Pecel Pitik, Kuliner khas Banyuwangi yang Sarat akan Makna

pecel pitik banyuwangi

meliana | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | halal
12 Dec 2018


Pecel Pitik, Kuliner khas Banyuwangi yang Sarat akan Makna
Pecel Pitik yang menjadi kuliner Khas Banyuwangi ini memiliki makna dan sarat loh!

Kalo ngomongin soal kuliner, Banyuwangi memang tempatnya guys. Ngga cuma kaya akan tempat wisata yang unik dan menarik, Banyuwangi juga punya beragam kuliner unik yang hanya bisa ditemukan disana, misalnya seperti rujak soto dan bakso Osing. Ngga heran kalo Banyuwangi ini dapet julukan The Sunrise of Java atau The Best Festival City in Indonesia, pasalnya banyak banget festival yang digelar disana. Pastinya, kota kelahiran gue ini bikin kangen pas gue lagi ngga ada disana dan yang paling gue kangenin dari kota Banyuwangi ini adalah makanannya yang pastinya ngga bisa gue temui di kota lain, salah satunya adalah pecel pitik.

Video by KOMPASTV

Kira-kira apa yang ada dipikiran kalian kalo denger kata pecel pitik? Pasti kalian bakal ngira kalo makanan itu terdiri dari sayur mayur yang kemudian di kasih bumbu kacang dan ayam. Eitss, beda dengan Banyuwangi karena kuliner ini bener-bener unik guys. Gue ceritain sedikit ya, Pecel Pitik ini adalah salah satu kuliner khas Suku Osing Banyuwangi yang dulunya disajikan hanya saat ada acara tertentu seperti selamatan desa. 

pecel pitik banyuwangi

Pecel Pitik ini tak hanya terkenal lezat, tapi juga sarat akan filisofi lho guys. Gue pun pernah diceritain sama nenek gue kalo katanya makna sebenernya dari Pecel Pitik ini adalah Diucel-ucel Hang perkara Apik, dalam bahasa Indonesia artinya adalah dilumuri dengan berbagai perkara yang baik. Hal itu dikarenakan, dulunya makanan ini hanya disajikan saat ada ritual Suku Osing dan proses memasaknya bener-bener dilakukan secara sungguh-sungguh. Biasanya, perempuan asli Suku Osing yang memasaknya dilarang untuk banyak berbicara dan lebih banyak mengucap doa. Bahkan katanya, perempuan yang lagi ngga suci ngga dibolehkan masak lho guys. Hal ini dilakukan supaya masakan yang disajikan rasanya bener-bener terjamin.

pecel pitik banyuwangi

Proses memasak Pecel Pitik ini juga bisa dibilang cukup unik, karena menggunakan ayam kampung muda dan kemudian dibakar diperapian menggunakan kayu. Jadi ngga usah heran guys kalo tekstur dari daging ayamnya ini lembut banget plus bumbunya meresap banget. Setelah mateng, ayam tersebut di suwir dan uniknya nih guys ada pantangan dalam proses memasak menyuwir daging ayam ini, yaitu ngga boleh menyuwir daging ayamnya pake pisau, tapi harus pake tangan aja lho. Tapi ngga tau lagi deh kalo di beberapa restoran cara seperti ini masih dipake apa ngga.

pecel pitik banyuwangi

Ohya, bumbu yang dipake juga ngga ribet kok, cuma beberapa rempah yang bisa dengan mudahnya ditemukan di Banyuwangi, seperti kemiri, terasi, cabe rawit, gula dan daun jeruk. Setelah dihaluskan, bumbu tersebut dicampur dengan parutan kelapa muda. Setelah itu bumbu tadi dicampur dengan ayam suwir biar lebih nikmat biasanya ditambah dengan sedikit air kelapa.

Untuk menikmati pecel pitik ini biasanya juga pake tambahan nasi guys biar makin kenyang. Saat ini kalo mau makan Pecel Pitik ini ngga perlu lagi nunggu ada acara selamatan dulu guys karena kuliner khas Osing ini udah banyak disajikan di beberapa restoran di Banyuwangi dan salah satunya adalah Osing Deles Cafe n Resto. Menu pecel pitik di resto ini disajikan dengan seporsi nasi, lalapan dan juga sambel. Ohya, penyajiannya juga pake piring dari tanah liat yang diatasnya dilapisi daun pisang, jadi aromanya makin khas deh.

pecel pitik banyuwangi

Kalo soal rasanya sendiri sih ngga udah khawatir bakal ngga enak guys, udah pasti enak dan gurih. Apalagi daging ayamnya yang super empuk ditambah bumbu parutan kelapa yang gurih dan sedap. Makin makyus kalo dimakan sama nasi hangat dan sambal guys.

So, buat kalian yang mau jalan-jalan ke Banyuwangi, jangan lupa buat cicipi Pecel Pitik ya.

pecel pitik banyuwangi


Opening Hours
09.00 - 24.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY