikit ternyata rasanya enak lohh. Kayaknya pecel cocok deh dicampur masakan apapun haha, dicampu rawon aja juga sedep si pecel ini. Oke next time bisa lah aku pesen si pecel gudeg ini, kalau sekarang mah udah kenyang bokkk.

Untuk harganya kalian nggak usah khawatir masih bersahabat banget, sediain uang 50.000 saja bakalan cukup kok. Dengan harga segitu dan dengan masakan yang enak sangatlah patut untuk dicoba. Jadi buat kalian yang lagi di Surabaya dan pengen makan gudeg enak bisa nih dateng ke Depot Gudeg Bu Har, dijamin puass!

 

Opening Hours
06.00–15.30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY