Kupat Tahu Gempol : Sarapan Wajib Saat ke Bandung!

kupat tahu gempol

shania | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
03 Dec 2018


Kupat Tahu Gempol : Sarapan Wajib Saat ke Bandung!
Kupat Tahu Gempol merupakan tempat yang selalu ramai saat jam sarapan!

Hai guys selamat hari Senin! Kali ini aku mau buat review kuliner yang enak bangett dan salah satu sarapan yang paling di buru di Kota Bandung. Jadi kemarin habis jogging pagi sama abang keliling komplek dan mau nyari sarapan. Karena bosen sama sarapan minggu pagi yang itu-itu aja, baru kepikiran deh kalau udah lama banget nggak makan kupat tahu. Jadi kami memutuskan untuk makan di Kupat Tahu Gempol.

kupat tahu gempol
Kupat tahu ini lokasinya di pasar Gempol maka dari itu diberi nama Kupat Tahu Gempol. Sebenernya tempat ini dekat Gedung Sate di daerah dago, kalau kalian bingung bisa pakai google maps kok pasti sampai. Jadi Kupat Tahu Gempol ini adalah ketupat yang diatasnya diberi potongan tahu kuning hangat, diberi tauge rebus, dan terakhir diguyur dengan bumbu kacang coklat dan remahan kerupuk terasi. Meskipun terlihat sederhana tapi Kupat Tahu Gempol ini memberikan citarasa yang enak dan dan banyak sekali penggemarnya. Bahkan pak Ridwan Kamil suka sama Kupat Tahu Gempol ini, jadi kebayang kan enaknya? Dan Kupat Tahu Gempol ini sudah buka sejak tahun 1975, aku masih inget bangett jaman SD suka diajak ortu makan disini.

kupat tahu gempol
Memang sekilas tampilan Kupat Tahu Gempol ini mirip dengan ketoprak, bedanya ia tidak menggunakan bihun. Fyi guys kalau kalian mau kesini harus siap-siap ngantri, dan jangan sampai terlewat jam 12 siang. Memang jadwal jualannya pukul 06:00 – 12:00 tapi kalau lagi rame apalagi hari Minggu gini jam 10:00 udah habis, karena yaaa orang-orang kayak aku gini habis jogging bawaannya pengen sarapan hehe.

Kemarin aku pesen 2 Kupat Tahu Gempol, satu untukku dan satu untuk abang. Sebelumnya aku sudah pernah makan disini yaa guys dan cukup sering, salah satu tujuan sarapan aku kalau hari libur. Setelah menunggu kurang lebih setengah jam, Kupat Tahu Gempol yang kami pesan tiba. Potongan kupat yang diberikan pas, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, jadi pas banget menganyangkan. Kebetulan kemarin tahu kuningnya masih hangat karena emang aku dateng sekitar jam 7 pagi.

kupat tahu gempol
Yang spesial dari Kupat Tahu Gempol ini dari kupat tahu lainnya yang pernah aku makan adalah bumbunya! Bumbunya juara banget. Teksturnya pas, dan rasanya oke. Berwarna coklat ditambah dengan sedikit kecap dan diberi taburan bawang goreng, membuat satu porsi Kupat Tahu Gempol ini enak di lidah. Meskipun bumbu disini cenderung berasa manis, tapi kalian bisa minta sambel biar pedes. Jadi aman deh kalau kalian bawa anak kecil disini masih oke untuk bisa menikmatinya.

Selain bumbunya, ciri khas dari Kupat Tahu Gempol ini adalah kerupuknya. Iya, kerupuknya berwarna merah muda, bukan kerupuk bawang yang biasa di gado-gado itu. Nah kerupuk merah muda ini namanya kerupuk terasi, rasanya menurut aku lebih gurih daripada kerupuk bawang, dan cocok banget di campur dengan kupat tahu ini.

kupat tahu gempol
Kalau aku pribadi sih mungkin sebulan bisa 3 kali kesini. Bahkan kalau ada kerbata jauh lagi main kerumah, Kupat Tahu Gempol selalu jadi suguhan untuk sarapan tamu, karena tentu saja rasanya enak dan lumayan deket dari rumah, jadi tinggal cuss aja.

Meskipun harga Kupat Tahu Gempol ini lumayan mahal daripada kupat tahu lainnya. Mungkin karena sudah terkenal yaa. Tapi selama makanan itu enak kalau aku sih fine aja. Untuk harga satu porsi Kupat Tahu Gempol ini adalah 17.000. Selain Kupat Tahu Gempol kalau kalian main ke pasar Gempol pada pagi hari kalian akan menemukan banyak jajan pasar di sekitar sini, dijamin pulang-pulang bawa jajan banyak deh hehe. Gimana udah penasaran? Kalau ke Bandung cobain Kupat Tahu Gempol dehh, pasti doyann!

Opening Hours
06:00 - 12:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY