Kaledo Stereo: Sop Kaki Sapi Dengan Cita Rasa Asam Manis

kaledo stereo palu

xiaoying | Sightseeing
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia | halal
11 Dec 2018


Kaledo Stereo: Sop Kaki Sapi Dengan Cita Rasa Asam Manis
Sop Kaki sapi yang memiliki cita rasa asam dan manis di Keledo Streo ini sangat mantap!

Sebenernya ini kunjungan ke Palu sekitar tengah tahun lalu, tapi baru keinget sekarang buat bikin reviewnya. Hehehe.. Maafkan yaa! Tapi mending telat lah daripada ngga sama sekali. Kunjunganku waktu itu ke Palu soalnya ada acara kampus dan kebetulan disela-sela kegiatan, aku sempetin donk buat cicip-cicip kuliner khas Palu yang katanya lezat ini. Kuliner apa lagi donk kalo bukan Kaledo dan setelah aku searching, Kaledo yang paling enak adalah Kaledo Stereo. Buat kamu pecinta makanan berlemak kayaknya wajib banget nih buat cobain Kaledo saat berkunjung ke Palu. 

Di Palu sendiri Kaledo udah ngga asing lagi dan sebenernya Kaledo ini kepanjangan dari Kaki Lembu Donggala. Seperti yang kalian tahu, Donggala dulunya adalah ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, tapi kemudian dipindahkan ke Palu. Lokasi Donggala sendiri ngga terlalu jauh dari Palu, yaitu sekitar 30 km aja. Tapi sekarang ngga perlu jauh-jauh ke Donggala untuk mencicipi kelezatan Kaledo ini soalnya sekarang di Palu udah ada, yaitu Kaledo Stereo yang berlokasi di Jalan Diponegoro no 40, Palu Barat. Kalo kalian bingung, resto ini ada persis didepan Palu Grand Mall.

kaledo stereo palu

Kaledo Stereo ini bisa dibilang cukup legendaris ya guys karena udah berdiri sejak tahun 1994 dan rasanya masih tetap sama hingga saat ini. Namanya yang unik pun menjadi daya tarik tersendiri, katanya sih stereo ini diambil karena pemiliknya menyukai musik dan istilah stereo adalah dua dan berimbang. Maksudnya, kalo makan Kaledo tangan kita harus imbang antara memotong daging kaledo dan menyeruput kuahnya. Unik sekali sih filosofinya guys!

Aku yang waktu itu ditemenin sama temenku Evelyn, langsung pesen dua porsi kaledo dengan dua porsi nasi. Harga seporsi kaledo dan nasi ini sekitar Rp 50.000, tapi kalo misalnya kalian mau pesen kaledo tanpa tulang juga bisa kok guys, harganya sih sekitar Rp 25.000 per porsinya. Ngga ada yang istimewa di penyajian kaledo ini, cuma semangkok sop kaki sapi atau sumsum sapi dengan kuah yang didalamnya juga ada potongan-potongan daging. Trus dikasih jeruk nipis juga guys buat diperas kedalam sup biar rasanya makin seger.

kaledo stereo palu

Menurutku sih potongan kaki sapi ini lumayan besar buat satu orang, meskipun pada akhirnya aku berhasil juga menghabiskan seporsi kaledo ini. Hehehe.. Rasa kuah kaledo ini juga perpaduan dari asam dan pedas, rasanya cocok banget dimakan selagi masih hangat. Kalian juga ngga perlu khawatir akan kesulitan memakan kaledo ini karena dalam sekali potong aja dagingnya bisa hancur dengan mudahnya. Tekstur dari dagingnya pun terasa lembut dilidah dan ngga susah buat dikunyah. Enak banget dah pokoknya! Dan meskipun berlemak, rasanya makanan ini bikin ketagihan banget. Siap-siap gendut ya guys!

kaledo stereo palu

Meskipun awalnya aku ngerasa agak repot pas makan kaledo ini, soalnya kalian bakal dikasih 1 buah sendok, 1 buah garpu, 1 buah pisau dan 1 buah sedotan yang dimasukkan ke dalam potongan kaki sapi untuk menyeruput sumsum yang ada didalamnya. Tapi lama-lama juga udah mulai terbiasa dan mulai menikmati perlahan. Pokoknya, pelan-pelan aja guys makannya buat kalian yang belum terbiasa. 

kaledo stereo palu

Buat kalian yang berencana akan pergi ke Palu, jangan lupa buat cicipi Kaledo Stereo ini ya guys. Restoran ini buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampe jam 10 malam. Saran aku nih, kalo kalian makan kaledo ini, selalu siapin tisu ya disebelah kalian buat ngelap keringat kalian. Selamat mencoba!

Video by TRANS TV Official

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY