Nyobain Sate Langganan Presiden RI: Sate Sapi Mbak Tug.

sate sapi mbak tug

lizbeth | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | halal
11 Dec 2018


Nyobain Sate Langganan Presiden RI: Sate Sapi Mbak Tug.
Nyobain Sate Langganan Presiden RI di Sate Sapi Mbak Tug yang lezat!!!

Solo dan Yogyakarta memang menjadi kota yang penuh dengan varian kuliner menurutku. Nggak pernah bosen cari kuliner di daerah tersebut. Kali ini berhubung lagi lewat Surakarta, sekalian deh cari review review makanan enak di google. Setelah mencari beberapa waktu, akhirnya nemulah satu tempat makan yang bener bener bikin penasaran, katanya sih langganan keluarga Presiden Joko Widodo.

Namanya adalah Sate Kere Mbak Tug. Lokasinya ada di Jalan Arifin No 63, Kepatihan Kulon, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Mumpung searah juga jadi nyarilah kita lokasi dari Sate Kere Mbak Tug ini. Berhubung di google tulisannya buka dari pukul 1 siang sampe pukul 6 sore, jadi pas banget aku kesitu jam 2, untung kuliner langganan presiden ini buka, udah ngidam haha.

sate sapi mbak tug

sate sapi mbak tug

Sate Kere Mbak Tug. Sesuai namanya, pemilik sate kere ini bernama Ibu Tugiyem jadilah disebut Mbak Tug. Menurut cerita ibuknya, ternyata Sate Kere Mbak Tug ini udah buka sejak 1979 lho, cukup legendaris bukan? Nggak salah deh kulineran kesini.

Karena penasaran, akhinya saya menggali gali lebih banyak tentang hubungan Sate Kere Mbak Tug ini dengan keluarga presiden. Ternyata, dulunya Sate Kere Mbak Tug ini dijual keliling, dan akhirnya dapet gerobak dari Pak Joko Widodo. Anak pak Jokowi juga sempet nawarin kios buat Ibu Tugiyem ini, tapi beliau menolak. Katanya, Sate Kere Mbak Tug ini juga menjadi salahsatu hidangan yang disajikan di pernikahan anak Presiden RI yakni pernikahan Kahiyang dan Bobby.

Yap, Sate Kere Mbak Tug memang nggak pernah sepi pembeli, pembeli di Sate Kere Mbak Tug ini silih berganti. Jangan khawator, buka tiap hari kok. Meskipun dengan tempat dan gerobak yang sederhana, hal itu nggak menyurutkan niat pelanggan untuk datang dan melahap lezatnya satu porsi sate sapi atau sate kere di Sate Kere Mbak Tug.

sate sapi mbak tug

sate sapi mbak tug

Tempatnya yang bersih juga menjadikan Sate Kere Mbak Tug ini jadi salahsatu tempat yang nyaman buat makan. Nggak hanya menjual sate sapi, kalian bisa memilih cukup banyak menu disini. Ada sate gembus, sate iso, sate ginjal, dan sate babat yang sanget menggugah selera. Ukuran sate yang tersaji cukup pas. Dalam satu tusuk, hanya ada 2 hingga 3 potong daging. Ukurannya yang pas menjadikan sate ini bisa habis dalam satu kali lahap. Banyaknya menu yang ada juga menjadikan pembeli lebih bebas memilih mau pesen apa. Mmm enak juga ya, banyak variannya!

Kalau urusan sate mah memang menjadi makanan yang pas banget di lidahku. Asiknya, bumbu Sate Kere Mbak Tug ini juga enaaaak banget lho. Satu porsi menu berisi lontong, sate, dan sambal kacang yang mantap. Sambal kacang nggak pernah salah deh haha, enak banget sih! Nggak hanya itu, sebagai pelengkapnya, ditambahkan rajangan bawang merah mentah sebagai ciri khas sate. Dan juga, ada cabe rawit buat kalian yang doyan makan pedes.

sate sapi mbak tug

Selain makannya yang enak, penyajiannya yang bertempat di piring bamboo dengan alas daun pisang juga menjadikan cita rasa Sate Kere Mbak Tug ini makin nendang. Untuk satu porsi makanan yang ada disini, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya kurang dari 30 ribuan aja lho untuk satu orang.

Nah bisa banget nih jadi sasaran kalau kalian bingung cari kuliner di Surakarta. Meskipun belum pernah bertemu pak presiden RI, setidakya pernah nyobain makanan favorit beliau dan keluarga lah ya, mantap!

Opening Hours
1 siang - 6 sore
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY