Sate Mak Syukur: Kuliner Legendaris Dari Padang Panjang

sate mak syukur

Melanie | Sightseeing
Padang Panjang, Sumatera Barat, Indonesia | halal
17 Dec 2018


Sate Mak Syukur: Kuliner Legendaris Dari Padang Panjang
Kuliner Legendaris dari Padang Panjang ini adalah Sate Mak Syukur!!!

Main ke Padang emang belum lengkap kalo belom nyobain sate Padang ya guys. Kebetulan, sejak bulanan lalu, aku ditugasin buat training di kantor cabang yang ada di kawasan Padang Panjang. Nah, selama ada disana, rugi banget donk kalo ngga nyempetin buat wisata kuliner. Menurut temen-temen kantor aku, di Padang Panjang ini ada penjual sate Padang yang legendaris dan paling enak, namanya adalah Sate Padang Mak Syukur. 

Penasaran donk pengen nyobain gimana lezatnya sate Padang ini dan berangkatlah aku ditemeni oleh salah seorang temen yang rumahnya di Padang Panjang sini. Untuk mencari warung ini ngga susah kok guys, lokasinya ada ditengah kota tepatnya di Jalan Sultan Syahrir. Bisa dibilang restoran sate ini cukup gede ya guys, kira-kira bisa nampung 75 orang. Desainnya juga layaknya rumah makan Padang. Dibagian depan, para pelayan memotong ketupat dan membakar sate untuk disajikan.

sate mak syukur

sate mak syukursate mak syukur

Menu yang disajikan udah pasti sate Padang ya guys, tapi disini juga tersaji beberapa camilan khas, keripik, kue dan beragam minuman panas dan dingin. Restoran ini juga bisa dipesan untuk acara-acara besar lho guys, misalnya buat acara nikahan atau pertemuan. Nah, buat kalian yang ada di Padang Panjang dan sekitarnya, bisa banget nih pesen langsung sate Padang disini.

Sedikit mengulik cerita tentang asal usul dari sate Mak Syukur ini guys. Katanya sih, sate ini udah ada sejak tahun 1940an dan dijual oleh Mak Syukur. Beliau harus berjalan dari Padang Panjang menuju Batu Sangkar untuk menjajakan satenya. Hal ini beliau lakukan setiap hari dengan memikul panggangan satenya. Kisah yang sangat inspiratif ini kemudian jadi asal usul dibalik kenikmatan sate Padang ini.

Video by Official NET News

Memang Mak Syukur udah meninggal pada tahun 1985an, tapi kini penerus beliau yang meneruskan berjualan sate hingga sebesar sekarang. Bedanya, mereka ngga perlu lagi harus berjalan sambil memikul dagangan. Mereka cukup menunggu pembeli datang dan mencicipi lezatnya sate Padang mereka. Meskipun begitu, katanya sih rasa dari Sate Padang ini masih sama lho.

Sate Padang Mak Syukur ini disajikan diatas daun pisang tanpa siraman kuah dan ketupat. Oh ya, yang bikin beda sate Padang dengan sate pada umumnya adalah adanya kuah dimana sate di daerah lain di Indonesia ngga pake siraman kuah, tapi biasanya hanya pake bumbu kacang dan kecap. Isi satenya juga beragam, ada lidah, lemak dan daging, ada juga yang campuran. Tergantung selera kalian mau pilih yang mana. Disini, kalian bebas mengambil berapa pun tusuk sate karena harganya tergantung dari seberapa banyak kalian mengambil satenya. 

sate mak syukur

Setelah mengambil 10 tusuk sate, aku pengen nyobain dulu yang tanpa kuah. Dan rasanya enak banget guys. Potongan dagingnya besar-besar, teksturnya lembut dan rasa asapnya terasa banget. Belom pernah aku makan sate kayak gini. Terus, aku cobain siramin pake kuah kuningnya yang super kental ini. Rasanya makin nikmat guys, rasa kuahnya agak pedes tapi masih oke buat kalian yang ngga doyan pedes. Perpaduannya pas banget campuran gurih sate dan kuah kuning yang agak pedas. Cocok banget buat dinikmati di musim hujan kayak gini, apalagi Padang Panjang hawanya sejuk banget ya. Biar makin mantap, minumnya cobain teh telur atau teh telua yang bikin badan kamu hangat.

sate mak syukur

Well, aku suka banget makan disini. Sate Padangnya recommended to try dan pelayanannya cepet juga guys. Harga per orang yang dihabisin untuk 1 orang kisaran Rp 30.000 - Rp 50.000. Harga yang worth banget dan bikin kenyang juga. So, kalo main ke Padang Panjang, jangan lupa buat mampir ke Sate Padang Mak Syukur ya guys.

sate mak syukur

Opening Hours
09.15 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY