Mau Nasi Bebek Hitam Terenak di Surabaya? Bebek Pak Sayeki Solusinya!

nasi bebek hitam pak sayeki

yura | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
29 Nov 2018


Mau Nasi Bebek Hitam Terenak di Surabaya? Bebek Pak Sayeki Solusinya!
Nasi bebek hitam di Pak Sayeki ini adalah nasi bebek hitam terenak di Surabaya!!!

Kalau bicara tentang nasi bebek di Surabaya emang banyakk. Mulai dari bebek sinjay yang paling terkenal, bebek purnama yang banyak ditemui pinggir jalan, hingga bebek palupi yang nggak pernah sepi. Nah kali ini aku mau makan bebek yang berbeda, namanya Bebek Hitam Pak Sayeki yang ada di daerah Dharmahusada. Sebenernya aku udah sering denger tentang Bebek Hitam Pak Sayeki ini tapi belum sempet nyoba. Kebetulan kemarin lagi di daerah deket Dharmahusada jadilah aku mampir kesana untuk makan bebeknya.

nasi bebek hitam pak sayeki

Lokasi nasi bebek ini ada di Jl. Dharmahusada, tapi kalian harus jeli untuk bisa menemukan warung ini karena tempatnya hanya kaki lima dengan tenda. Patokannya adalah Alfamart yang ada di sebelahnya. Atau kalau nggak mau ribet bisa google maps “Nasi Bebek Pak Sayeki”. Disana kalian bakalan nemui kerumunan yang rame lagi pada ngantri. Kemarin aku dateng sekitar jam 7 malam dan yaaa rame banget yang makan. Tapi untung deh kemarin masih kebagian tiga kursi hehe.

nasi bebek hitam pak sayeki

Jadi disini kalian bisa pilih mau bebek yang bagian dada atau paha. Selain bebek disini juga sedia ayam dan jeroan jadi nggak perlu bingung lagi deh. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa bebeknya diberi nama bebek hitam? Nah disini bebek yang disajikan memang berwarna hitam. Warna hitam ini berasal dari proses pembakaran. Jadi setelah di kuliti, bebek dibakar menggunakan kayu bakar yang tujuannya untuk menghilangkan lemak tebal yang ada di kulit bebek. Dan setelah proses pembakaran daging bebek berubah menjadi hitam, warna hitam ini ternyata memberi kenikmatan tersendiri di daging bebek. Setelah dibakar barulah bebek di ungep menggunakan bumbu-bumbu selama 3 jam, agar bumbunya meresap. Oh iya bebek yang digunakan disini adalah bebek yang berusia tua, bukan bebek muda. Karena katanya kalau bebek muda waktu di ungkep terlalu lama akan hancur, dan bumbu tidak dapat meresap.

nasi bebek hitam pak sayeki
Fyi, Nasi Bebek Hitam Pak Sayeki ini sudah buka sejak tahun 1985 lo, dan sekarang yang meneruskan adalah anaknya. Keren ya!

Nggak perlu menunggu lama akhirnya pesenan aku dan temenku datang, meskipun ramai pelayanannya bisa dibilang cukup cepat. Satu porsi nasi bebek hitam ini disajikan dengan nasi putih hangat, irisan mentimun, daun kemangi, dan sambel korek. Pertama aku coba bebeknya ternyata emang beneran rasa bumbunya merasuk sampai kedalam, tapi untuk dagingnya nggak terlalu empuk banget, masih ada tekstur kerasnya. But i’ts okayy karena rasanya tetep enak. Ditambah lagi sambel korek disini pedes gilaaa tapi bikin enak jadinya. Buat yang nggak suka pedes cocol sambel koreknya dikit aja ya!

nasi bebek hitam pak sayeki
Untuk minuman kalian bisa pesan mau teh atau jeruk khas warung tenda. Atau kalau kalian mau di sebelahnya ada yang jualan jus, kalian bisa pesan minum disana. Untuk makanan disini AKU SUKA BANGETTT sama bumbunya, rasanya beda gitu lo. Tapi untuk tempatnya memang sempit, jadi kalau kalian males sempit-sempitan bisa tuh beli tapi dibungkus aja.

Kalau bisa aku kasih nilai Nasi Bebek Hitam Pak Sayeki ini 8.5/10 dehh karena cucokk. Untuk harganya juga masih murah kok per orang kurang lebih 25.000 ajaaa. Jadi kalau kalian mau merasakan sensasi yang berbeda dari nasi bebek bisa nih cobain makan ke Nasi Bebek Hitam Pak Sayeki di Jl. Dharmahusada, dijamin puass!

 

 

 

Opening Hours
17:00 - 23:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY