Warung Sate Keroncong : Makan Sate Kambing Legendaris dengan Alunan Musik Keroncong di Jakarta!

warung sate keroncong

sandal | Sightseeing
Jakarta Timur, Dki Jakarta, Indonesia | halal
12 Dec 2018


Warung Sate Keroncong : Makan Sate Kambing Legendaris dengan Alunan Musik Keroncong di Jakarta!
Warung Sate Keroncong, ini menjadi sate Legendaris di Jakarta, selain satenya legendaris disini kalian akan di manjakan dengan alunan musik keroncong..

Haloo gaess kalian pasti doyan banget makan sate kan? Entah sate ayam, sate sapi, sate tahu dan sate-sate lainnya. Nah kali ini aku mau nyobain salah satu jenis sate yang pasti udah banyak penggemarnya, yaitu sate kambing. Sate kambing yang mau aku review ini merupakan salah satu tempat makan sate kambing legendaris yang ada di Jakarta. Nama warungnya adalah Warung Sate Keroncong.

Lokasi dari Warung Sate Keroncong ini cukup mudah untuk di cari. Lebih tepatnya berada di Jl. Matraman Raya Gg. Lele. Jalan aja terus sampai bertemu rumah yang tercium aroma bakaran sate, dan di depannya terdapat beberapa orang pengamen yang sedang menyayikan lagu keroncong. Bila sudah bertemu berarti itulah tempatnya. Dari tampilan tempat makan ini sangatlah sederhana dengan interior tahun 1980-an yang membuat susana lebih kental. Memang Warung Sate Keroncong ini sudah buka sejak tahun 1950-an dan masih berjaya hingga saat ini. Hal ini terjadi pasti karena rasa masakannya yang enak.

warung sate keroncong
Lalu kenapa warung ini diberi nama Warung Sate Keroncong? Karena di depannya terdapat pengamen keroncong yang memang sudah mangkal disana sejak lama. Dulu nama Warung Sate Keroncong ini adalah Warung Sederhana, karena banyak orang yang menyembut ini sate keroncong maka pemiliknya merubah namanya menjadi Warung Sate Keroncong.

warung sate keroncong
Rahasia mengapa Warung Sate Keroncong ini tidak pernah sepi pengunung adalah dari daging kambingnya yang enak. Daging kambing yang sudah diolah disini sama sekali tidak berbau amis dan tekstur dagingnya yang empuk membuat semua orang yang menikmati merasa senang. Pemilik Warung Sate Keroncong ini adalah orang asal Klaten, yang dimana olahan daging kambing sangat terkenal di Klaten. Tak heran masakannya selalu diminati banyak orang karena rasanya yang khas.

warung sate keroncong
Kunci dari itu semua adalah dari pemilihan dagingnya. Di Warung Sate Keroncong ini hanya menggunakan daging kambing yang berusia muda dan jenis betina. Karena katanya daging kambing betina yang berusia muda sangatlah cocok untuk diolah karena teksturnya masih empuk. Selain dari pemilihan kambing, cara pemotongan daging juga katanya berpengaruh agar daging kambing yang diolah tidak bau. Setelah memotong daging kambing dan ditusuk, barulah kunci terakhirnya adalah pada bumbunya yang sedap.

warung sate keroncong
Menu yang dijual disini antara lain ada sate kambing, tongseng kambing, dan gulai kambing. Karena kemarin kesini rombongan jadi kami pesen semua menunya. Kami pesen 2 porsi sate kambing, 2 tongseng, dan 1 gulai. Setelah pesan kita bisa lho ngintip cara pembakarannya. Disini sate dibakar dengan arang yang selalu baru, bisa terlihat stock arangnya sangat banyak. Saat sate mulai dibakar kalian harus siap menahan laparnya, karena aromanya sangat harum dan bisa terlihat lemak yang menetes karena dibakar, wah ini kalau masuk mulut udah pasti lumerr.

warung sate keroncong
Selain satenya yang dibakar menggunakan arang, tongseng disini juga dimasak diatas arang yang membara. Terlihat bumbu-bumbu mulai ditumis dan dicampur dengan sedikit kuah kaldu dengan tambahan sedikit kecap juga diberi irisan sayur kubis atau kol dan irisan tomat agar lebih segar.

Setelah menunggu 15 menit semua menu yang kami pesan tiba. Pertama yang mau cobain tentu saja sate kambingnya. Terlihat satu porsi sate kambing ini disajikan dengan bumbu manis seperti kecap, lengkap dengan irisan tomat segar dan irisan bawang merah yang menambah sensasi lebih nikmat. Pertusuk dagingnya besar-besar, dan beneran satenya empuk dan yang penting benaran nggak bau amis sama sekali. NIKMATT!

warung sate keroncong
Tongsengya juga enakk, dagingnya juga nggak pelit diberikan dalam satu porsi tongsengnya. Kuah tongsengnya juga sedap, tadi aku pesan untuk tambah cabe rawit biar makin pedas. Irisan kol dan tomat membuat seporsi tongseng ini terasa pedas, gurih, dan segar. KOMPLIT!

Nah yang terakhir aku nyobain gulainya. Kalau untuk gulai menggunakan daging kambing yang masih ada sedikit tulangnya, biar makin sedep dan paling enak di pegang pakai tangan nih. Kuahnya juga pas, bumbunya terasa nendang.

Jadi gimana gaess udah ngiler belum lihat review dan gambarnya? Kalau kalian penasaran langsung datang saja ke Warung Sate Keroncong, dijamin lidahmu terpuaskan!!

Opening Hours
10.00–17.30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY