Soto Betawi Bang Nawi : Juaranya Soto Betawi dengan Kuah Susu!

soto betawi bang nawi

Oliver | Sightseeing
Jakarta Utara, Dki Jakarta, Indonesia | halal
13 Dec 2018


Soto Betawi Bang Nawi : Juaranya Soto Betawi dengan Kuah Susu!
Soto Betawi Bang Nawi ini memiliki cita rasa yang lezat dan pastinya membuat siapa saja di manjakan dengan kuah nya yang khas!

Oke gaiss saatnya kulineran lagi bareng gue. Kulineran kemarin di sponsori oleh mama yang lagi kepengen banget makan soto betawi. Karena kalu dipikir-pikir gue juga udah lama nggak makan soto betawi maka berangkalah kami berdua untuk makan soto betawi. Soto betawi yang udah jadi langganan keluarga gue adalah Soto Betawi Bang Nawi. Soto Betawi Bang Nawi ini sendiri buka 3 cabang di Jakarta, pertama di daerah sunter, kedua ada di daerah Tanung Duren, dan yang ketiga di daerah Citra 7. Kalau yang gue datangin kemarin adalah Soto Betawi Bang Nawi yang ada di daerah Sunter. Kalau tanya alamat lengkapnya tingal buka google maps aja, karena gue juga nggak tau persis itu dijalan apa, haha!

soto betawi bang nawi
Soto Betawi Bang Nawi ini meskipun udah buka 3 cabang tapi tempaynya masih kecil-kecil gitu nggak begitu luas, tapi kalau gue nggak masalah sih dengan tempat sempit, yang penting bersih dan makanannya enak. Kemarin pas banget datang kesana dengan menu yang masih lengkap. Disini ada banyak menu yang ditawarkan, dari aneka sop, soto betawi, sop ceker, dan aneka masakan ayam atau bebek juga ada disini. Tapi ya sesuai dengan nama tempatnya, yang paling favorit disini adalah soto betawinya.

soto betawi bang nawi
Yang membuat berbeda soto betawi disini dengan soto betawi di tempat lain adalah kuahnya. Biasa kan kita makan soto betawi dengan kuah santan, nah yang disini beda. Di Soto Betawi Bang Nawi kuah soto betawinya menggunakan susu! Kenapa menggunakan susu? Karena katanya sih biar yang suka makan soto betawi nggak perlu takut kolesterol karena santan, makanya sang pemilik berinovasi dengan mengganti santan menggunakan kuah susu. Memang cukup unik, tapi citarasa khas dari soto betawi sama sekali tidak berubah, bahkan malah lebih enak menurut gue pribadi.

soto betawi bang nawi
Isian dari soto betawi disini juga lengkap. Ada daging, jeroan seperti babat, paru, hati, dan masih banyak lagi, tapi yang paling gue cari disini dan yang paling sering habis adalah si sum-sumnya. Karena sum-sum disini sudah dikeluarkan dari dalam tulang, jadi kita tinggal makan aja, enak bangett. Nah kalau kalian juga mau nyobain sum-sumnya harus datang pas baru buka tempatnya, karena sum-sum ini baru satu jam buka aja udah sering ludes. Dan kebetulan gue kemarin masih dapet sum-sumnnya karena gue dateng masih cukup pagi.

soto betawi bang nawi
Kemarin gue pesen soto betawi dengan isian daging, sumsum, dan paru. Mama aku pesen sop iga sapi. Selain itu gue juga pesen satu porsi sop daging. Nggak perlu menunggu lama semua menu yang kami pesan datang dengan asap dan aroma yang tercium sedap. Satu porsi soto betawi ini disajikan lengkap dengan kerupuk emping (kerupuk melinjo), ditambah dengan irisan daun bawang dan irisan tomat diatasnya biar segar.

Pertama nyobain kuahnya itu enak, meskipun diganti susu rasanya tetep khas soto betawi dan yang lebih penting, susunya nggak bikin eneg, rasa kuahnya gurih dan rempah-rempahnya berasa. Kalau udah gini biasanya baru aku racik dengan kecap, sedikit sambal, dan sedikit perasan jeruk nipis.

soto betawi bang nawi
Yang kedua sop dagingnya ini juga favorit gue. Disini ngasih dagingnya tuh nggak pelit dan tekstur dagingnya empuk banget juga yang paling penting nggak amis ya. Kuahnya kalau untuk sop itu bening, jadi kerasa banget kaldu sapinya. Apalagi ditambah sambel dan jeruk nipis makin keluar rasanya!

soto betawi bang nawi
Kalau buat kalian yang penasaran sama harganya tenang aja, meskipun disini menggunakan daging dan susu harganya masih bersahabat. Ya kira-kira per orang bisa lah ya dibawah 50.000 tergantung apa yang dipesan.

Oke guyss sekian dulu review dari aku. Kalau masih penasaran bisa nih klik video dibawah!

Opening Hours
11.00–21.00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.