Nasi Liwet Bu Wongso Lemu : Nasi Liwet yang Bikin Kamu Kangen Kota Solo!

kuliner di solo

Deblah | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | halal
04 Dec 2018


Nasi Liwet Bu Wongso Lemu : Nasi Liwet yang Bikin Kamu Kangen Kota Solo!
Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, bikin kangen kota solo dengan olahan nasi liwetnya yang khas banget dengan masakan Solo....

Siapa yang pernah makan nasi liwet? Mungkin banyak dari kalian disini udah pernah nyobain nasi liwet ya. Nasi liwet adalah nasi yang diberi sayur dan lauk. Kalau nasi liwet yang mau aku review sekarang adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang berada di kota Surakarta atau Solo. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini salah satu nasi liwet yang paling terkenal di kota Solo, dan sudah buka sejak puluhan tahun. Sekarang yang berjualan adaah anak dari pemilik utamanya. Meskipun begitu sama sekali tidak merubah citarasa sejak puluhan tahun lalu.

kuliner di solo
Lokasi Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini berada di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Surakarta. Kalian pakai maps aja kalau bingung pasti pas deh lokasinya. Untuk bisna menikmati Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini kalian bisa datang pukul 16:00 – 01:00. Sebenernya tempatnya bukan tempat makan mewah, melainkan tempat makan sederhana yang tidak pernah sepi pengunjung. Kalau kalian makan disana nanti kalian akan melihat beberapa pengamen tradisional yang sedang bernyanyi.

Satu porsi nasi liwet ini disajikan dengan nasi putih hangat, sayur santan labu siam, ayam suwir, telur gudeg (yang berwarna coklat) dan diatasnya diberi sedikit ampas santan. Nah disini ada dua jenis nasi liwet, yaitu nasi liwet biasa 19 ribu dan nasi liwet komplit ati ampela yang dihargai 22 ribu. Oh iya kalau kalian nggak mau ayam suwir kalian bisa minta yang ayam utuh entah itu paha atau sayap.

kuliner di solo
Meskipun harha tadi termasuk mahal diantara warung nasi liwet lainnya, tapi Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini selalu ramai pengunjung. Karena memang rasanya yang sudah bersahabat dengan lidah.

Tidak perlu menunggu lama, nasi liwet yang kami pesan dapat segera dinikmati. Yang bikin senang makan disini adalah nasi liwetnya menggunakan alas daun pisang yang memberi kesan segar dan tradisional bangett. Meskipun bisa terbilang sering makan disini, tapi aku nggak pernah bosen lo Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Sayur labunya enak dan segar meskipun bersantan, ayam suwirnya lembutt dan menggunakan ayam kampung. Kalau kalian suka makanan pedas bisa tambahin sambel yang banyak biar lebih nendang. Karena nasi liwet ini dominan rasa gurih.

nasi liwet bu wongso
Selain nasi liwet kalian juga pesan wedang ronde. Rasanya enak dan manisnya pass, juga menghangatkan tubuh.

Kalau kalian ke solo jangan lupa mampir Nasi Liwet Bu Wongso Lemu karena rasanya pas di lidah dan bikin kamu kangen Solo. Setelah aku makan aku juga masih pesen 2 porsi nasi liwet untuk dibawa pulang, satu untuk mama dan satunya untuk aku kalau laper pas malem-malem sambil ngerjain tugas hahhaa (emang demen makan orangnya).

nasi liwet bu wongso
Oh iya kalau kalian kesini waktu jam makan malam harap sabar mengantri yaa karena biasannya rame banget. Apalagi kalau hari libur gitu tambah panjang antriannya, jadi sabar aja sama dengerin pengamen tradsional yang sedaang beraksi.

Udah ngiler belum temen-temen? Kalau penasaran kalian langsung coba aja Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini, dijamin bakalan kangen lagiii.

Masih penasaran? Klik link dibawah ini :D

Opening Hours
16:00 - 01:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY