Nyobain Sate Sapi dan Lontong Sayur di Sate Karang Pak Prapto

sate karang pak prapto

mummyz | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
10 Dec 2018


Nyobain Sate Sapi dan Lontong Sayur di Sate Karang Pak Prapto
Nyobain Sate Sapi dan Lontong Sayur di Sate karang Pak Prapto. Bumbunya yang lezat ini memanjakan lidah!

 Bicara tentang kuliner Jogja emang nggak pernah ada habisnya mulai dari gudeg Jogja yang terkenal enak, oseng mercon yang pedas, sate klathak yang selalu ramai, dan masih banyak lagi. Kali ini aku akan mereview makanan yang aku makan kemarin waktu di Jogja, yaitu Sate Karang Pak Parto. Untuk lokasinya sendiri cukup mudah dicaari, tinggal tuliskan saja Lapangan Karang maka kalian akan menjumpai  warung Sate Karang Pak Parto.

Pertama tau Sate Karang Pak Parto ini dari salah satu temen aku yang emang asli Jogja dan nyaranin buat nyobain si Sate Karang Pak Parto ini. Yang pertama terlintas di pikiran sih kalau denger Sate Karang adalah mungkin ini sate dari kerang kan hampir sama nih namanya. Tapi ternyata salahh jauh, Sate Karang Pak Parto ini adalah sate yang bahan bakunya menggunakan daging sapi. Jadi bisa dibilang ini sate sapi.

sate karang pak prapto
Lalu kenapa diberi nama Sate Karang? Karena ternyata lokasi Sate Karang Pak Parto berjualan ini berada di sebelah Lapangan Karang Kotagede. Sate Karang Pak Parto ini sudah berjualan sejak tahun 1950-an, tapi dulu berjualannya dipikul dan berkeliling. Karena banyak peminatnya maka Pak Karyo (bapak dari penjual yang sekarang, Pak Parto) memutuskan untuk berjualan menetap.

Yang berbeda dari Sate Karang Pak Parto ini adalah sate sapi yang disajikan dengan lontong sayur, jadi bukan lontong saja. Sayur yang digunakan adalah sayur lodeh tempe matang. Dalam sehari, warung Sate Karang Pak Parto bisa menghabiskan kurang lebih 20 – 25kg daging sapi untuk dibuat menjadi sate. Sate sapi di Sate Karang Pak Parto ini sudah terkenal dagingnya sangat empuk karena menggunakan urat sapi.

sate karang pak prapto
Untuk tempatnya memang bukan seperti rumah makan ya, melainkan hanya ada gerobak untuk menaruh bahan-bahan yang di sampingnya disediakan tungku untuk membakar sate. Di belakangnya ada tenda lesehan untuk para pengunjung yang akan makan di tempat. Iya, disini tidak tersedia meja, jadi semua pengunjung yang mau makan disini ya makan lesehan diatas tikar yang disediakan. Atau kalau nggak mau lesehan, bisa kalian makan di dalem mobil. Memang yang menjadi resiko adalah saat musim hujan begini, jadi sedikit basah-basahan.

sate karang pak prapto

sate karang pak prapto
Disini kalian bisa pesan satu porsi yang isi 10 tusuk sate sapi + lontong sayur. Atau kalau kebanyakan bisa pesen dikurangi satenya, nanti harganya berbeda. Untuk olahan satenya ada 3 jenis bumbu yang ditawarkan. Yang pertama adalah sate sapi bumbu kacang seperti pada umumnya bumbu sate, yang kedua ada bumbu kecap yang tentu saja menggunakan kecap manis, dan bumbu yang ketiga ini sedikit unik, bahkan aku baru denger sekali disini, namanya adalah bumbu kocor yang merupakan perpaduan dari bumbu garam, gula merah, jeruk, bawang merah, dan ketumbar. Untuk yang bumbu kocor ini satenya nggak ditusuk melainkan sudah di lepas dari tusuknya. Jadi kita tinggal HAP!!

sate karang pak prapto
Kemarin aku pesan sate dengan ketiga bumbunya biar bisa merasakan satu-persatu. Setelah menunggu sekitar 20 menit menu yang kami pesan datang. Aroma sedap dari satenya sangat tercium lezat dan warnanya yang kecoklatan membuat semakin menggugah selera. Tapi yang mau aku coba pertama adalah lontong sayurnya. Kalau dilihat memang seperti sayur lodeh pada umumnya tapi ini rasanya kuahnya lebih light jadi nggak bikin eneg dan rasa gurihnya pas, tekstur lontongnya juga pas padat dan kenyal, asli sayur ini udah kayak masakan rumahan yang manteb banget itu.

sate karang pak prapto
Kedua aku nyobain sate kocornya, ternyata beneran rasa bumbunya emang unik dan cenderung ke manis. Untuk daging sapinya senditi memang benar-benar empuk. Kalau sate yang bumbu kecap dan bumbu kacang juga nggak kalah enak, daginnya masih tetep empuk. Cuma kalau mau mencari sensasi bumbu yang berbeda aku saranin pesen yang bumbu kocor, dijamin suka! Apalagi dicampur denga lontong sayurnya jadi makin nikmat.

sate karang pak prapto
Untuk harga yang ditawarkan masih cukup murah, per orang dibawah 50 ribu saja sudah cukup. Oh iya kalau makan disini jangan lupa pesan wedang rondenya, rasanya juga enak. Paket komplit!

Masih penasaran? Klik video dibawah ini yuk.

 

Opening Hours
17.00–22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY