Menikmati Lezatnya Bebek Timbungan, Kuliner Tertua di Bali

bebek timbungan bali

mirio | Sightseeing
Badung, Bali, Indonesia | halal
10 Dec 2018


Menikmati Lezatnya Bebek Timbungan, Kuliner Tertua di Bali
Menikmati lezat nya bebek timbungan, yang menjadi kuliner tertua di Bali dan pastinya wajib di coba saat berada di Bali!

Kalo bahas tentang kuliner Bali, pasti yang ada dipikiran kalian adalah ayam betutu, rujak kuah pindang, sate lilit dan plecing kangkung. Tapi tahukah kalian kalo Bali juga punya kuliner yang khas yang juga dikenal sebagai kuliner tertua di Bali? Kabarnya juga sih kuliner ini hampir punah lho guys! Nama kuliner ini adalah bebek timbungan. Kira-kira kalian udah pernah cobain kuliner ini belum ya?

Bebek Timbungan adalah kuliner khas Bali yang terkenal dan tertua. Awalnya, makanan ini hanya dihidangkan pada ritual-ritual upacara adat Bali saja, tapi belakangan ini sudah mulai banyak beberapa restoran di Bali yang menyajikan menu ini untuk dihidangkan kepada wisatawan. Salah satunya ada di Bebek Timbungan - Balinese Heritage Cuisine yang berlokasi di Jalan Sunset Road, Pertokoan Sunset One Dewaruci Kuta, Badung, Bali. 

bebek timbungan bali

Tempat makan ini kental dengan nuansa tradisional Bali dan lokasinya deket banget sama Pantai Kuta, pusat souvenir dan Bandara Ngurah Rai. Restoran ini memiliki dua lantai yang dilengkapi dengan meeting room juga dengan kapasitas 215 orang. Ditambah lagi dengan oramen khas Bali yang membuat siapapun yang makan disini akan merasa menyatu dengan alam. Jadi bisa banget nih kalian kunjungi kalo pas baru sampe Bali atau pas kalian selesai jalan-jalan di Kuta dan pengen ngisi perut dengan sajian khas Bali yang lezat.

bebek timbungan bali

bebek timbungan bali

Kalo mampir kesini menu wajib coba udah pasti Bebek Timbungan donk ya. Bebek Timbungan ini punya keunikan tersendiri dibandingkan dengan masakan lainnya. Kata ‘Timbungan’ berasal dari suku kata ‘embung’ atau ‘timbung’ yang berarti bambu. Jadi, bebek timbungan adalah bebek yang proses memasaknya menggunakan bambu. Sebelum dimasak, daging bebek ini terlebih dahulu diberi bumbu basa genep atau racikan bumbu utama khas Bali. 

bebek timbungan bali

Proses memasaknya juga butuh waktu yang lumayan lama guys, karena setelah diberi bumbu dan dimasukkan ke dalam bilah bambu, kemudian bebek tersebut ditutup dengan daun pisang lalu dikukus sampe mateng. Butuh waktu sekitar dua sampai tiga jam agar daging bebek benar-benar empuk. Ngga cuma itu guys, kalo dimasak diwaktu yang lama katanya nih lemak dalam daging bebek bakal keluar dan menjadi penyedap alami jadi citarasa daging bebeknya bener-bener gurih.

bebek timbungan bali

Daging bebek yang digunakan juga merupakan daging bebek pilihan lho guys. Restoran ini juga mempertahankan komposisi dan cara pengolahan sesuai dengan resep para leluhur jaman dulu. Such a perfect place for culinary, isn’t it?

Bebek Timbungan punya tekstur daging yang empuk, jelas aja sih soalnya tadi proses masaknya juga lumayan lama. Padahal kan aslinya daging bebek teksturnya agak alot. Bumbunya pun meresap kedalam daging ditambah lagi aroma bekas pembakaran yang khas banget. Bumbunya juga ngga terlalu pedes guys, jadi masih bisa banget dinikmati sama kalian yang ngga doyan makanan pedes atau buat anak-anak. Untuk menikmati bebek timbungan ini, kalian bisa makannya pake nasi putih yang hangat. 

bebek timbungan bali

Harga yang dipatok untuk seporsi bebek timbungan ini juga masih masuk akal guys, kisaran Rp 100.000 - Rp 200.000 per porsinya. Dimana yang harga 200 ribuan itu bisa dinikmati dua orang. Menurut aku sih sebanding dengan kelezatan rasa dari bebek ini. Apalagi suasananya restorannya yang nyaman dan Bali banget. So, kalo kalian jalan-jalan ke Bali bareng keluarga, restoran ini cocok banget buat kalian datengi bareng keluarga atau kerabat.

Video by NusaBaliTV

Opening Hours
10.00 - 23.00 WITA
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY