Sate Jando Gasibu: Kuliner Wajib Kalau Ke Bandung!

sate jando gasibu

shania | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
12 Dec 2018


Sate Jando Gasibu: Kuliner Wajib Kalau Ke Bandung!
Sate Jando Gasibu ini adalah kuliner Bandung yang wajib di cicipi!

 

Sate Jando, mungkin beberapa dari kalian masih asing mendengarnya. Kalau kalian lagi ada di daerah Gedung Sate Bandung, jangan lupa buat mampir ke kuliner yang satu ini ya. Sebagai pecinta sate, rasanya kurang afdol dong kalau saya nggak menyambangi langsung ke lokasi Sate Jando ini. Sate Jando ini berlokasi di Jalan Cimandiri Bandung, lokasinya emang tepat berada di belakang Gedung Sate Bandung.

Kalau Minggu pagi, katanya tempat Sate Jando ini selalu dipadati pengunjung lho. Pemilik Sate Jando ini pun menuturkan kalau kalian datang di hari Minggu, bisa bisa kalian harus mengantri hingga satu jam untuk mendapatkan porsi Sate Jando ini, widih perjuangan banget bukan? Bahkan beliau juga bilang kalau Minggu pagi, antrian Sate Jando bisa sampe 10 meter panjangnya. Waah kalian harus menyiapkan kesabaran yang ekstra yaa.

sate jando gasibu

Banyak yang bilang kalau orang orang rela mengantri Sate Jando ini memang karena rasanya yang lezat. Dagingnya yang besar dan tebal serta baluran bumbunya yang menggoda emang menjadikan pengunjung terlena. Nggak heran kalau banyak yang rela mengantri berjam jam demi mendapatkan Sate Jando ini.

Ternyata, Sate Jando ini cukup legendaris, udah buka sejak beberapa tahun lalu lho. Sate Jando ini pertama kali dijajakan dengan cara digendong keliling. Nggak heran kalau warga Bandung khususnya udah banyak yang kenal sama kuliner yang satu ini. Sayapun nggak mau ketinggalan untuk mencobanya, yaah meskipun dengan jarak tempuh yang cukup jauh, rela dah demi Sate Jando hahay.

sate jando gasibu

sate jando gasibu

Nggak hanya satu, ada 3 macam sate yang ditawarkan disini. Ada sate ayam, sate sapi, dan sate payudara sapi. Wadaaaaaw, kalo payudara sapi mah dimasak apapun aku juga suka. Karena selain dagingnya yang emang lezat, teksturnya yang enak juga pas banget di lidah, apalagi kalau dibikin sate atau krengsengan, wenak pol!

Ternyata, sebutan Sate Jando itu berasal dari sate payudara sapi yang ada disini. Konsumen banyak yang menyebut payudara sapi dengan sebutan jando. Hoalah gitu to, aku kira jando itu artinya janda. Kalau di Surabaya kan ada tuh Bakmi Janda dengan penjual yang emang Janda, kalau ini beda lo ya hahay.

Satu porsi Sate Jando berisi 10 tusuk sate lengkap dengan bumbu dan lontong. Sajiannya yang menggunakan daun pisang juga menjadikan Sate Jando ini makin lezat saat dinikmati. Nggak cuma daging sate yang terkenal dengan kegurihannya, bumbunyapun mantap. Guyuran bumbu kacang kental dengan rasa yang lezat tentu menjadikan pelengkap gurihnya Sate Jando ini.

sate jando gasibu

sate jando gasibu

Meskipun terkenal dan penggemarnyapun cukup banyak, Sate Jando ini tidak dibandrol dengan harga yang mahal kok. Hanya dibandrol dengan harga Rp 22.000,- saja per porsinya, kalian udah bisa merasakan lezatnya sate legendaris nan terkenal ini.

Oh iya, penjualnyapun mengatakan kalau daging date dimakan tanpa menggunakan bumbu kacangpun sudah enak. Hal itu karena sebelum dibakar, daging daging sate sudah dikasih bumbu lengkap guna meningkatkan kelezatannya. Bumbu kuning yang digunakan untuk melumuri daging sate sebelum dibakar dibuat dari jahe, sirih, kunir, dan rempah lainnya. Nggak heran kalau banyak dicari orang hingga saat ini..

Youtube --> Makmur Bandung

Dalam satu hari, Sate Jando ini bisa menghaiskan banyak sekali daging sate. Kata pemiliknya, Sate Jando pernah menghabiskan 2000 tusuk sate dalam waktu 4 jam, gilaak saking apanya nih?

Oh iya, jam buka Sate Jando ini mulai pukul 05.00 dan ludes terjual di pukul 09.00. kalau selain hari Minggu, biasanya tutup jam 11 atau jam 12 karena habis. Wajib coba biar nggak pensaran!

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY