Markas Kopi di Tepian Ranu Klakah: Ketika Pemandangan Danau dan Nikmatnya Kopi Menyatu..

markas kopi tepian ranu klakah

DeniPermana | Sightseeing
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia | halal
04 Dec 2018


Markas Kopi di Tepian Ranu Klakah: Ketika Pemandangan Danau dan Nikmatnya Kopi Menyatu..
Markas kopi yang berada di Tepian Ranu Klakah ini, memiliki pemandangan danau dan secangkir kopi hangat terasa sempurna!

Sebenernya ngga ada niatan buat traveling karena emang lagi banyak kerjaan. Tapi disela-sela kesibukan dan pengen banget ngilangin penat meskipun cuma bentar, akhirnya aku memutuskan buat jalan-jalan cari udara segar. Kalo di Probolinggo sih emang ngga gitu banyak wisata yang bisa dijelajahi, Selain Gili Ketapang, BJBR , Kebun Teh Andung Biru dan Gunung Bromo. Tapi aku lagi males trekking gunung atau snorkeling, akhirnya aku mutusin buat ngopi santai aja.

Beberapa temen kantorku nyaranin buat pergi ke Lumajang aja katanya disana ada tempat ngopi asik di pinggir danau. Setelah browsing, akhirnya aku nemu juga. Nama kedai ini adalah Kopi Markas, lokasinya ada di tepi Ranu Klakah jadi bisa dibayangin donk gimana pemandangannya. Tanpa mikir lama-lama lagi, akhirnya aku segera berangkat kesana di hari Sabtu pagi karena menurut info, kedai ini buka mulai jam 10.00 pagi sampai jam 22.00 malam di hari Sabtu sampe Kamis aja dan tutup di hari Jumat.

Video by NET Citizen Journalist

Perjalanan menuju ke Ranu Klakah ngga jauh-jauh banget sih. Dari pusat kota Lumajang, kalian bisa lewat jalur utama penghubung antara kabupaten Probolinggo dan Lumajang. Saat sudah masuk kecamatan Klakah, di sekitar pasar kalian belok ke arah timur atau ambil jalan ke arah desa Tegal Randu. Sampe ketemu sebuah tikungan jalan, ada gerbang masuk objek wisata Ranu Klakah. 

markas kopi tepian ranu klakah

Tak jauh dari danau, kalian bisa menemukan sebuah kedai kecil yang bisa dibilang cukup sederhana. Bangunannya hanya terdiri dari kayu, begitu pula meja dan kursinya. Meskipun tampilan kedainya sangat sederhana, tapi untuk rasa kopinya ngga bisa dibilang sederhana guys. Varian kopinya sih emang ngga terlalu banyak ya guys, tapi metode penyeduhan kopinya cukup lengkap. Selain itu, harga kopi disini juga cukup terjangkau dibandingkan dengan rasa kopi dan pemandangan indah didepannya. Bayangin aja, kalian bisa duduk santai sambil nikmati secangkir kopi trus didepan kalian ada pemandangan Ranu Klakah yang tenang dan Gunung Lemongan yang gagah. Perfect banget kan?

markas kopi tepian ranu klakah

Kopi-kopi yang dijual disini adalah hasil kebun dari petani-petani lokal di Lumajang lho guys. Ngga cuma dari Lumajang aja tapi juga ada dari Banyuwangi yang diberi nama Kopi Osing. Dari dulu sih terkenal ya kopi Banyuwangi ini dan emang rasanya enak banget. Aku kemaren pesen Arabica dengan metode Vietnam Drip. Rasa kopinya bener-bener khas dan aromanya super wangi. Sambil ngopi bisa sambil lihatin orang-orang yang sedang mendayung kayak, karena emang disekitar sini banyak orang yang mencari ikan.

markas kopi tepian ranu klakah

Harga kopinya juga bisa dibilang cukup terjangkau guys, mulai dari 10.000 aja per porsinya. Kalian juga bisa pilih sendiri biji kopi yang kalian mau. Pastinya kopi lokal yang rasanya mantep ini. Setelah ngopi, jangan lupa juga buat jalan-jalan atau foto-foto disekitaran Ranu Klakah ini. Jadi bisa sekalian traveling sambil refresh otak barang sejenak saja. Saran aja nih guys, kalo kalian pengen ngopi pas dapet view yang Instagramable, mendong datengnya pas sore hari karena pemandangan saat sunset di danau ini cantik sekali.

markas kopi tepian ranu klakah

Jangan lupa juga siapkan kamera untuk foto-foto disini. Ajak juga temen-temen kalian buat cicip langsung nikmatnya kopi di Markas Kopi ini. Menurut aku sih ya, ngopi disini bener-bener bikin pengalaman baru. Terlebih lagi, kalian juga bisa bawa pulang kopinya lho buat diseduh sendiri di rumah. Enak banget kan? Buruan yuk dateng ke Markas Kopi! 

markas kopi tepian ranu klakah

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY